Pesona Pantai yang Cantik dan Eksotis, Inilah 8 Destinasi Wisata di Pulau Seribu


Wisata di Pulau Seribu

Ada banyak tempat liburan yang terletak tidak jauh dari Jakarta. Salah satunya adalah wisata di Pulau Seribu. Pulau Seribu memiliki keindahan alam yang indah dan memesona.

Kepulauan Seribu merupakan sebuah Kabupaten Administrasi kepulauan yang berada di utara bagian barat Pulau Jawa yang dengan spesisfiknya berada di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Wilayah Kepulauan seribu meliputi gugusan kepulauan di teluk Jakarta. Pusat Pemerintahan kabupaten ini terletak di Pulau Pramuka. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Letak Kepulauan Seribu yang tidak jauh dari ibukota, membuat destinasi ini kerap menjadi incaran pelarian sejenak dari hiruk pikuk Jakarta di akhir pekan. Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau yang tersebar dan uniknya hampir sebagian besar pulau-pulau tersebut tak berpenghuni. Meski banyak yang tidak berpenghuni, hal itu tidak menghalangi masyarakat untuk wisata di Pulau Seribu.

Nah, penasaran kan? Berikut ini adalah 8 Tempat Wisata di pulau seribu yang bisa kamu jelajahi!

1. Pulau Tidung

Pulau Tiding (pulauseribu.co.id)

Pulau pertama yang ada pada daftar ini boleh dibilang menjadi pulau paling favorit dan populer yang biasa dikunjungi wisatawan saat datang ke Pulau Seribu. Seperti sayur tanpa garam, tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Pulau Seribu tapi tidak singgah di Pulau Tidung.

Beberapa tempat favorit wisatawan yang tidak boleh terlewatkan diantaranya Jembatan Cinta, Pantai Saung Cemara Kasih, dan vegetasi hutan mangrove yang ada di Pulau Tidung Kecil. Nah, untuk sampai ke Pulang Tidung, kamu bisa menaiki perahu ataupun kapal motor yang biasa berangkat dari Dermaga Muara Angke dengan waktu tempuh selama kurang lebih 3 jam.

Baca Juga:

2. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa (pulauseributraveling.com)

Pulau Untung Jawa menjadi pulau lainnya yang mesti kamu kunjungi. Letak pulaunya yang cukup dekat dengan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, membuat pulau ini banyak dikunjungi wisatawan. Ditambah panorama yang eksotis, kamu pun akan terbius dengan nikmat yang Tuhan sudah ciptakan.

Pilihan wisata di Pulau Untung Jawa pun sudah cukup lengkap. Mulai dari bersepeda mengelilingi pulau, snorkeling, bermain banana boat, hingga diving bisa kamu rasakan saat berlibur di pulau yang masih termasuk ke daerah Jakarta ini. Pulau ini hanya berjarak satu jam dari jakarta.

3. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun (pulau-seribu.com)

Pulau yang direkomendasikan selanjutnya merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni pada daftar kali ini. Pulau Semak Daun akan cocok untuk tempat getaway bagimu yang merasa penat dengan rutinitas pekerjaan yang padat merayap dan tekanan yang datang bertubi-tubi. Seperti namanya, pulau ini dipenuhi dengan semak dan pohon yang lebat di tengahnya.

Karena benar-benar sunyi dan tenang, kamu bisa dengan tenang menikmati warna laut di sekitar Pulau Semak Daun yang memiliki gradasi biru dan biru kehijauan yang cantik dan segar di mata. Kalau kamu ingin berlama-lama di pulau ini, kamu bisa mendirikan tenda untuk bersantai di tepi pantainya sembari mendengarkan deburan ombak di malam hari.

Baca Juga:

4. Pulau Bira

Pulau Bira (pulauseributraveling.com)

Kalau kamu menginginkan pulau yang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, ada baiknya kamu memilih Pulau Bira sebagai destinasi wisatamu di Pulau Seribu. Namun, ada konsekuensi yang harus kamu bayar untuk ketentraman yang inginkan.

Untuk menuju Pulau Bira, dari Dermaga Muara, kamu akan transit terlebih dahulu di Pulau Pramuka yang akan memakan waktu 3 jam menggunakan kapal motor untuk akhirnya tiba ke pulau ini. Selanjutnya, kamu akan menaiki lagi kapal motor yang akan tancap gas menuju Pulau Bira. Walaupun terasa lama, perjuangannya akan terbayar setelah melihat keindahan alam Pulau Bira akan membayar perjuanganmu untuk ke sini. Hanya dengan duduk di tepian dermaga, kamu sudah bisa menikmati keelokan pulau ini.

5. Pulau Pari

Wisata Pulau Pari (tiket.com)

Pulau satu ini sekarang ini sedang naik daun namanya di kalangan wisatawan yang melancong di Pulau Seribu. Tak salah memang mengingat pulau ini memiliki pantai berpasir putih dan air lautnya bak sebening kaca yang ditawarkan kepada pengunjungnya. Pulau tersebut tidak lain adalah Pulau Pari.

Berjarak kurang lebih 45 kilometer dari Jakarta, Pulau Pari juga menawarkan tiga objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di pulau ini, diantaranya Pantai Pasir Perawan, Pantai Pasir Kresek Pulau Pari, dan Dermaga Bukit Matahari. Selain itu juga, kamu bisa singgah ke tempat budidaya rumput laut ataupun sekadar bersepeda berkeliling pulau.

6. Pulau Harapan

Pulau Harapan (tiket.com)

Pulau selanjutnya yang masuk rekomendasi Bob adalah Pulau Harapan. Pulau ini terkenal dengan keindahan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik sehingga tidak salah jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama melakukan wisata air laut seperti diving dan snorkeling.

Selain bisa bersantai di jembatan kayu yang ada di pesisi pantai pulau, kamu bisa mengunjungi penangkaran Elang Bondol. Elang Bondol sendiri merupakan salah satu hewan yang nyaris punah dan perlu untuk dilestarikan agar menghindarkannya dari kepunahan. Jadi, kamu akan mendapatkan pengetahuan berharga setelah pulang dari Pulau Harapan

Baca Juga:

7. Pulau Bidadari

Wisata Pulau Bidadari Kepulauan Seribu (nusatour.co.id)

Pulau terakhir pada daftar yang wajib kunjungi termasuk ke dalam salah satu pulau di Pulau Seribu yang jaraknya paling dekat dengan Jakarta. Karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta, banyak wisatawan yang hanya sekadar berkunjung ke Pulau Bidadari ini dari pagi hingga sore hari saja.

Sensasi wisata laut yang ditawarkan relatif sama dengan kebanyakan pulau yang ada di Pulau Seribu. Kamu bisa melakukan diving, snorkeling, hingga hanya duduk dan berjalan-jalan kecil di tepian pantai sembari ditemani hembusan angin yang sepoi-sepoi di pulau yang dulunya bernama Pulau Sakit.

8. Pulau Pramuka

Wisata Pulau Pramuka (wisatapulauseribu.co.id)

Jika kamu bertanya selain Pulau Tidung, pulau mana lagi yang memiliki kepopuleran nyaris sepadan dengan pulau tersebut. Jawabannya adalah Pulau Pramuka. Pulau berpenghuni ini selain memberikan wisata laut yang indah, kamu juga bisa pulang dengan mendapatkan edukasi melalui konservasi penyu sisik langka.

Laiknya pulau-pulau di Pulau Seribu, kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas di sini seperti berenang, bersepeda mengelilingi pulau, dan snorkeling. Karena pulau berpenghuni, kamu pun bisa menambah liburanmu di sini dengan menyewa penginapan yang tinggal kamu sesuaikan dengan bujet yang kamu punya.

Nah, itulah delapan pulau di kepulauan Seribu yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Selain dekat dari Jakarta, wisata di pulau Seribu menyimpan seribu keeksotisan alam yang bisa kamu jelajahi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Jakarta

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *