Pisang Goreng Dinobatkan Sebagai Kudapan Terenak di Dunia, Simak 7 Alasannya!

Tidak hanya enak, pisang goreng juga menjadi gorengan populer yang banyak dicari orang


Pisang Goreng

Banyak Kuliner asal Indonesia yang menarik perhatian karena keunikan dan cita rasanya yang kuat. Bahkan beberapa kali kuliner Indonesia masuk ke dalam daftar makanan terbaik dan terlezat di dunia.

Satu lagi makanan khas Indonesia yang mendunia adalah pisang goreng. Dilansir web Taste Atlas, mereka merangkum berbagai makanan yang diteliti dan dipetakan, sehingga menjadi populer di kota, wilayah, dan desa di dunia.

Dengan melibatkan 50 negara di dunia, ada kategori ‘Best Deep Fried Dessert in The World’ yang mereka luncurkan di bulan Februari tahun 2023. Kategori ini mencakup 50 gorengan yang biasa digunakan sebagai makanan penutup di berbagai negara tersebut.

Hasilnya adalah, Pisang goreng dinobatkan sebagai gorengan paling enak di dunia versi Taste Atlas. Pisang goreng menduduki posisi puncak dengan poin penilaian 4,60.

Ini dia alasan yang manjadikan pisang goreng bertengger di peringkat satu, sebagai gorengan paling enak di dunia!

1. Makanan Populer

Pisang goreng adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Kepopulerannya bahkan telah menyebar ke seluruh dunia, dan menjadi favorit banyak orang.

Pisang goreng menjadi populer karena rasanya yang enak dan gurih, serta ketersediaannya yang cukup mudah di berbagai tempat di Indonesia. Selain itu, pisang goreng juga dianggap sebagai makanan yang murah dan mudah diolah.

Selain faktor rasa dan ketersediaan, faktor budaya juga memainkan peran penting dalam popularitas pisang goreng di Indonesia. Pisang goreng telah menjadi bagian dari kebudayaan kuliner Indonesia dan sering dijumpai di berbagai acara atau festival budaya. Selain itu, pisang goreng juga sering dijadikan oleh-oleh atau cemilan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga: Resep Nastar Lembut Lumer, Pemula Wajib Coba

2. Citarasa yang enak, manis, dan gurih:

Pisang goreng memiliki rasa yang enak karena beberapa faktor, di antaranya:

  1. Pisang yang matang mengandung banyak gula alami, yang membuatnya memiliki rasa yang manis dan lezat ketika digoreng.
  2. Pisang memiliki tekstur yang lembut dan creamy, yang semakin lezat ketika digoreng. Pisang goreng biasanya dilapisi dengan tepung yang membuatnya renyah di luar dan lembut di dalam.
  3. Rasa gurih berasal dari lapisan tepung yang digunakan untuk menggoreng. Selain itu lapisan tepung membuat renyah pisang goreng.
  4. Cara menggoreng yang tepat juga berpengaruh pada rasa dan tekstur pisang goreng. Pisang goreng yang digoreng dengan minyak panas dan api yang tepat akan menghasilkan rasa yang enak dan renyah di luar serta lembut di dalam.

3. Mudah dan ditemukan

Pisang goreng dengan mudah dapat ditemukan di berbagai pelosok Indonesia. Hampir pasti setiap tukang gorengan, pasti menyediakan pisang goreng. Tidak hanya di pinggir jalan, pisang goreng juga banyak ditemukan di pasar, kafe, warung kopi, restoran, bahkan di hotel bintang lima.

Tidak hanya di Indonesia, pisang goreng juga mudah ditemukan di berbagai pasar dan toko di seluruh dunia, sehingga menjadikannya salah satu makanan gorengan yang paling mudah ditemukan.

Baca Juga: 4 Kuliner Enak dan Unik dari Kulon Progo

4. Murah, sederhana dan mudah dibuat

Pisang goreng juga sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat. Ini menjadikannya pilihan yang populer bagi banyak orang yang ingin mencoba membuat gorengan di rumah.

Pisang diolah dengan cara dikupas dicelupkan kedalam adonan tepung terigu untuk kemudian digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan dan renyah. Jenis pisang yang digunakan biasanya adalah pisang raja atau pisang kepok yang lebih padat dan tahan digoreng.

5. Pisang goreng bisa dikreasikan menjadi beragam bentuk

Pisang goreng ini juga dapat dikreasikan beragam. Biasanya pisang digoreng dengan balutan tepung terigu. Pisang goreng dapat diolah dengan berbagai macam jenis topping di antaranya cokelat, selai, keju dan sebagainya. Hal tersebut membuat pisang goreng menjadi kuliner unik dan menarik.

Di beberapa daerah di Indonesia, pisang dikreasikan sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerah. Seperti di pisang goreng kipas di Pekanbaru, Riau, dan Pontianak, pisang goreng pasir di Pontianak, pisang goreng telanjang di Banjar dan lain sebagainya. Bahkan di daerah Manado, Bugis, dan Makassar, pisang goreng disajikan dengan sambal.

Baca Juga: Cara Membuat Kue Bawang Renyah dan Mudah

6. Cocok dikonsumsi kapan saja

Pisang goreng sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan dalam aktivitas sehari-hari dikarenakan umumnya pisang goreng disajikan dalam kondisi masih panas sekaligus renyah. Beberapa orang ada yang menikmatinya saat sarapan bersama kopi atau teh hangat. Sebagai camilan pisang goreng juga cocok dikonsumsi sore atau malam hari.

Selain itu, pisang goreng juga cocok dijadikan sebagai menu makanan khusus pada acara tertentu seperti arisan atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

7. Memiliki segudang manfaat kesehatan

Jika dikaitkan dengan kesehatan pisang goreng ini memiliki beberapa manfaat antara lain:

  • Dapat memberikan energi secara bertahap dalam tubuh karena mengandung karbohidrat yang kompleks
  • Memiliki banyak serat pisang sehingga dapat memperlancar pencernaan.
  • Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6, dan kalium, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, sistem saraf, dan otot.

Namun, karena pisang goreng digoreng dalam minyak panas, sebaiknya dikonsumsi secara terbatas dan tidak berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti obesitas dan masalah kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi pisang goreng secara teratur dalam jumlah yang wajar, dan selalu mengimbanginya dengan makanan lain yang sehat dan bergizi.

Nah, sekarang sudah tahu kan, alasan kenapa pisang goreng dinobatkan menjadi kudapan terenak di dunia. Bangga dengan Indonesia!

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia, Bikin Ngiler!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *