Masih Bingung Bikin Seseorang Nyaman Saat Chatting? Pakai 5 Trik Ini!


Ilustrasi nyaman saat chatting (pixabay.com/Ri_Ya)

Melakukan kegiatan chatting tentu merupakan salah satu hal yang menyenangkan dilakukan. Selain memang bertujuan menjalin komunikasi pada seseorang yang dituju, tak jarang kegiatan ini mempunyai magnetnya tersendiri dibandingkan berlama-lama berselancar di media sosial.

Selama melakukan chatting, apakah pernah berpikir bahwa bagaimana seseorang yang diajak chatting dengan kita akan merasa nyaman saat chatting, betah, dan tidak bosan?

Mungkin trik di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk lebih menghidupkan suasana chatting, sekaligus membuat nyaman saat chatting dengan siapa pun yang diajak berkomunikasi.

1. Siapkan pertanyaan

Hal yang sepertinya tidak mungkin bisa dihindari ialah mengajukan beberapa pertanyaan kepada lawan bicara di saat melakukan chatting.

Adapun pertanyaan-pertanyaan yang akan kamu siapkan untuk memulai chatting sebaiknya jangan terlalu mengarah ke persoalan-persoalan berat, sehingga membuat orang yang membacanya seketika mengerutkan dahi dan jadi berpikir keras.

Cobalah lakukan metode dalam memulai pertanyaan sewaktu chatting dengan rumus seperti ‘pola sapaan + pertanyaan yang menunjukkan kepedulianmu’.

Contohnya, kamu tahu bahwa temanmu habis pulang dari program pertukaran pelajar di Korea Selatan. Kamu bisa mengirimkan pertanyaan seperti ini:

Ehem … ehem. Gimana yang kemarin baru pulang dari Korsel? Asik dong pasti?’

‘Udah berapa banyak oppa-oppa nih yang lengket di mata?’

‘Di sana lagi musim apa sih?’

‘Orang-orang sana yang sebaya kita asik-asik juga ga, ya?’

Baca Juga:

2. Temukan topik favorit

Berbicara pada seseorang dengan pembahasan yang semengalir mungkin tentu menyenangkan, bukan? Apalagi sewaktu mengobrol di dalam aplikasi chatting.

Agar orang nyaman saat chatting dan tidak merasa bosan untuk menanggapi segala balasamu, ada baiknya kirimkan dia pernyataan-pernyataan pancingan berupa topik-topik yang disukainya.

Misalnya, kamu mengetahui temanmu sangat suka dengan anime. Cobalah ulik sedikit demi sedikit lewat Google atau aplikasi media sosial apa pun yang berkaitan dengan kartun khas Negeri Sakura itu seperti apa-apa saja anime yang sedang trending dan hype di masa kini, tokoh anime favorit, jalan cerita dari anime yang sedang di bahas, dan lain sebagainya.

Tentu akan lebih mantap lagi kalau kamu dan temanmu membahas topik yang tidak membutuhkan effort lebih untuk merisetnya, karena memang sudah sama-sama suka sehingga jadi sefrekuensi.

3. Hindari pertanyaan yang klise

Janganlah memborbardir pertanyaan-pertanyaan yang bersifat basa-basi dan terlalu klise dengan seseorang melalui aplikasi chat. Karena, itu pasti akan menghambarkan suasana, seolah-olah entah mau di bawa ke mana arah pembicaraan obrolan yang sedang dijalani.

Mungkin untuk sekali atau dua kali, pertanyaan-pertanyaan klise memang berguna untuk mengawali obrolan, namun jika sudah sampai di pertengahan dan masih menanyakan hal-hal yang berbau klise, lebih baik segera cari pembahasan lainnya atau mengakhirinya saja.

Adapun contoh dari pertanyaan-pertanyaan klise seperti :

Lagi apa?’

‘Udah makan?’

‘Lagi sama siapa?’

‘Terus?’

4. Hindari topik-topik chatting yang berat

Berkomunikasi dengan seseorang ketika chatting sebaiknya jangan menyisipkan topik chatting yang bersifat berat, kecuali kalau kamu memang sedang berada dalam sebuah forum grup di aplikasi chatting dengan tema-tema tertentu seperti politik, agama, atau hal-hal yang berkaitan dengan materi yang sedang kamu geluti di dunia pekerjaan atau pendidikan.

Kamu dapat membahas hal-hal yang berat secara langsung lewat telepon maupun video call saja daripada membuang-buang energi dengan mengetik kesimpulan panjang hingga berparagraf-paragraf seperti sedang berada di dalam suasana debat.

Baca Juga:

5. Beri pujian

Kebanyakan orang pasti suka jika dipuji, selama itu masih dalam batas wajar dan sepantasnya sebagai bentuk apresiasi terhadap capaian yang telah ditoreh.

Bukan tidak mungkin, orang-orang yang berkomunikasi denganmu melalui chat akan merasa dihargai, dihormati, dan tersanjung dengan pujian-pujian yang kamu lontarkan.

Adapun contoh pujian-pujian yang bersifat normal dan tidak terkesan menjilat melalui chat adalah sebagai berikut :

‘Aku kemarin ditugaskan Pak Udin menyusun kerangka pidato pakai bahasa inggris. Terus, aku baru ingat. Kamu kan pernah juara satu lomba pidato bahasa inggris antarsekolah. Aku mau diajari nanti ya sambil belajar bareng.’

‘Aku baru aja pulang dari acara kompetisi rubik internasional di Rusia. Ternyata yang juara satu waktunya gak jauh beda dari yang kamu buat waktu di Jakarta! Bahkan, kamu lebih unggul sepersekian detik lho!’

Itulah beberapa trik yang bikin seseorang nyaman saat chatting denganmu. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik.

Baca Juga: 5 Aplikasi Online Yang Menggunakan Fitur Chat Pribadi, Bisa Buat Selingkuh!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor