Merasa Depresi, 3 Tips Ini Ampuh Mengatasinya!

Jangan berlarut dalam depresi, jika ada masalah cepat hadapi masalah tersebut dan selesaikan dengan baik.


Ilustrasi depresi (pixabay.com/Anemone123)

Depresi merupakan suatu kondisi yang diteliti terjadi terhadap 80% orang  pada beberapa waktu dalam hidupnya. Depresi ini tidak mengenal usia, dia bisa menerjang setiap manusia umur berapa pun. Biasanya, depresi lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki. Depresi sendiri adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam atau kehilangan minat terhadap hal-hal yang paling disukai dan sering dilakukan.

Depresi yang dibiarkan terus berlanjut, tidak mendapatkan penanganan, akan menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas  kerja. Seseorang dapat dikatakan depresi ketika dia sudah lebih dari 14 hari merasa sedih, putus harapan, atau tidak berharga. Depresi akan memengaruhi seseorang dalam berpikir dan perilaku, serta dapat memicu berbagai masalah fisik maupun emosional penderitanya.

Gangguan mental ini tidak dapat dianggap remeh karena depresi merupakan gangguan mental yang serius dan dapat berakibat fatal bagi pengidap maupun keluarganya. Bahkan depresi akan menjadi lebih buruk jika tidak ditangani dengan cepat dapat mengakibatkan masalah emosional kesehatan dan perilaku yang mempengaruhi setiap area kehidupan pengidapnya. Depresi sendiri merupakan masalah yang berkelanjutan karena pengidapnya bisa saja  mengalami depresi dimulai dari beberapa minggu, bulan, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun.

Anda pasti bertanya-tanya terkait hal apa yang diperlukan untuk mengatasi depresi agar pengidap bisa diatasi. Tentunya, penanganan memang sangat dibutuhkan dalam hal ini. Berikut adalah empat hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi depresi!

1. Berpikirlah Secara Positif

Ilustrasi berfikir positif (pixabay.com/geralt)

Meskipun terdengar mudah, berpikir positif bukanlah hal sepele. Apalagi saat ditimpa suatu masalah, rasanya lebih mudah untuk berpikiran negatif daripada positif. Padahal, sebetulnya kita tahu bahwa berpikir negatif justru akan memperburuk keadaan. Ketahuilah, berpikir positif dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Kabar baiknya, berpikir positif bisa dimulai dengan hal-hal kecil lewat keseharian kita

Berpikiran negatif akan semakin memperparah keadaan Anda. Maka dari itu, untuk mengatasi depresi harus berpikiran yang positif. Cegah apa pun setiap tindakan yang bisa  mengundang pemikiran yang negatif. Berpikir positif akan membantu Anda untuk bertoleransi dan mengatasi perilaku untuk lebih sehat.

2.  Selesaikan Masalah Secara Perlahan

Iliustrasi depresi (pixabay.com/WOKANDAPIX)

Jika Anda mengalami masalah berat yang menyebabkan depresi, maka secara seharusnya Anda harus bisa menyelesaikannya perlahan-lahan. Selesaikan dahulu masalah yang tergolong ringan, kemudian selesaikan satu per satu masalah yang kamu hadapi akan mengontrol emosi dan membuat depresi perlahan menghilang.

Semua manusia yang hidup di dunia ini, tentunya punya banyak masalah. Tidak ada manusia yang terlahir, sampai dia meninggal, tidak punya masalah.  Karena dari sanalah kualitas seorang manusia bisa terlihat. Perbedaannya, ia bisa mengatasi masalah dengan baik atau justru semakin terbenam bersama masalah tersebut.

Besar kecilnya masalah tak lepas dari kondisi pikiran Anda. Terkadang tanpa disadari sebuah masalah kecil bisa menjadi besar karena pikiran Anda mengondisikan seperti itu. Ingat juga, tak ada masalah yang tanpa solusi. kamu hanya butuh pikiran yang jernih untuk mengetahui cara menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi dan membelit hidup kamu.

Baca Juga: Kerap Merasa Hampa dan Kesepian? 5 Tips Berikut Ampuh Mengatasinya!

3. Berolahraga Secara Rutin

Ilustrasi berolahraga (pixabay.com/ Sasin Tipchai)

Olahraga bisa membuat Anda menjadi lebih baik, apabila dilakukan secara rutin. Keuntungannya pun berefek panjang karena dapat mendorong otak agar berpikir positif. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan mood Anda.

Olahraga teratur dapat membantu meringankan depresi dan kecemasan dengan melepaskan hormon endorfin dan bahan kimia alami lainnya sehingga dapat meningkatkan rasa senang. Olahraga juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah yang selama ini mengganggu. Seseorang bisa menjauh dari pikiran negatif yang memicu rasa cemas dan depresi.

Suatu penelitian tentang depresi, kecemasan dan olahraga, menunjukkan bahwa manfaat psikologis dan fisik dari olahraga juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. Hubungannya olahraga dan depresi sebenarnya tidak sepenuhnya jelas. Namun, berolahraga atau bentuk aktivitas fisik lainnya dapat meringankan gejala depresi atau kecemasan dan membuat kamu merasa lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Untuk Atasi Gangguan Tidur di Malam Hari

4. Cukupkan Tidur dan Lakukan Hal Baru

Jika kamu keseringan melewatkan waktu untuk tidur, maka akan memperburuk kondisi depresi yang kamu idap. Dampaknya, kamu akan merasa semakin terpuruk. Usahakan untuk terhindar dari apa pun yang bisa mengganggu tidur kamu. Lakukanlah hal baru agar Anda merasa tertantang  dan mulai perlahan menerima keadaan.

Dengan jumlah jam tidur yang cukup, kamu bisa menyimpan banyak energi dalam tubuh. Energi ini dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan kamu. Dengan energi yang cukup, kamu juga bisa berfikir secara jernih.

Jangan berlarut dalam kesedihan, jika ada masalah cepat hadapi masalah tersebut dan selesaikan dengan baik. Jangan sampai Anda depresi berlarut-larut dan semakin memperkeruh keadaan  kamu. Tetap semangat di segala apapun kondisinya, jangan lupa untuk bersyukur!

Baca Juga: 5 Jenis Gangguan Cemas yang Jarang Diketahui

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *