Manfaatkan Momentum Hari Raya, Ini dia 5 Ide Bisnis Saat Lebaran!

Banyak ide bisnis saat lebaran. Rubah pola konsumtif menjadi produktif di hari raya!


Ide bisnis saat lebaran

Idulfitri merupakan hari raya yang selalu ditunggu umat muslim. Seluruh umat muslim bergembira dalam menyambut hari raya Idulfitri.

Pada hari raya Idulfitri dan setelahnya. pergerakan nilai uang sangat luar biasa. Pola konsumtif masyarakat sangat terlihat pada saat itu. Ini merupakan suatu peluang bisnis yang bisa menjadi ladang cuan bagi orang yang bisa memanfaatkan hal tersebut.

Ada banyak ide bisnis saat lebaran yang bisa kamu pertimbangkan untuk meraup banyak cuan. Inilah ide bisnis yang bisa kamu lakukan saat hari raya Lebaran!

1. Bisnis kue lebaran

Ide Bisnis Saat Lebaran: Bisnis Kue Lebaran (astronauts.id)

Bisnis kue lebaran adalah bisnis yang sangat populer selama momen lebaran. Kue lebaran seringkali menjadi makanan yang dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Kue lebaran seperti nastar, kastengel, putri salju, dan lain sebagainya, banyak di cari orang saat menjelang hari raya.

Agar kamu sukses berbisnis kue lebaran, kamu wajib memperhatikan kualitas bahan dan rasa kue. Pastikan bahwa kue-kue yang kamu buat, memiliki rasa yang enak dengan bahan yang berkualitas sehingga pelanggan akan merasa puas dengan produk kamu.

Untuk lebih meningkatkan kepercayaan konsumen, kamu bisa membuat tester kue terlebih dahulu. Bagikan tester kue tersebut kepada teman-teman kamu. Kemudian mintakan testimoni dari teman-teman kamu. Lebih baik jika testimoni tersebut dalam bentuk video, yang bisa kamu share kembali melalui akun media sosial.

2. Bisnis kuliner setelah IdulFitri

Ide Bisnis Saat Lebaran: Ilustrasi usaha kuliner bakso (rumahmesin.com)

Setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa, umat muslim bebas makan dan minum seperti hari biasa sebelum Ramadan. Warung-warung kuliner seperti bakso, mie ayam, rujak, kedai kopi, dan lain sebagainya, ramai dikunjungi masyarakat. Permintaan untuk makanan dan minuman biasanya meningkat. Ditambah lagi, masih banyak warung atau kedai yang masih tutup.

Nah, peluang bisnis ini bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Kamu bisa membuka usaha kuliner seperti jualan makanan cepat saji (bakso, somay, dll), makanan ringan, minuman segar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membuka Kedai Kopi

3. Bisnis baju lebaran

Ide Bisnis Saat Lebaran: bisnis baju lebaran

Sebelum dan setelah lebaran, banyak orang yang ingin tampil dengan pakaian baru. Masyarakat yang tidak sempat membeli pakaian baru sebelum lebaran, akan berburu pakaian baru setelah hari raya Idulfitri.

Jika ingin memulai bisnis baju lebaran, mulailah dengan mempersiapkan koleksi fesyen yang tepat dan menarik. Pastikan bahwa koleksi fesyen kamu mencakup berbagai model dan ukuran, dan sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar saat ini. Kamu bisa membuka toko online atau offline yang menjual pakaian, aksesoris, dan produk fesyen lainnya. Agar dapat bersaing dengan mall atau toko lainnya, kamu bisa memberikan diskon dan berbagai promo menarik.

Baca Juga: 4 Quotes Bijak Dari Bob Sadino Tentang Bisnis

4. Bisnis hamper/bingkisan lebaran

Ide Bisnis Saat Lebaran:: Hamper/bingkisan lebaran (digipreneur.site)

Sebagai bentuk ungkapan selamat hari raya Idulfitri, banyak orang yang memberikan suvenir atau hadiah kepada keluarga dan teman-teman dalam bentuk hamper. Hamper atau bingkisan lebaran biasanya dikirimkan kepada keluarga, teman, rekan kerja, ataupun rekan bisnis. Hamper lebaran tidak hanya diisi dengan makanan dan minuman ringan saja, kamu juga bisa menjual hamper yang berisi perlengkapan ibadah, peralatan makan dan minum, buku-buku tentang islam, sembako, dan lain sebagainya.

Kamu bisa manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya secara online maupun offline. Tetapi, pastikan kamu mempunyai stok barang yang banyak untuk mengisi dan menghias hamper kamu. Jangan sampai kamu kahabisan barang isian hamper, karena masih banyak toko yang tutup setelah lebaran.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha dengan Modal Minimalis

5. Bisnis jasa kebersihan

Ide Bisnis Saat Lebaran: jasa kebersihan (pixabay.com/Bikki)

Bisnis jasa kebersihan setelah lebaran bisa menjadi bisnis yang menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk membersihkan rumah mereka setelah lebaran. Setelah lebaran, rumah-rumah biasanya menjadi lebih kotor karena banyak tamu yang datang dan aktivitas yang lebih padat selama masa libur lebaran. Ditambah lagi, para asisten rumah tangga biasanya libur panjang saat lebaran.

Nah peluang ini kamu bisa manfaatkan dengan baik. Kamu bisa membuka beberapa paket-paket layanan jasa kebersihan kepada konsumen. Dalam paket tersebut, kamu bisa menentukan cakupan layanan yang kamu tawarkan. Seperti apa saja yang termasuk dalam paket pembersihan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan sebuah rumah.

Jangan lupa siapkan pekerja (SDM) yang terampil dan profesional yang cukup. Perhitungkan juga upah pekerja untuk satu kali paket layanan yang diberikan.

Baca Juga: Ini Dia 7 Franchise Terlaris di Tahun 2023, Langsung Cuan!

6. Bisnis sewa kendaraan

Ide Bisnis Saat Lebaran: Bisnis sewa kendaraan (pixabay.com/SplitShire)

Bisnis sewa kendaraan saat lebaran bisa menjadi bisnis yang menjanjikan karena banyak orang yang ingin berlibur, silahturahmi, atau pulang kampung. Kamu bisa membuka usaha sewa kendaraan yang menyediakan paket perjalanan dengan harga terjangkau.

Seperti halnya bisnis lain, kesuksesan bisnis sewa kendaraan tidak hanya tergantung pada waktu, tetapi juga pada beberapa faktor lainnya seperti lokasi, harga sewa, kondisi kendaraan, dan pelayanan kepada konsumen.

Dengan memanfaatkan momentum libur di hari raya Idulfitri, kamu bisa menyediakan jasa sewa kendaraan dalam beberapa paket. Misalnya paket sewa dalam kota untuk satu hari, atau paket luar kota menginap. Untuk lebih menarik konsumen, kamu bisa menawarkan pilihan kendaraan yang beragam. Mulai dari mobil kecil, sedang, hingga kendaraan berukuran besar.

Itulah enam ide bisnis saat lebaran yang bisa kamu lakukan. Sebelum memulai bisnis, pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu dan buat strategi bisnis yang tepat agar bisnis kamu bisa sukses dan berkembang.

Baca Juga: Mulai Bisnis Modal 1 Juta? Ini Dia Tipsnya

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *