5 Tips Move On dari Toxic Relationship

Kamu akan lebih mengenal diri sendiri ketika kamu belajar mencintai diri sendiri


Sumber: Freepik.com

Apakah kamu pernah terjebak dalam toxic relationship? Kalau iya, kondisi ini tidak boleh dianggap sepele lho, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu seperti merasa trauma, menarik diri dari lingkungan sekitar dan menyalahkan diri sendiri.

Sebenarnya toxic relationship itu apa sih? Toxic relationship adalah hubungan beracun yaitu istilah untuk menggambarkan suatu hubungan yang tidak sehat dan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Tentunya, hubungan ini tidak hanya terjadi pada pasangan saja tetapi juga dalam pertemanan atau keluarga.

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa move on dari toxic relationship? Yuk simak 5 tips berikut ini, ya!

1. Ambil Waktu untuk Me Time

Ilustrasi menyendiri (Freepik.com)

Ambilah waktu untuk diri kamu merelease pikiran, me time bisa dilakukan di rumah atau pergi ke tempat yang kamu suka. Hal ini, perlu kamu lakukan untuk bisa menenangkan pikiran dan perasaan atau emosi negatif yang sedang kamu rasakan. Selain itu, me time dapat membantu kamu untuk bisa memaafkan apa yang telah terjadi di hidup kamu termasuk memaafkan diri sendiri.

2. Self-Care

Ilustrasi menyayangi diri sendiri (freepik.com)

Self care adalah cara untuk bisa menerima dan lebih menyayangi diri sendiri. Cobalah fokus pada apa yang ingin kamu lakukan atau keinginan yang belum kamu wujudkan, memang tidak mudah seperti habis diterjang badai yang harus dipaksa bangkit kembali anggap sebagai hal yang harus kamu jalani untuk perlahan menyembuhkan luka yang kamu rasakan sehingga membuat kamu bangkit dan menyeimbangkan diri kembali.

Baca Juga: 7 Elemen Penting dalam Membangun Hubungan yang Sehat Menurut Psikologi!

3. Terbuka Dengan Orang Terdekat

Ilustrasi terbuka dengan orang dekat (Freepik.com)

Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan sering kali membutuhkan bantuan seseorang, cara yang ketiga adalah terbuka kepada orang terdekatmu. Ceritakanlah keluh kesah apa yang kamu rasakan selama ini pada orang yang kamu anggap nyaman dan aman untuk bercerita sehingga kamu sepenuhnya mendapatkan dukungan emosional yang akan membantu kamu untuk memulihkan energi positif yang sudah lama terkuras.

4. Mengikuti Kegiatan di Kelompok atau Komunitas

Ilustrasi melakukan kegiatan berkelompok (Freepik.com)

Salah satu cara untuk bisa cepat move on dari toxic relationship adalah ketika kamu berani untuk keluar dari zona nyaman kamu. Ada kalanya, kamu perlu menikmati dunia dengan bersosialisasi jika kamu terus-menerus menarik diri dari lingkungan sekitar justru akan membuat kamu terjebak dalam luka. Mengikuti kegiatan di kelompok atau komunitas selain untuk bersosialisasi kamu juga akan mendapatkan dukungan sosial yang baik dan membuat kamu menjadi lebih resiliensi.

5. Konseling Dengan Tenaga Profesional

Ilustrasi melakukan konseling (Freepik.com)

Perasaan terluka yang kamu rasakan membutuhkan waktu untuk benar-benar bisa pulih. Apabila luka yang kamu rasakan membuat cemas dan mengganggu aktivitas kamu, ada baiknya jika kamu mengunjungi tenaga profesional yang ahli dalam bidang ini. Tidak ada salahnya kok jika kamu mengunjungi tenaga profesional sekadar konseling atau bercerita justru mereka akan membantu kamu dalam mengatasi luka yang kamu rasakan dan memberikan insight untuk kamu ketahui.

Nah, bagi kamu yang sedang memulihkan luka untuk bisa segera move on dari toxic relationship bisa mencoba 5 tips di atas. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di dalam hidup tetapi apapun yang terjadi cobalah untuk belajar menerima dan memaafkan sebagai langkah awal memulai kembali perjalanan yang sempat tertunda.

Baca Juga: 5 Jenis Gangguan Cemas yang Jarang Diketahui

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *