6 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur, Agar Tubuh Tetap Fit dan Terhidrasi


Ilustrasi minum saat sahur (unsplash/bling_coffee)

Sahur sebelum berpuasa, menjadi keharusan agar tubuh kuat berpuasa seharian penuh. Namun, hati-hati saat mengonsumsi minuman, karena ada beberapa daftar minuman yang harus dihindari saat sahur, agar tubuh fit, terhidrasi, sehingga puasa bisa berjalan lancar.

Minuman ini mungkin termasuk daftar minuman yang ingin sekali atau sering kamu konsumsi, padahal bisa memberikan efek kurang baik untuk tubuh saat berpuasa seharian penuh. Jadi, baiknya hindari yuk jenis minuman di bawah ini saat sahur.

1. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi termasuk daftar minuman yang harus dihindari saat sahur karena minuman ini bersifat diuretik. Artinya, dapat membuatmu buang air kecil lebih sering, sehingga cairan dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan dehidrasi.

Selain itu, kafein ini juga bisa berdampak buruk pada penderita maag atau gerd, karena dapat meningkatkan asam di lambung. Jadi, meskipun kamu suka banget sama minuman berkafein ini lebih baik dihindari dulu ya demi keamanan dan kesehatan tubuh.

Baca Juga:

2. Minuman soda

Selanjutnya, ada minuman bersoda yang wajib dihindari saat sahur karena mengandung karbondioksida. Akibatnya, perut akan terasa kembung, begah dan membuat tidak nyaman seharian.

Minuman bersoda juga mengandung kadar gula tinggi dan gas karbonasi yang dapat membuatmu kehausan sepanjang hari. Bahkan, soda juga bisa memberikan dampak negatif pada penderita asam lambung karena bisa menyebabkan iritasi pada lambung.

3. Minuman manis

Minuman manis, menjadi salah satu minuman yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan nikmat untuk disantap selama bulan Ramadan. Tapi tahu nggak sih, kadar gula dalam minuman manis ini justru bisa menyebabkan haus dan lemas lho.

Meski dapat meningkatkan gula darah, tetapi penurunannya juga tajam dan cepat. Jadi, baiknya minum air putih aja ya. Kalaupun mau minum manis, pastikan minuman dengan rendah gula.

4. Air dingin

Minum air dingin juga harus dihindari saat sahur ya karena bisa berdampak buruk pada tubuh. Meski menyegarkan tenggorokan di awal, tetapi bisa menyebabkan kontraksi pada perut dan pencernaanmu.

Efeknya perut akan terasa sakit dan mulas, bahkan bisa menyebabkan melambatnya proses pencernaan makanan. Akan lebih baik jika kamu meminum air putih biasa atau air hangat saja agar makanan yang disantap bisa dicerna dengan baik.

5. Air jeruk

Jeruk diketahui kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh, dan kulit. Kendati demikian, meminum air jeruk saat sahur tidak disarankan karena dapat membuat keasaman lambung meningkat sehingga menyebabkan asam lambung.

Perpaduan manis dan asam jeruk diketahui dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung sehingga perut menjadi nyeri dan tidak nyaman. Bahkan, tak jarang juga menyebabkan lambung iritasi.

Baca Juga:

6. Susu

Susu termasuk dalam daftar minuman yang memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh seperti protein, karbohidrat, kalsium, vitamin B12, dan vitamin D. Meski begitu, nyatanya susu pun juga bisa berdampak negatif pada seseorang yang intoleransi dengan laktosa.

Efeknya, orang tersebut akan mengalami perut kembung dan mulas. Jadi, alangkah baiknya batasi konsumsi susu saat sahur ya atau bisa pilih susu yang bebas laktosa agar perut tetap aman dan nyaman berpuasa seharian.

Coba, dari daftar minuman yang harus dihindari saat sahur di atas, adakah yang sering kamu konsumsi? Jika iya, mulai sekarang yuk hindari supaya puasamu bisa berjalan lancar dan terhindar dari rasa haus maupun lemas ya.

Baca Juga: 8 Makanan dan Minuman ini Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Durian

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice