5 Green Flag Dalam Hubungan Percintaan, Sudah Tau Belum?


Ilustrasi pasangan yang sehat. (freepik.com/@jcomp)

Green Flag berasal dari bahasa Inggris yang berhasil ‘bendera hijau’. Secara umum, green flag sering diartikan sebagai pertanda baik. Biasanya, istilah green flag sering digunakan dalam relationship atau dalam hubungan percintaan. Bila pasanganmu sudah sering menunjukan green flag dalam hubungan, itu artinya hubungan kamu dan pasanganmu positif dan baik bagi keduanya.

Atau dalam kata lain, hubungan kalian berdua adalah hubungan yang sehat dan layak dipertahankan. Green flag penting dalam menjalankan hubungan karena banyak pasangan yang tidak menyadari bahwa hubungan yang mereka jalani, sebenarnya adalah hubungan yang toxic. Hubungan yang toxic adalah hubungan yang tidak sehat atau hanya menyusahkan satu sama lain, sehingga bukannya merasa bahagia dengan hubungan tersebut, kamu malah merasa tidak bahagia seperti merasa terkekang dan lain sebagainya.

Tapi, kamu sudah tau belum, apa saja  green flag dalam hubungan? Kalo belum, berikut lima green flag dalam hubungan, yang belum disadari banyak orang. Yuk simak!

1. Merasa Aman, Nyaman dan Dihargai

Apabila kamu merasa hubungan yang kamu jalani membuatmu aman, nyaman, dan dihargai. Maka itu adalah ciri yang paling umum dari hubungan yang sehat. Dengan begitu, kamu akan merasa bahagia ketika menjalani hubungan tersebut. Bahkan, ketika dalam masalah pun maka kamu akan sulit untuk melepaskan pasangan yang membuat kamu merasa aman, nyaman dan dihargai.

Oleh karena itu, apabila pasanganmu dapat memberikan rasa aman, nyaman dan dihargai, maka artinya pasanganmu tersebut benar-benar baik untukmu. Dan perasaan yang kamu alami dari pasanganmu tersebut merupakan salah satu green flag dalam hubungan, sehingga pasangan seperti itu layak untuk dipertahankan.

2. Ada Tujuan yang Jelas dan Realistis

Suatu hubungan tentunya harus mempunyai tujuan yang jelas, apalagi kalo kamu dan pasanganmu sudah mencapai usia yang dewasa. Tetapi harus digaris bawahi bahwa tujuan tersebut sebisa mungkin haruslah realistis, karena tujuan yang hanya sekedar angan bisa menjadi salah satu penyebab retaknya hubungan.

Semisal belum menikah, maka kamu dan pasanganmu seharusnya punya tujuan yang jelas serta realistis. Salah satunya adalah bisa mencapai titik tertinggi dari hubungan percintaan, yakni menikah. Dan apabila sudah menikah, maka kamu dan pasanganmu haruslah punya tujuan yang jelas dan realistis pula guna mencapai kebahagiaan di masa depan.

Baca Juga: 4 Alasan Wanita Mengakhiri Hubungan, Walau Memiliki Pasangan Sempurna!

3. Ada Kemauan untuk Berkompromi

Mungkin, ada kalanya kalian bertengkar dan bermasalah oleh hal apapun. Oleh karena itu, pasangan yang baik haruslah saling mengerti pasangannya satu sama lain. Jangan termakan ego yang besar dan tidak mau disalahkan, tetapi berkompromi lah dan selesaikan masalah tersebut bersama-sama.

Karena bisa berkompromi satu sama lain, serta dapat menyelesaikan masalah bersama-sama, merupakan salah satu green flag dalam hubungan percintaan yang sehat. Serta merupakan ciri bahwa hubungan kalian merupakan hubungan yang melengkapi satu sama lain.

4. Menghormati Batasan Satu Sama Lain

Pasangan yang baik dalam hubungan yang sehat memang harus saling berbagi dan terbuka satu sama lain. Tetapi, pada dasarnya, kalian merupakan dua individu yang berbeda. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pasangan memasang space dan batasan satu sama lain dalam hal tertentu, tetapi tetap percaya satu sama lain.

Dengan begitu, kamu dan pasanganmu bisa menjaga batasan satu sama lain dengan baik. Dan kalian tidak akan merasa terkekang dan terbebani oleh pasangan sendiri. Karena faktanya, salah satu masalah paling umum dalam hubungan adalah retaknya kepercayaan sehingga saling melanggar batasan satu sama lain.

5. Saling Menepati Janji dan Dapat Diandalkan

Yang terakhir dan yang paling penting dari hubungan yang sehat adalah bisa saling menepati janji dan dapat diandalkan. Karena mau bagaimana juga, apabila janji sudah sering dilanggar, maka tak menutup kemungkinan bahwa kesalahan yang lebih besar akan dilakukan.

Selain itu, pasangan yang baik tentunya harus dapat diandalkan. Dapat diandalkan disini tidak harus spesifik dalam hal apapun, tetapi ketika kamu membutuhkan bantuan, ia bisa membantu, begitupula sebaliknya. Sesederhana itu, tetapi akan bermakna dan membuat kamu merasakan esensi hubungan yang sesungguhnya.

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan cara pasangan manapun dalam menjalani hubungan. Mungkin setiap pasangan punya referensi khusus mengenai green flag dalam hubungan mereka masing-masing. Tetapi, dari sekian banyak green flag dalam hubungan, itu tadi merupakan lima green flag yang paling umum dalam hubungan percintaan.

Semoga membantu ya!

Baca Juga: Yuk Ketahui 5 Love Language Ini Untuk Mengekspresikan Cintamu!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *