8 Makanan dan Minuman ini Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Durian

Makanan atau minuman tersebut dapat dikonsumsi setelah makan durian, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya jangan terlalu banyak, dan waktu mengonsumsi diatur agar tidak terlalau dekat jaraknya dengan konsumsi makan durian.


Durian merupakan buah yang mendapatkan julukan raja buah karena kenikmatan rasa dan bentuknya. Durian menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Durian selain memiliki aroma yang khas, juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, ada beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti riwayat darah tinggi, mag sebaiknya menghindari konsumsi durian secara berlebih.

Meski konsumsi durian umumnya relatif aman, ada beberapa pantangan setelah makan durian yang tidak boleh dilakukan. Bagi kamu pecinta durian, tahu kah bahwa terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama durian, karena konsumsi durian bersamaan dengan beberapa makanan lain dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Jika kamu tetap memaksakannya, kandungan nutrisi pada durian yang kamu konsumsi dapat beresiko menjadi tidak maksimal.

Kebenaran tentang larangan makan durian ini memang belum didukung dengan bukti ilmiah yang mencukupi, akan tetapi tidak ada salahnya untuk tetap diperhatikan sebagai bentuk kehati-hatian bagi tubuh kita.

Berikut delapan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari setelah makan durian:

1. Manggis

Durian sebaiknya tidak dikonsumsi bersama manggis. Pasalnya durian dan manggis merupakan buah yang bertipe sama, yaitu sama-sama mengandung selulosa. Selulosa sendiri merupakan unsur yang menyerap air dan dapat memperbesar usus. Akibatnya, jika kita makan durian dan manggis bersamaan dapat menyebabkan susah buang air besar atau sembelit.

Baca Juga: Wujudkan Kulit Cantik Alami dengan 6 Buah-buahan Ini!

2. Seafood

Selain mengandung banyak vitamin, durian sendiri juga mengandung banyak lemak sama halnya dengan seafood. Makanan yang berlemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga sebaiknya kita menghindari konsumsi durian dan seafood secara bersamaan.

3. Susu

Konsumsi durian dan minum susu secara bersamaan atau dalam waktu dekat dapat menimbulkan kadar kafein yang tinggi dan bisa menimbulkan risiko kardiovaskuler kerena tekanan darah yang tinggi. Sehingga sebaiknya jangan coba-coba makan durian bersamaan dengan minum susu.

4. Kopi

Durian dapat meningkatkan metabolisme dan membuat detak jantung lebih meningkat. Serupa dengan kopi, kandungan kafein dalam durian juga dapat memberikan efek serupa. Buat kalian yang memiliki riwayat masalah kesehatan sakit jantung, sebaiknya hindari makan durian bersamaan dengan kopi. Selain itu, konsumsi kedua jenis makanan ini secara bersamaan dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia, Bikin Ngiler!

5. Minuman Beralkohol

Durian merupakan buah yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Maka konsumsi durian dengan minuman beralkohol yang mengandung gas sebaiknya dihindari. Konsumsi durian bersamaan dengan minuman beralkohol dapat menyebabkan perut begah, penuh gas, dan sangat perih, maka sebaiknya hindari makan durian bersama dengan minuman beralkohol. Selain itu, durian mengandung sulfur yang dapat menurunkan enzim pemecah alkohol hingga 70%. Hal ini dapat mengakibatkan seorang yang sedang mabuk, akan lama pulih dari kondisi mabuk.

Baca Juga: 10 Ragam Jenis Masakan Khas Ethiopia

6. Makanan Manis

Mengonsumsi durian secara berlebih dapat beresiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Bagi orang yang punya masalah dengan diabetes, sebaiknya hindari konsumsi durian bersama dengan makanan yang manis, karena beresiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung pemanis, pewarna, pengawet, dan air yang berkarbonasi. Dan beberapa mengandung kafein dan juga alkohol.

Durian dan minuman bersoda keduanya mengandung gas. Jika dikonsumsi secara bersamaan dapat menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

8. Makan Daging Kambing dan Sapi

Memakan daging kambing atau sapi setelah memakan durian dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada tubuh atau inflamasi. Selain itu, makan durian bersamaan dengan memakan daging sapi maupun kambing dalam waktu berdekatan dapat menimbulkan gangguan pencernaan, darah tinggi, dan kolestrol.

Sebenarnya sih tidak ada masalah jika makanan atau minuman tersebut dikonsumsi setelah makan durian, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya jangan terlalu banyak, dan waktu mengonsumsi diatur agar tidak terlal dekat jaraknya dengaa konsumsi makan durian.

Buat kalian pecinta durian, jangan risau dan takut untuk mengonsumsi durian. Boleh makan durian asalkan sesuai dengan kondisi tubuh dan jangan berlebihan. Karena mencegah tubuh dari penyakit lebih baik daripada mengobatinya.

Baca Juga: Jangan Takut Makan Daging Kambing, Aman Kok!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *