Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Pemula, 4 Hal Ini Harus Dipersiapkan

Jika ingin belajar bahasa pemrograman untuk pemula, harus mengerti langkah-langkah dasar penting sebelum mengenal bermacam pengkodean.


Ilustrasi belaja bahasa pemrograman untuk pemula

Bahasa pemrograman saat ini sudah sangat beraneka macam jenis dan modelnya. Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal yang paling mendasar sebelum memulai belajar bahasa pemrograman untuk pemula. Bahasa pemrograman juga memiliki beberapa tingkatan dari yang paling dasar hingga dikatakan expert. Kamu hanya perlu sedikit mengolah kemampuan otak kiri kamu untuk memulai mempelajari level mendasar dari pemograman yang akan kamu pelajari.

Rata-rata bahasa pemrograman dari yang paling mendasar selalu lebih menggunakan struktur alur yang jelas dan penalaran yang logis. Jika kamu sudah mengerti untuk menerapkan penalaran dalam setiap kegiatan atau permasalahan, secara tidak langsung kamu sudah mengantongi sedikit bekal untuk belajar pemograman.

Kegiatan sehari-hari yang kamu kerjakan juga ada unsur penunjang mengapa dibentuknya bahasa pemograman. Kebutuhan hidup manusia yang serba menutut digitalisasi membuat segala macam bidang harus dibuat ke dalam bentuk perangkat lunak yang mana dibutuhkan pengembangan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan jika kamu ingin belajar bahasa pemrograman untuk pemula, antara lain;

1. Menyukai pelajaran matematika

Ilustrasi belajar matematika (pixabay.com/geralt)

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum belajar bahasa pemrograman untuk pemula adalah belajar dan mnyukai matematika. Bahasa pemrograman tidak bisa jauh dari matematika baik dari bahasa pemrograman tingkat dasar hingga tingkat tinggi. Perhitungan selalu digunakan untuk merumuskan sesuatu permasalah yang akan diringkas sehingga mudah digunakan banyak orang. Matematika merupakan dasar yang penting sebelum ingin menguasai bahasa pemrograman karena bahasa pemrograman menggunakan angka dan data untuk memproses segala eksekusi yang akan dijalankan.

Jika kamu tidak menyukai matematika namun ingin belajar bahasa pemrograman, kamu harus memulai untuk berteman dengan matematika. Kode-kode yang ada di dalam suatu bahasa pemrograman pasti selalu menggunakan simbol matematika untuk perhitungan maupun pemrosesan data.

Baca Juga:

2. Menguasai bahasa Inggris

Ilustrasi kamus bahasa inggris (pixabay.com/stevepb)

Jika kamu ingin memulai untuk mengenal bahasa pemrograman, hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah belajar bahasa inggris. Kebanyakan bahasa pemrograman menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama dalam merumuskan pengkodean. Hanya beberapa saja bahasa pemrograman yang sudah menyediakan bahasa Indonesia sebagai alternatif pilihan.

Jadi, tak ada salahnya jika kamu harus menguasai bahasa inggris terlebih dahulu sebagai bekal pembelajaran ke depannya. Bahasa inggris saat ini sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan baik acara dalam negeri maupun luar negeri.

3. Mengerti Algoritma

Ilustrasi algoritma (freepik.com/WangXiNa)

Mengenal bahasa pemrograman pasti juga lekat kaitannya dengan algoritma. Algoritma merupakan langkah-langkah struktural yang jelas dan sistematis untuk memecahkan masalah atau persoalan yang berkaitan dengan logika. Algoritma hal yang paling penting dan mendasar untuk belajar bahasa pemrograman.

Kamu harus mengerti dalam menerapkan algoritma ke dalam sebuah persoalan sebelum ingin mendeklarasikannya ke dalam bahasa pemrograman. Pemrosesan data dan perhitungan dalam sebuah program pasti menggunakan algoritma yang terstruktur untuk mengolahnya menjadi sebuah perangkat lunak.

Baca Juga:

4. Mengasah logika dengan baik

Ilustrasi mengasah logika dengan bermain sudoku (pixabay.com/franzl34)

Hal terakhir yang harus dipersiapkan sebelum belajar bahasa pemrograman untuk pemula adalah mengasah kemampuan logika. Logika atau nalar sudah ada sejak manusia lahir di dunia, hanya saja yang membedakan adalah bagaimana menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa pemrograman pasti memerlukan logika yang sistematis untuk merancang sebuah software yang akan dibuat.

Kamu perlu mengasah logika dengan baik supaya kamu lebih mudah mengerti tentang bahasa pemrograman apa yang bisa kamu pelajari. Jika logika kamu sudah mengerti struktur dari sebuah bahasa pemrograman, maka kamu akan lebih mudah mempelajari bahasa pemrograman ke tingkat yang lebih tinggi.

Itu adalah beberapa informasi tentang persiapan yang bisa kamu lakukan untuk memulai belajar bahasa pemrograman untuk pemula. Kamu bisa menerapkan juga dalam kehidupan sehari-hari jika kamu ingin membuat sesuatu program yang bisa memudahkan aktivitas.

Semoga sukses belajar bahasa pemrograman untuk pemula. Semangat!

Baca Juga: 5 Cara Mencari Handphone Yang Hilang, Cuman Modal Nomer HP

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *