5 Tips Mengatur Waktu dan Strategi Belajar Bahasa Inggris Sambil Bekerja

Belajar bahasa inggris sambil bekerja membutuhkan beberapa trik, agar tidak mengganggu pekerjaan kamu


Ilustrasi belajar bahasa Inggris sambil bekerja (pixabay.com/libellule789)

Lemahnya keterampilan berbahasa Inggris seringkali menjadi hambatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih belum mampu berbahasa Inggris dengan baik, segeralah mempelajarinya dengan serius.

Namun apa jadinya jika kamu sudah bekerja, namun ingin bisa lancar berbahasa Inggris. Ada beberapa tips yang bisa kamu praktikan untuk belajar bahasa Inggris disela-sela kesibukan kamu dalam bekerja, Simak ya!

1. Atur waktu belajar dengan baik

Meskipun Anda harus bekerja sehari-hari, tetap carilah waktu untuk belajar bahasa Inggris setiap hari. Carilah 1-2 jam di luar jam kerja Anda untuk mempelajari bahasa Inggris. Dengan begitu, dalam satu minggu Anda akan mempunyai waktu 8-10 jam untuk belajar. Dengan rutin melakukannya, tentunya kemampuan berbahasa Inggris Anda akan semakin meningkat.

Mengatur waktu belajar bahasa Inggris sambil bekerja dapat menjadi tantangan yang cukup sulit, tetapi hal itu dapat dicapai dengan beberapa cara berikut:

  1. Buatlah jadwal yang terstruktur untuk waktu belajar dan waktu kerja Anda. Pastikan untuk memberikan waktu yang cukup untuk masing-masing aktivitas. Atur jadwal Anda dengan bijak sehingga tidak mengganggu pekerjaan kamu.
  2. Selalu Prioritaskan pekerjaan kamu.
  3. Gunakan waktu luang Anda untuk belajar, seperti saat istirahat makan siang atau saat perjalanan pulang.
  4. Pastikan kamu memberikan waktu yang cukup untuk relaksasi dan istirahat. Hindari bekerja terlalu lama tanpa istirahat karena dapat menurunkan produktivitas Anda.
  5. Jika memungkinkan, komunikasikan dengan atasan atau teman kerja kamu tentang waktu belajar bahasa Inggris.

2. Tentukan tujuan belajar bahasa Inggris

Tujuan belajar bahasa Inggris bisa berbeda-beda untuk setiap orang tergantung pada kebutuhan dan kepentingannya. Tentukan tujuan utama yang ingin dicapai ketika kamu akan mempelajari bahasa Inggris.

Tujuan ini haruslah realistis sehingga kamu tidak terlalu berambisi mencapainya dan merasa kecewa ketika jangka waktu tersebut sudah habis namun tujuan yang telah dicapai belum seperti yang diharapkan. Tetapkan target yang dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu dan fokus untuk mencapai target tersebut.

Baca Juga: 6 Kampung Inggris di Indonesia, Where Did You Learn English?

3. Gunakan alat bantu belajar

Menggunakan alat bantu belajar dapat membantu kamu memaksimalkan waktu belajar dan meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris. Untuk membantu proses pembelajaran bahasa Inggris, gunakan beberapa alat seperti:

  • Buku teks,
  • Aplikasi pembelajaran
  • Audio video pembelajaran bahasa Inggris.
  • Flashcard digital

Alat-alat tersebut akan membantu kamu lebih mudah memahami struktur kata dan maksud dalam kalimat-kalimat tersendiri.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris, Cocok buat Pemula!​

4. Pelajari kosakata terlebih dahulu

Belajar kosakata bahasa Inggris adalah langkah penting untuk memulai belajar bahasa Inggris. Kosakata adalah kumpulan kata-kata yang digunakan dalam bahasa tertentu. Dengan mempelajari kosakata bahasa Inggris, kamu akan dapat memahami arti kata dalam bahasa Inggris dan membangun kalimat yang benar

Untuk mempermudah proses penyusunan kalimat-kalimat yang baik, pelajari dulu kosakata. Pengetahuan tentang vocabularies akan sangat membantu kamu untuk menyusun kalimat-kalimat dengan tepat dan jelas.

Baca Juga: Simak! 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar Pekerjaan

5. Praktikan berbicara bahasa Inggris

Agar kemampuan berbahasa Inggris kamu semakin terasah, seringlah melakukan latihan berbicara bersama teman atau rekan kerja yang telah lebih profesional dalam berbahasa Inggris. Jangan malu dan ragu untuk memulai conversation dengan begitu, kamu akan belajar hal-hal baru dan menguasai bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Jika kamu malu untuk melakukan latihan berbicara bahasa inggris dengan teman, cobalah untuk berbicara langsung dengan Warga Negara Asing (WNA) ataupun wisatawan luar negeri yang datang ke Indonesia. Dengan langsung praktik berbicara bahasa Inggris, kamu dipaksa untuk bisa dan lancar berbahasa Inggris.

Nah itulah lima tips mengatur waktu dan strategi belajar bahasa Inggris sambil bekerja. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang di seluruh dunia. Jadi, tak ada salahnya jika kamu ingin belajar bahasa Inggris walaupun sudah bekerja.

Baca Juga: 6 Manfaat Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *