4 Tempat Wisata di Dieng Yang Harus Masuk List Liburanmu!

Bingung memilih tempat wisata untuk liburan? Dataran tinggi Dieng jawabannya!


1
foto : http://jejakku.co/

Berlibur selalu menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan. Alasannya tentu saja karena pada saat berlibur adalah waktu untuk membebaskan diri dari segala tekanan pekerjaan. Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata yang bisa dijadikan tujuan berlibur yang tentunya bisa membuat rileks pikiran dan menghilangkan stress. Untuk kamu yang berada di Jawa Tengah dan sekitarnya, kamu bisa menambahkan Dieng kedalam list tempat yang harus dikunjungi ketika libur tiba.

Dieng merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Jawa Tengah yaitu Wonosobo dan Banjarnegara. Antara kedua tempat tersebut Dieng Wonosobo adalah yang paling terkenal.

Kawasan wisata Dieng ini menyajikan berbagai destinasi wisata pilihan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi hari libur kamu.

Berbagai destinasi wisata seperti wisata sejarah, wisata kuliner, wisata alam, bisa ditemukan dengan mudah di kawasan wisata Dieng ini. Dieng memiliki berbagai tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini merupakan beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi saat sedang berada di Dieng.

1. Kompleks Candi Arjuna

Ilustrasi Kompleks Candi Arjuna/Pexels.com

Tempat wisata Dieng terbaru pertama yang harus dikunjungi saat sedang berada di daerah dataran tinggi Dieng yaitu ada Komplek Candi Arjuna. Tempat wisata ini berupa bangunan-bangunan candi peninggalan zaman sejarah.

Lokasi dari Komplek Candi Arjuna ini berada di daerah Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Objek wisata ini buka dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Tarif masuk untuk menuju ke lokasi wisata Candi Arjuna ini hanya perlu mengeluarkan Rp. 20.000 saja.

Selain bisa menikmati wisata candi yang berupa bangunan kuno pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar tempat wisata.

2. Kawah Sikidang

Ilustrasi Kawah Sikidang/Pexels.com

Rekomendasi tempat wisata yang harus dikunjungi saat sedang berada di dataran tinggi Dieng selanjutnya ada Kawah Sikidang. Tempat ini tidak terlalu jauh dari lokasi Candi Arjuna yaitu masih berada di kecamatan Batur.

Tempat wisata ini menawarkan begitu banyak spot foto menarik seperti contohnya jembatan kayu yang terbentang luas, kawah dan lain sebagainya.

Jika ingin berkunjung ke lokasi wisata ini maka kamu bisa berkunjung mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB dengan tarif Rp. 15.000.

3. Bukit Sikunir

Ilustrasi Bukit Sikunir/Pexels.com

Rekomendasi selanjutnya yang harus kamu kunjungi saat sedang berada di Dieng adalah Bukit Sikunir. Lokasi wisata ini memang terletak di atas bukit yang mengharuskan pengunjung untuk mendaki.

Bukit Sikunir ini menyuguhkan panorama sunrise yang begitu indah. Bahkan Bukit Sikunir ini terkenal dengan golden sunrise yang menjadi salah satu daya tarik.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bukit Sikunir ini yaitu pada pagi hari sebelum matahari terbit. Biasanya banyak yang sudah mendaki mulai pukul 5 pagi, bahkan banyak juga yang kurang dari jam tersebut demi mengejar sunrise di atas sudah berada di Bukit Sikunir sebelum jam tersebut demi melihat sunrise.

Tempat ini buka selama 24 jam sehingga kamu bisa mendaki menyesuaikan dengan waktu yang kamu bisa. Tarif yang dikenakan untuk memasuki wilayah Bukit Sikunir ini yaitu Rp. 10.000 saja. Lokasinya ada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Perkiraan waktu untuk mendaki Bukit Sikunir ini yaitu 40 menit.

Jika ingin pergi mendaki ke Bukit Sikunir ini sebaiknya kamu pergi saat cuaca cerah sehingga dapat menyaksikan panorama indahnya empat gunung yang ada di provinsi Jawa Tengah yaitu ada gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing.

4. Batu Pandang Ratapan Angin

Ilustrasi Bukit Pandang Ratapan Angin/Pexels.com

Rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi saat di Dieng selanjutnya yaitu ada Batu Pandang Ratapan Angin. Melalui tempat wisata ini kamu bisa mendapatkan spot foto yang sangat menarik yaitu berlatarkan Telaga Warna dan Pengilon. Lokasi wisata ini ada di Dieng Kulon, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Tarif untuk masuk ke lokasi wisata ini yaitu hanya membayar sebesar Rp. 10.000 saja.

Pemandangan Telaga Warna bahkan akan lebih jelas apabila kamu menyaksikan dari atas Bukit Pandang Ratapan Angin ini.

Itulah beberapa rekomendasi wisata Dieng terbaru yang bisa kamu coba kunjungi saat sedang berada di dataran tinggi Dieng. Jangan lupa untuk mempersiapkan pakaian hangat karena Dieng termasuk salah satu daerah dengan suhu dingin.

 Baca Juga: Yuk Intip Pesona Kabupaten Timor Tengah Selatan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

1

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *