Bisa Berefek Buruk. Ini 6 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebih Pada Pasangan


Ilustrasi cemburu kepada pasangan (pexels.com/budgeron)

Memiliki perasaan cemburu pada pasangan adalah hal yang normal, terlebih ketika tahu dia juga memperhatikan orang lain selain kita selaku pasangannya. Tetapi, jika perasaan tersebut menjadi rasa cemburu berlebih, harus segera diatasi sebelum berefek buruk pada hubungan kalian.

Iya, cemburu terkadang baik karena menunjukkan tanda kamu benar mencintainya, namun jika berlebihan bisa menjadi hubungan yang toxic. Nah, agar tidak berefek buruk, ada beberapa cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan.

1. Memvalidasi perasaanmu sendiri

Cara mengatasi rasa cemburu yang pertama adalah dengan memvalidasi perasaanmu sendiri. Akui jika kamu memang tengah cemburu berlebih, jangan dipendam agar tahu langkah apa yang harus diambil selanjutnya agar terselesaikan.

Lalu renungkan, kenapa perasaan tersebut membuatmu tertekan. Dengan mengetahui akar penyebab kecemburuanmu, akan lebih mudah menemukan solusinya dan makna dari perasaan cemburu yang tengah dirasakan.

Baca Juga:

2. Bangun kepercayaan diri

Perasaan cemburu berlebih kerap muncul karena minimnya rasa percaya pada diri sendiri. Untuk mengatasi perasaan tersebut, cobalah fokus pada kelebihan diri serta prestasi yang telah diraih selama ini.

Ingat, pasangan memilihmu karena apa yang ada dalam dirimu, bagaimana dia menghargaimu dengan segala kelebihan dan kurangmu. Jika kamu menanamkan rasa lebih percaya diri, maka perasaan cemburu berlebihan akan berkurang.

3. Bangun komunikasi dan ungkapkan perasaanmu

Tak ada salahnya untuk mengungkapkan perasaan cemburu dengan membangun komunikasi agar masalah bisa terselesaikan. Jangan terus memendam perasaan cemburu di hati, karena jika menumpuk akan meledak dan menyebabkan pertengkaran hebat.

Bicaralah jujur dengan pasangan mengenai apa yang membuatmu cemburu, lalu dengarkan juga tentang perasaannya. Dengan komunikasi yang baik ini, akan mudah menemukan solusi yang tepat, mengurasi rasa ketidakpercayaan diri dan membuat ikatan kalian semakin dalam.

4. Luangkan me time

Orang yang cemburu berlebihan akan sulit mengontrol emosi sendiri, karena itu perlunya memiliki waktu sendiri guna menenangkan diri. Manfaatkan me time dengan melakukan kegiatan menyenangkan seorang diri sekaligus merenungkan perasaan cemburu yang tengah dirasakan.

Ambil waktu sebanyak yang dibutuhkan hingga kamu berhasil meredakan emosi, berpikir jernih dan bertindak dengan perasaan tenang. Me time juga bisa kamu berikan pada pasanganmu ketika tengah merasakan cemburu berlebihan agar emosinya mereda.

5. Batasi penggunaan media sosial

Untuk mengurangi kecemburuan, mulailah batasi penggunaan media sosial karena media sosial bisa menjadi penyebab kecemburuan berbahaya. Melihat pasangan saling berinteraksi dengan lawan jenis, bisa membuatmu tak nyaman hingga perasaan panas di hati.

Ingatlah, apa yang terlihat di media sosial terkadang tidak sesuai dengan kenyataannya atau hanya ingin menampilkan sisi baiknya saja. Jadi, jika perasaan cemburumu muncul ketika membuka media sosial, mulai hentikan pemantauan dengan berlebih.

Baca Juga:

6. Saling percaya pada pasangan

Terakhir, beri kepercayaan pada pasangan seperti kamu memberi kepercayaan pada diri sendiri demi menghindari kecemburuan berlebih. Karena, jika saling curiga hubungan menjadi tidak aman dan akan menimbulkan perasaan curiga tiap saat.

Kepercayaan yang diberikan juga akan menguji komitmen, kesetiaan dan kejujuran hubungan kalian. Pasangan yang memegang komitmen dan kesetiaan, akan teguh pada janji yang dibuat, sekalipun ketika tengah bersama lawan jenis.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan. Tak ada salahnya cemburu dengan pasangan, namun jika perasaan itu berubah menjadi rasa cemburu yang berlebih, kamu harus segera mengatasinya. Dengan mencoba cara di atas, semoga emosi kecemburuanmu bisa lebih teratasi dan hubungan kalian tetap harmonis.

Baca Juga: 6 Sinyal Kamu Butuh Istirahat Sejenak Dari Hubungan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. If yօu are ɡoing for best contents like me, ѕimply
    pay a quick visit this ѕite аlⅼ the time bесause it offers feature contents, thanks