5 Tempat Wisata Kebumen, Bikin Ingin Cepat Liburan!

Kebumen merupakan salah satu “permata” di provinsi Jawa Tengah. dan memiliki tempat wisata yang tidak kalah keren


Destinasi wisata di Kebumen

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang menyimpan banyak keunikan. Selain budaya yang kental, tutur bahasanya yang halus dan kuliner tradisonal yang menarik, destinasi wisata di Jawa Tengah merupakan permata yang menyimpan keindahan tiada tara.

Kabupaten Kebumen merupakan salah satu “permata” di provinsi Jawa Tengah. Berada di sisi selatan Pulau Jawa, pemandangan Kebumen didominasi oleh pantai. Namun kawasan yang berjarak sekitar 101 kilometer dari Yogyakarta ini juga memiliki tempat wisata lain yang tak kalah keren.

Untuk menuju kabupaten Kebumen juga cukup mudah. Dari Yogyakarta kamu bisa menuju Purworejo melalui Jalan Raya Wates dan Kutoarjo menuju Kebumen dalam waktu sekitar dua hingga tiga jam. Selain itu, Anda juga bisa naik kereta api “Joglokerto” ke Purwokerto atau “Wijayakusuma” yang memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Bagi yang tertarik mengunjungi tempat wisata Kebumen yang sekeren Yogyakarta, berikut beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi!

1. Waduk Sempor 

Waduk Sempor (Instagram/@setyototoque)

Waduk ini berada di kecamatan Sempor. Walaupun Kebumen dekat dengan pantai, namun lokasi di sekitar Waduk Sempor sejuk dan asri, karena lokasinya di daerah perbukitan dengan ribuan pohon pinus.

Waduk ini merupakan bendungan yang menghubungkan Sungai Jatinegara atau Sempor, Sungai Cicinggulung dan Samudera Hindia. Keberadaannya sangat penting untuk mengairi ribuan sawah di Kabupaten Kebumen bagian barat.

Sejauh mata memandang, terlihat hamparan perairan yang cukup luas dan ditambah perbukitan yang masih asri oleh hutan cemara. Rimbunnya pepohonan itu terefleksikan di air waduk yang berwarna hijau.

Di sini kamu bisa melihat keindahan saat matahari terbit dari perbukitan, dan memantulkan cahaya kemerahan saat terpantul air waduk.

Di area sekitar waduk Sempor, juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti wisma-wisma penginapan, fasilitas sewa perahu mengelilingi waduk selama 30 menit, dan track untuk bersepeda serta joging. Untuk masuk ke area waduk Sempor, pengunjung hanya membayar Rp5 ribu per orang.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Dieng Yang Harus Masuk List Liburanmu!

2. Bukit Hood

Bukit Hood (instagram/@dickylamborghini)

Bukit Hood adalah tempat wisata di atas perbukitan yang menyuguhkan pemandangan eksotis lautan Pantai Selatan Kebumen. Karena view puncak bukitnya yang menawan, membuat destinasi alam ini menjadi salah satu yang terpopuler di Kebumen. Lokasinya berada kawasan wisata Pantai Karangbolong, sehingga para wisatawan mudah menemukan kawasan ini.

Oleh penduduk setempat, di atas bukit dibuat anjungan berbentuk kupu-kupu, di mana pengunjung dapat melihat pantai dengan lebih baik. Tentu saja, para pecinta fotografi tidak akan mau melewatkan pemandangan menarik ini. Tempatnya cukup mudah diakses karena dekat dengan pantai Karangbolong.

Jangan khawatir soal fasilitas. Sebagai destinasi populer tentu sudah memiliki sarana penting untuk wisatawan seperti; toilet, tempat ibadah, area parkir, spot foto, hingga warung warung kuliner.

Untuk kamu yang tertarik, harga tiket masuknya adalah Rp.2.000 untuk anak anak, dan Rp.4.000 untuk orang dewasa. Siapkan juga tiket parkir motor Rp.2.000, mobil Rp.5.000, dan untuk bus/mini bus Rp.10.000. Bukit Hood buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang yang Ramah di Kantong

3. Brujul Adventure Park

Brujul Adventure Park (instagram.com/pitonthelkrs)

Dulu, kawasan Brujul Adventure Park (BAP) dikenal sebagai tempat perkemahan. Penduduk setempat suka mengunjungi BAP karena terdapat gua dan air terjun untuk berpetualang. Pada tahun 2017, tempat wisata di Kebumen ini dibuka kembali sebagai taman wisata dengan fasilitas yang lebih modern.

Brujul Adventure Park menawarkan pesona alam lengkap dengan berbagai macam spot menarik. Tempat wisata ini cocok untuk piknik bersama keluarga, nikmati keseruannya dan dapatkan sensasi perjalanan tak terlupakan. Selain spot foto yang banyak, banyak ativitas seru yang biisa kita lakukan di sini. Seperti kite surfing, flying fox dan panahan.

Fasilitas yang ada tergolong komplit. Ada musala, toilet, rumah makan, warung kopi, outbond ground, camping area, hingga ruang paviliun yang bisa digunakan untuk acara keluarga.

Harga tiket masuk Brujul Adventure Park sangatlah ekonomis dan terjangkau, bagaimana tidak, biaya per orangnya tidak mencapai 10.000 rupiah. Adapun jam operasional wisata alam Brujul Adventure Park yakni pukul 07.00 – 18.00 WIB dan buka setiap hari.

Alamat Brujul Adventure Park berada di Desa Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota/alun-alun Kebumen jaraknya mencapai 14 km dengan menempuh waktu perjalanan selama 30 menit.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

4. Bukit Langit

Bukit Langit (pinhome.id)

Dari namanya saja, Bukit Langit, sudah dapat diketahui bahwa kawasan wisata ini terlatak di pegunungan. Lokasi Bukit Langit sendiri terletak di Jl. Karanganyar, Desa Giripurno, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Karena berada di kawasan perbukitan, menjadikan suhu udara di daerah ini sangat sejuk.

Bagi para pemburu matahari terbit ataupun pencinta senja, ini adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Bila datang di pagi hari sebelum surya bersinar, suhu udara yang sejuk dan ketika siang hari angin sepoi-sepoi yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Oleh karena pada pagi hari banyak kabut sehingga terasa benar-benar di atas awan, karenanya Bukit Langit disebut juga “Negeri di Atas Awan”

Fasilitas yang ada di Bukit langit sudah komplit. Ada gazebo, sayap dan rumah pohon yang bisa dijadikan tempat untuk selfi dan berfoto ria. Fasilitas lainnya yang tersedia seperti area parkir kendaraan, toilet, kamar mandi, dan warung makan.

Lokasi Bukit Langit berada di Giripurno, Kec. Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Disarankan agar mengendarai motor mengingat jalannya yang terjal dan agak tinggi, dengan membayar parkir Rp. 2000,- dan biaya masuk per orang Rp. 3000 rupiah. Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu pagi sekali (menjelang matahari terbit) atau ketika menjelang petang (matahari tenggelam).

Baca Juga: Informasi Wisata Pantai Glagah: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas Seru

5. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah (instagram@septianprasaji)

Tempat wisata Kebumen yang terakhir adalah Bukit Pentulu Indah. Bukit Pentulu Indah merupakan surga bagi pemburu sunrise dengan latar belakang kabut Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Pemandangan pagi hari nampak istimewa dilihat dari atas bukit, barisan pegunungan yang hijau, pemandangan awan yang terbawa angin menyejukan pagi, menutupi deretan daerah Kecamatan Sadang, Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Pesona Bukit Pentulu Indah Kebumen akan terlihat semakin indah bila dilihat dari ketinggian menara pandang yang tersedia di dalam area lokasi. Di area wisata alam Bukit Pentulu Indah sering juga digunakan beberapa aktifitas berkemah bagi anak-anak sekolah dan para pemuda pecinta alam.

Untuk sampai di lokasi ini, anda tak perlu khawatir akan melakukan hiking berat. Pasalnya bukit ini cuma mempunyai ketinggian 300 meter di atas permukaan laut, sehingga liburan ini betul-betul recommeded bagi keluarga anda. Lokasinya berada di jl. Karang Sambung, Kawasan Kebun dan Hutan, Kaligending, Karanggulung, Kabupaten Kebumen.

Biaya retribusi wisata ini juga benar-benar ekonomis, kamu cukup membayar sebesar Rp5.000/orang. Untuk parkir di wilayah inipun juga murah, kamu hanya membayar sebesar Rp2.000/kendaraan

Itulah lima tempat wisata di Kebumen yang bisa kamu agendakan untuk mengisi liburan nanti. Wujudkan liburan impian kamu untuk berkeliling menjelajahi Kebumen dengan spot liburan terbaik dan obyek wisata alam dengan view menakjubkan. Dapatkan pengalaman berlibur yang tak terlupakan dan pastinya membuat ketagihan untuk berkunjung kembali.

Semoga informasi yang diberikan diatas dapat membantu dan mempermudah perjalanan liburan kamu.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Bekas Tsunami Aceh yang Wajib Dikunjungi!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *