4 Quotes Bijak Dari Bob Sadino Tentang Bisnis


Bob Sadino (goodnewsfromindonesia.id/)

Pernahkah mendengar nama Bob Sadino? Bagi kalian generasi muda mungkin tidak banyak mengenal nama tersebut. Bagi mereka yang suka motivasi dan bisnis, sedikit banyak pernah mendengar nama tersebut. Mengapa? Sebab Bob Sadino adalah pelaku bisnis yang terkenal dan sukses.

Bob Sadino memiliki nama lengkap H. Bambang Mustari Sadino. Beliau lahir di Tajung Karang, Bandar Lampung tanggal 9 Maret 1933 dan meninggal di Jakarta tanggal 19 Januari 2015.  Beliau pengusaha asal Indonesia yang berbisnis bidang pangan dan peternakan dengan jaringan bisnis Kemfood dan Kemchick. Beliau suka bercelana pendek dan berkemeja pendek.

Beliau menikah dengan H. Soelami Soejoed yang meninggal pada Juli 2014.  Sebagai pebisnis dan motivator, beliau memiliki ungkapan atau quotes yang layak untuk dijadikan pedoman dalam hidup dan berbisnis. Kata-kata bijak tersebut banyak sekali dan berikut saya tuliskan lima kata bijak dalam bidang bisnis yang bisa dijadikan referensi dan pedoman dalam menjalani usaha. Quotes tersebut cocok untuk generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha.

1. Berhentilah Membuat Rencana! Melangkahlah.

Quotes pertama berbunyi Berhentilah membuat rencana. Melangkahlah.  Kita jika ingin berusaha, langsunglah melangkah. Langsung saja menjalankan usaha yang diinginkan. Jangan banyak membuat rencana saja. Kalau kita membuat rencana yang sempurna, kita belum tentu akan melangkah dan menjalankan apa yang jadi rencana kita. Lebih baik kita membuat rencana sederhana dan langsung mengerjakannya.

Nah, dalam perjalanan melakukan bisnis, kita bisa mengubah rencana dan menyesuaikan dengan keadaan di lapangan. Dengan demikian, kita mulai saja usaha bisnis kita. jangan hanya dalam rancangan saja.

Baca Juga: Bikin Adem, Inilah 5 Quotes Habib Ja’far yang Sangat Menginspirasi

2. Cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan.

Quotes kedua berbunyi  Cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan. Kegagalan adalah hal yang biasa dalam berusaha dan studi. Namun, bangkit dari kegagalan itulah yang menjadikan kita berhasil. Maksud kalimat cari kegagalan sebanyak-banyaknya  adalah kita harus berusaha dan mencoba.

Jika kita mencoba dan gagal, berarti kita telah berusaha dan memperbaiki usaha untuk mencapai keberhasilan. Mengapa? Sebab keberhasilan itu sebenarnya hanyalah titik puncak banyak kegagalan seperti ungkapan Bob Sadino berikutnya yaitu Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan. Nah, jika ingin berhasil, bersiaplah gagal dan bangkit lagi demi mencapai keberhasilan.

3. Setinggi apa pun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang anda punya, Andalah bosnya.

Quotes ketiga berbunyi Setinggi apa pun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang anda punya, Andalah bosnya. Ketika ketika bekerja pada orang lain atau perusahaan maka kita tetaplah pegawai.
Sama seperti PNS yang memiliki pangkat tinggi, mereka tetaplah pegawai. Namun, ketika kita memiliki usaha atau bisnis, kita tetaplah bos yang mengatur usaha kita sendiri. Kita bebas menentukan arah usaha kita dan kita tidak diperintah oleh orang lain. Kita tetap mandiri.

4. Ilmu memang berserakan di mana-mana di muka bumi ini. jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus.

Quotes keempat berbunyi Ilmu memang berserakan di mana-mana di muka bumi ini. jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus.  Maksud kata bijak keempat adalah kita harus tetap belajar di mana pun. banyak ilmu di luar sana.

Tidak hanya di kampus dan sekolah. Justru yang ada di kampus dan sekolah hanyalah sedikit dan ebih banyak ilmu di luar sana. Jadi kita harus tetap belajar di luar kampus dan sekolah demi mencapai kesuksesan hidup dan berbisnis.

Baca Juga: Mengambil Keteladanan dari 5 Karna atau Karno

5. Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible. Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan.

Quotes keempat berbunyi Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible. Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan. Maksud kata bijak kelima dari Bob Sadino adalah kalau kita merasa orang pintar kita memiliki kecenderungan untuk cepat-cepat berhasil. Padahal cepat berhasil biasanya juga cepat untuk gagal dan mengalami kemunduran dalam bisnis.

Keberhasilan ditentukan oleh waktu yang cukup lama. Bukan dalam waktu singkat atau instan. Justru orang yang dikatakan goblok atau bodoh, mereka akan tahan banting sebab mereka hanya memiliki satu harapan untuk bertahan hidup.  Mereka berpikir hari ini bisa makan atau tidak. Sehingga orang-orang yang dikatakan goblok terus mencoba dan tidak pernah takut gagal.

Nah, demikian kelima quotes atau kata-kata bijak tentang bisnis yang pernah diungkapkan pebisnis ulung Bos Sadino. Mau sukses seperti Bob Sadino, bisa kita mencoba kata bijak tersebut. Selamat dan sukses. Silakan coba dan sukses selalu.

Baca Juga: 5 Keteladanan B.J Habibie, Nomor 2 Wajib Ditiru Anak Muda Sekarang!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

4 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. I think tһe admin of this site is genuinely working
    hard for һis web site, foг the reason that here every material is quaⅼity baѕed stuff.

  2. Hey this is somewhat of off topiϲ but I was wondering іf
    blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.

    I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so
    I wanteԀ to get advice from someone with experience.
    Any hеlp would be enormously appreciated!