Bingung Pilih Jurusan Untuk Kuliah? 5 Jurusan Menarik yang Memiliki Prospek Bagus

Saat kelulusan sudah diumumkan, pasti jadi lebih sibuk saat harus pilih jurusan untuk kuliah nantinya.


Ilustrasi wisuda

Ketika kamu akan memasuki dunia perkuliahan, tentu saja kamu harus menentukan terlebih dahulu jurusan apa yang nantinya cocok dengan yang akan kamu pelajari. Kamu bisa memilih sesuai dengan latar belakang saat kamu mengenyam bangku SMA maupun SMK.

Misalnya kamu anak IPA atau anak SMK yang sejurusan IPA, kamu bisa menentukan jurusan apapun yang kamu pilih baik di bidang medis maupun jurusan kehutanan. Namun, bagi kamu berlatar belakang IPS atau SMK sejalur dengan IPS, kamu juga bisa memilih bidang jurusan di luar dari kompetensi kamu seperti mengikuti ujian tertentu untuk dapat ke jurusan tersebut.

Bukan hal yang tidak mungkin jika kamu anak IPS ingin masuk ke jurusan IPA saat kuliah bisa saja terjadi. Namun perlu digaris bawahi jika tidak semua jurusan yang harus berlatarbelakang jurusan IPS bisa juga mengambil jurusan IPA. Dikarenakan mata pelajaran yang nantinya kamu pelajari saat perkuliahan nanti justru bisa membebani kamu, apabila tidak mempunyai pondasi yang cukup matang di jurusan tersebut.

Alangkah lebih baik apabila menentukan jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat apa yang kamu kehendaki. Beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan referensi saat pilih jurusan untuk kuliah nantinya.

1. Medis atau kesehatan

Ilustrasi laboratorium kesehatan (pixabay.com/jarmoluk)

Kamu tentu sudah tak asing dengan dunia medis atau kesehatan yang pasti banyak diminati. Jika kamu ingin mengambil jurusan medis atau kesehatan, hal yang perlu kamu persiapkan adalah nilai akademik dan mental.

Mengapa demikian? Karena pada saat kamu memasuki dunia medis atau kesehatan kamu akan dituntut untuk menghafal banyak materi-materi yang penting untuk kamu terapkan nantinya. Belum lagi kamu harus menyiapkan mental yang kuat sebelum nantinya akan mengabdikan diri untuk terjun membantu orang lain atau makhluk hidup lainnya.

Baca Juga:

2. Teknik

Ilustrasi teknologi elektronika (pixabay.com/Pexels)

Jurusan ini sendiri mempunyai beraneka jenis sub jurusan dengan pemahaman yang memiliki tingkat kesulitan beragam. Kebanyakan materi pembelajaran jurusan teknik menuntut kamu untuk memiliki skill yang cekatan, teliti, dan mudah beradaptasi.

Jurusan di bidang teknik membutuhkan otak untuk berpikir kritis sekaligus tenaga untuk mengerjakan  yang dipelajari dalam satu waktu tertentu. Kamu harus dapat menyeimbangkan keduanya jika kamu ingin menentukan jurusan teknik yang diminati.

3. Pariwisata

Ilustrasi pemandu wisata(pixabay.com/MemoryCather)

Mendengar kata pariwisata pasti terdengar asyik dan menarik untuk disimak. Jurusan pariwisata meliputi segala bidang yang terkait di dalamnya. Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki hobi travelling dan kamu termasuk ke dalam orang ekstrovert. Jurusan pariwisata membutuhkan skill beradaptasi serta eksplorasi yang bagus jika ingin memulai mempelajari jurusan ini.

4. Perkantoran

Ilustrasi bilik perkantoran (pixabay.com/12019)

Apabila kamu ingin kerja tanpa panas-panas atau takut harus bertemu orang banyak. Kamu bisa juga menentukan jurusan di bidang perkantoran sebagai opsional. Jurusan perkantoran ini lebih fleksibel terutama untuk kamu yang berlatar belakang IPA ataupun IPS, kamu dapat menentukan memilih jurusan ini. Jika kamu termasuk orang perfeksionis, kamu pasti nantinya menyukai pekerjaan maupun materi perkuliahan di perkantoran ini.

Baca Juga:

5. Manajemen dan bisnis

Ilustrasi laporan perhitungan (pixabay.com/stevepb)

Jurusan manajemen dan bisnis merupakan jurusan kuliah untuk pengusaha. Selain itu juga merupakan salah satu dari banyaknya jurusan diperkuliahan yang paling banyak diminati, baik mahasiswa reguler maupun paralel.

Apabila kamu hendak memilih jurusan bisnis ini, kamu akan diajak untuk mempelajari bagaimana menjadi wirausaha yang baik dari mulai sistem yang harus dijalankan maupun prospek apa yang akan kamu bangun setelah kamu berhasil mengimplementasikan hasil studi kamu ke dunia kerja sesungguhnya.

Itulah beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan referensi pada saat ingin pilih jurusan untuk kuliah. Semoga informasi di atas dapat memberikan tambahan informasi di saat kamu ingin menentukan jurusan apa yang cocok untuk kamu.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Cuma Ikut-Ikutan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *