5 Manfaat Curhat Untuk Kesehatan Mental, Dari Mengurangi Beban Hingga Menjalin Silaturahmi

Banyak manfaat curhat untuk kesehatan mental. Agar masalah yang dihadapi lebih bisa mendapat solusi, kamu bisa membicarakan permasalahan yang dialami dengan sahabat yang benar-benar kamu percayai


0
Ilustrasu curhat (pixabay.com/5598375)

Kesehatan mental adalah aspek penting dari kehidupan kita yang tidak boleh diabaikan. Era globalisasi, dan beban kehidupan sering kali menimbulkan stres, kecemasan, dan tekanan yang dapat memengaruhi keseimbangan emosional kita. Dalam menghadapi tantangan ini, curhat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meringankan beban emosional dan menjaga kesehatan mental yang cukup baik.

Curhat bukan hanya sekadar mengeluarkan keluhan, tetapi juga merupakan bentuk pengungkapan diri yang dapat memberikan sejumlah manfaat terapeutik. Oke, kita kuliti manfaat curhat untuk kesehatan mental kita.

1. Manfaat curhat dapat mengurangi beban emosional

Curhat memungkinkan kita untuk berbagi dan mengungkapkan beban emosional yang kita rasakan. Ketika kita berbicara tentang masalah kita, terutama kepada orang yang kita percaya, itu dapat membantu mengurangi stres dan menghilangkan rasa tertekan yang mungkin kita alami.

Ketika kita meluapkan emosi dan perasaan yang kamu rasakan kepada seseorang, kita memberikan saluran bagi emosi untuk dikeluarkan. Hal ini dapat membantu menghindari penumpukan emosi yang dapat memperburuk keadaan. Yang akhirnya kita akan merasa lega, walaupun permasalahannya belum tentu selesai.

Dengan curhat kita bisa berbagi perasaan, pikiran, atau masalah yang kita hadapi kepada orang lain. Yang akhirnya kita akan merasa lebih lega dan membantu meringankan beban yang kita rasakan di dalam hati.

2. You’ll Never Walk Alone

Kamu pernah dengar lagu You’ll Never Walk Alone (YNWA), pertama kali diperdengarkan di sebuah pentas drama musikal yang berjudul “Carousel” tahun 1945. Lagu ini juga menjadi lagu kebangsaan dari klub Liverpool.

YNWA mempunyai pesan yang sarat akan makna kebangkitan dari sebuah kegelapan. Makna dari YNWA itu adalah ketika kita diuji dengan rintangan hidup, sekeras apapun rintangan itu kalian tidak boleh menundukkan kepala kalian, Kalian harus tetap maju, jangan biarkan impian dan harapan kita pudar dan sirna begitu saja. Percayalah bahwa kita tidak akan berjalan sendirian, karena masih ada teman dan Tuhan yang tidak akan membiarkan kalian melangkah sendirian.

Ketika kita membagikan perasaan dan pengalaman kita kepada orang lain, curhat dapat memberikan rasa percaya dan pemahaman bahwa kita tidak sendirian dalam perjuangan kita. Mendengarkan pengalaman orang lain yang serupa dapat memberikan perspektif baru, memperkuat ikatan sosial, dan membantu kita merasa lebih diterima dan dipahami oleh orang lain. Hal ini juga dapat mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan kesehatan emosional.

Baca Juga:

3. Curhat membantu menyelesaikan masalah

Curhat kepada orang yang tepat juga dapat membantu kita menemukan solusi untuk masalah yang kita hadapi. Melalui proses berbicara dan mendengarkan, kita dapat memperoleh wawasan baru, saran, atau perspektif yang berguna dari orang lain. Hal ini dapat membantu kita memecahkan masalah yang rumit, merencanakan langkah-langkah tindakan yang lebih baik, atau mengembangkan strategi baru dalam menghadapi situasi yang yang akan datang.

Namun tidak semua masalah dapat diselesaikan melalui curhat. Bisa jadi teman yang kita ajak curhat, mempunyai masalah yang jauh lebih besar dari kita. Nah, disinilah pentingnya berbagi informasi mengenai penyelesaian permasalahan.

4. Curhat dapat mengurangi kecemasan

Curhat dapat meredakan kecemasan yang terkait dengan masalah yang kita hadapi. Ketika kita mengungkapkan kecemasan dan ketakutan kita kepada orang lain, kita mengurangi tekanan emosional dan memberikan rasa lega.

Saat kita curhat kepada orang yang kita percaya, kita tidak hanya berbagi beban emosional, tetapi juga mendapatkan dukungan emosional yang sangat kita butuhkan. Mendengarkan dan berkomunikasi dengan seseorang yang memahami dan peduli kepada kita, dapat memberikan rasa kenyamanan dan ketenangan.

Proses ini juga dapat membantu kita memperoleh perspektif baru dan membangun ketahanan mental dalam menghadapi kecemasan yang mungkin kita alami.

Baca Juga:

5. Menjalin silaturahmi atau hubungan sosial yang sehat

Curhat adalah bentuk komunikasi emosional yang memperkuat ikatan sosial. Ketika kita curhat dengan seseorang, kita membangun kepercayaan dan kedekatan yang lebih dalam dengan teman curhat kita.

Hal ini akan membangun hubungan yang lebih dalam dan intim, serta memberikan kesempatan bagi orang lain untuk merasa diterima dan dipercaya.

Ketika kita curhat kepada seseorang, kita memberikan kesempatan pada orang tersebut untuk mendengarkan dan memahami apa yang kita alami. Proses ini akan mendorong timbulnya empati, di mana orang lain dapat mengerti perasaan dan situasi yang kita hadapi. Dengan demikian, akan meningkatkan ikatan emosional yang lebih kuat dan memperdalam hubungan sosial satu sama lain.

Nah, lima alasan mengapa curhat bisa menjadi obat untuk kesehatan mental kita. Namun jangan sampai curhat menjadi bumerang buat kita, karena aib dan permasalahan kita bisa bocor kepada banyak orang. Pilihlah orang yang tepat, terpercaya, dan bisa menyimpan rahasia.

Sumber;

Amati, V., Meggiolaro, S., Rivellini, G., & Zaccarin, S. (2018). Social Relations and Life Satisfaction: The Role of Friends. Genus, 74(1)pp. 1–18.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Layanan Curhat Online Semakin Diminati

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *