7 Cara Berkelas Menyikapi Pasangan yang Selingkuh


Ilustrasi pasangan yang selingkuh

Dalam sebuah hubungan, setiap pasangan menginginkan hubungan yang langgeng, harmonis dan setia. Namun, bagaimana jika pasanganmu selingkuh? Sakit pasti, tapi ada tujuh cara berkelas menyikapi pasangan yang selingkuh meski rasanya berat sekali menerimanya.

Apapun alasannya, memang tidak ada perselingkuhan yang dibenarkan. Maka dari itu, cobalah hadapi pasanganmu dengan pikiran jernih dan beberapa cara berkelas yang bisa kamu coba. Apa saja, yuk disimak.

1. Pastikan Kebenarannya dengan Menelusuri Lebih Dalam

Meski kamu meyakini dia selingkuh, ada baiknya jangan langsung menuduhnya ya. Cobalah untuk bungkam dan perlahan pastikan kebenarannya dengan menelusuri lebih dalam tanpa ketahuan pasanganmu.

Selain itu, tetaplah terlihat biasa saja agar pasangan tidak curiga jika kamu menemukan sesuatu yang tidak beres. Kalau dia tahu, besar kemungkinan dia akan menyembunyikan perilakunya dan berusaha bersikap semanis mungkin agar kamu mengira dugaanmu salah.

Baca Juga:

2. Kumpulkan Semua Bukti dan Simpan dengan Rapi

Jika setelah ditelusuri dia benar berselingkuh, selanjutnya kumpulkan semua bukti yang didapat. Jangan langsung bertanya karena dia pasti tidak akan mengakui dengan berbagai kebohongan dan menganggap kamu hanya mengada-ada.

Cari tahu melalui media sosialnya, isi pesan chat dan panggilan teleponnya, atau kamu bisa mengikutinya secara diam-diam. Kumpulkan semua bukti dengan baik, lalu simpan semua yang didapat di tempat yang sekiranya aman, tidak bisa dijangkau pasangan.

3. Validasi Perasaan Sendiri

Perasaan syok, takut, depresi, kecewa hingga bingung pasti kamu rasakan ketika mengetahui pasangan selingkuh. Rasanya tuh naik turun dan terus berulang. Tak apa, kamu berhak merasakan itu semua jangan dipendam.

Perasaan yang dipendam justru bisa memperparah kondisimu di kemudian hari. Jadi, kalau mau nangis, mau marah, silakan. Semua perasaan yang dirasakan itu normal, jangan menahan emosimu ya. Memvalidasi perasaan sendiri, seiring berjalan waktu akan membuatmu lebih baik.

Baca Juga:

4. Jangan Pernah Menyalahkan Diri Sendiri

Cara berkelas menyikapi pasangan yang selingkuh selanjutnya jangan pernah menyalahkan diri sendiri karena itu bukan kesalahanmu. Kamu sudah berusaha berkomitmen setia, menerima pasangan dan berusaha menjaga keutuhan hubungan kalian. Tentunya ini bukanlah perjuangan yang mudah.

Menyalahkan diri sendiri atas perselingkuhan pasangan hanya akan membuat hatimu semakin terpuruk. Selingkuh itu perbuatan yang dilakukan atas kesadaran sendiri dan menjadi tabiat. Jadi, mau sebaik apapun kamu, jika tabiatnya suka selingkuh maka akan sulit untuk diubah.

5. Ajak Bicara dengan Tenang dan Dengar Pembelaannya

Jika kamu telah berhasil memvalidasi diri dan berdamai dengan tidak menyalahkan diri sendiri, maka ajaklah dia bicara dengan tenang. Ungkapkan semua yang kamu tahu dan lihat bagaimana reaksi dia saat membela diri.

Apakah mengakui perbuatannya dan menyesal atau membela diri dengan menyalahkanmu sebagai penyebab dia selingkuh. Tak sedikit orang yang selingkuh akan menyalahkan pihak yang diselingkuhi untuk menutupi kesalahannya. Kalau sudah seperti ini kamu harus punya sikap tegas untuk kelanjutan hubungan kalian.

Baca Juga:

6. Berkonsultasi dengan Orang Terdekat dan Ahlinya

Jika sudah tidak sanggup dengan pikiran dan beban yang dipikul, segeralah berkonsultasi dengan orang terdekat dan ahlinya. Ceritakan pada orang terdekat yang bisa menjaga rahasia dan membuat hatimu lebih tenang. Lalu konsultasikan dengan ahlinya untuk validasi perasaanmu dan mendapatkan jalan keluar logis.

Konsultasi dengan ahlinya seperti psikolog, akan memberikan jawaban yang netral. Psikolog akan membantu mengatasi masalahmu dari sudut pandangnya. Jadi, jangan segan-segan untuk berkonsultasi demi kesehatan mentalmu ya.

7. Pikirkan Kembali Jika Ingin Berikan Kesempatan Kedua

Terakhir, pikirkan kembali jika ingin berikan kesempatan kedua. Meski dia mengemis meminta maaf dan berjanji akan berubah, tolong pikirkan dengan matang dan baik-baik. Percayalah, selingkuh bukan sebuah kekhilafan tapi dilakukan dengan sadar.

Memaafkan boleh, namun jika ingin memberikan kesempatan kedua jangan gegabah. Perselingkuhan itu bisa menjadi kebiasaan yang akan berulang. Mungkin dia akan meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi, namun apa bisa dijadikan jaminan? Belum tentu. Maka pikirkan dengan matang.

Memang perselingkuhan itu bisa menghancurkan sebuah hubungan dan memberikan efek trauma, sehingga akan sulit untuk percaya kembali. Semoga dengan tujuh cara berkelas menyikapi pasangan yang selingkuh ini, kamu bisa lebih kuat dan mengambil keputusan lebih bijak demi kebaikan diri sendiri.

Baca Juga: Jangan Canggung! Begini 5 Tips Tetap Elegan Ketemu Mantan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *