Simak! 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaftar Pekerjaan

Bekerja merupakan tujuan utama setiap orang ketika mereka sudah selesai menempuh pendidikan. Dan biasanya, tujuan bekerja yaitu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Simak tips nya sebelum mendaftar pekerjaan ya


Ilustrasi bekerja

Bekerja merupakan tujuan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dan setiap individu yang baru saja menyelesaikan pendidikannya, memiliki tujuan bidang pekerjaan yang diminatinya. Tak hanya itu, sebelum terjun dalam dunia kerja pun, Anda harus tahu pekerjaan mana yang cocok untuk Anda geluti. Karena pada dasarnya, jika pekerjaan yang Anda pilih tidak sesuai dengan keinginan Anda, hal tersebut dapat menghambat diri Anda ketika bekerja.

Untuk saat ini bekerja sendiri tak harus di dalam kantor atau gedung, sudah banyak juga yang bekerja melalui online atau dikerjakan dari rumah misal contohnya adalah content creator, online shop, content writer, dan lain sebagainya.

Nah berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih atau mendaftar sebuah pekerjaan:

1. Cari sesuai minat dan kemampuan

Ilustrasi menelusuri minat dan bakat (pixabay.com/Gerd Altmann)

Terkadang banyak orang yang hanya bekerja beberapa bulan di tempat tersebut karena ketidaksesuaian, mungkin karena terlalu terburu-buru dalam mencari pekerjaan atau hanya karena ikut-ikutan teman saja supaya bisa selalu bersama-sama dengan temannya tersebut. Tetapi, banyak juga orang yang sukses dalam bidang yang awalnya tak sesuai dengan minat dan bakatnya, namun ia mau menekuni bidang yang diambilnya itu.

Sebenarnya untuk saat ini semua dapat dilakukan jika mau belajar dan menekuninya, dan itu tergantung pada diri sendiri mau atau tidaknya dalam menekuni bidang tersebut. Walaupun belum bisa, belajar dan belajar adalah kuncinya.

Baca Juga: 6 Manfaat Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

2. Perhatikan kondisi tempat kerja

Ilustrasi mempelajari tempat kerja sebelum mendaftar pekerjaan  (pixabay.com/Donate PayPal Me)

Mungkin untuk mencari tahu kondisi tempat kerja tersebut sedikit sulit, tetapi dengan Anda dapat mencari tahunya melalui pendapat orang lain tentang perusahaan yang akan Anda lamar, sedikit demi sedikit Anda dapat tahu bagaimana kondisi tempat kerja yang akan Anda tempati jika sudah diterima sebagai karyawan di sana. Minimal Anda sedikit tahu dan Anda dapat menyesuaikan diri Anda supaya Anda dapat lebih nyaman di tempat kerja tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu kondisi perusahaan tersebut melalui website resmi perusahaan tersebut. Bagaimana jalannya perusahaan tersebut, apa saja yang ada dalam perusahaan tersebut, dan bagaimana visi misi perusahaan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melihat hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam perusahaan tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Value Diri, Upgrade Skillmu!

3. Perhatikan jumlah gaji

Ilustrasi mempelajari gaji/upah (pixabay.com/Donate PayPal Me)

Ketika Anda memiliki banyak skill yang dapat menguntungkan pihak lain, Anda dapat bernegosiasi tentang gaji yang akan Anda terima. Tetapi, jika kemampuan atau skill Anda masih belum memenuhi apa yang dibutuhkan pihak lain, jangan pernah bernegosiasi tentang gaji yang penting sudah dapat pekerjaan dan mendapat gaji yang pantas sesuai apa yang Anda kerjakan.

Baca Juga: Pentingnya Meningkatkan Personal Branding

4. Yakin dengan diri sendiri

Ilustrasi yakin dengan diri sendiri (pixabay.com/Gerd Altmann)

Anda harus yakin dengan apa yang Anda pilih. Karena jika Anda ragu dengan pilihan Anda, hal tersebut hanya akan membuat Anda takut dalam mencari pekerjaan karena keraguan dalam diri Anda.

Misalnya Anda ingin mendaftarkan diri di perusahaan A tetapi diri Anda tak yakin Anda bakal diterima bekerja di sana atau ada pihak lain yang mencoba untuk menjatuhkan kemantapan diri Anda, maka yang harus dilakukan adalah meyakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda mampu dan layak bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: 8 Tips Pekerjaan yang Cocok Untuk Generasi Milenial

5. Lihat kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan

Ilustrasi melihat kualifikasi pendidikan (pixabay.com/Darkmoon_Art)

Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, lihatlah kualifikasi pendidikannya. Apakah sesuai dengan pendidikan terakhir Anda atau tidak. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan pendidikan kembali supaya bisa mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut atau mencari pekerjaan yang lain yang sesuai dengan pendidikan terakhir Anda.

Nah itu dia lima hal yang harus diperhatikan sebelum memilih atau mendaftar pekerjaan.

Baca Juga: Gugup saat Wawancara Kerja, Perhatikan 5 Tips Sukses Berikut

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Ahaa, itѕ nice diaⅼogue on the topic of this article at
    this plɑce at this webpage, I hɑve read all that, sо now me also commenting
    at this placе.