Jangan Terlewat! Jadwal Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Lambung


Salah satu penyebab timbulnya penyakit asam lambung dikarenakan tidak beraturnya pola makan. Oleh karena itu, penting membuat jadwal makan yang tepat untuk penderita asam lambung guna menceah timbulnya asam lambung dan mengurangi risiko gangguan pencernaan yang bertambah parah.

Selain itu, ketika asam lambung muncul akan membuat segala aktivitas jadi terhambat dan menyebabkan perasaan tidak nyaman oleh penderitanya. Nah, untuk menghindari munculnya asam lambung, yuk ikuti jadwal makan yang tepat untuk penderita asam lambung berikut ini.

1. Buat jadwal sarapan di jam 07:00–08:00

Banyak orang yang melewatkan sarapan dengan berbagai alasan, entah karena masih pagi, takut telat berangkat kerja/sekolah atau ragam alasan lainnya. Padahal, sarapan ini sangat diperlukan untuk menetralisir asam lambung setelah perut kosong semalaman dan juga memberi asupan energi agar kuat mengawali aktivitas.

Baiknya, buatlah jadwal sarapan sebelum jam 09:00 pagi, yaitu sekitar jam 07:00 – 08:00 pagi setiap harinya. Pilihlah menu-menu ringan seperti oatmeal, roti, sereal, telur dan kentang rebus untuk mengganjal perut dan tidak membuat lambung kaget. Selain itu awali bangun tidur dengan minum segelas air hangat untuk menghidrasi tubuh setelah berpuasa selama semalaman.

Baca Juga:

2. Camilan pagi di jam 09:30-11:30

Setelah sarapan, jangan lupa untuk mengatur jadwal camilan pagi yang bisa dimulai dari pukul 09:30 – 11:30. Camilan pagi ini berfungsi untuk bantu mengembalikan energi yang mulai berkurang setelah menjalankan aktivitas pagi hari.

Selain itu, camilan ini juga membantu menghindari perut agar tidak terlalu kosong sebelum jam makan siang tiba. Kamu bisa memilih camilan yang ringan dan sehat seperti roti gandum, kentang rebus, buah-buahan yang kaya serat dan kacang-kacangan.

3. Buat jadwal makan siang di jam 12:00- 13:00

Jadwal makan yang tepat untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal makan siang setelah mengonsumi camilan. Jam makan siang yang terbaik yaitu dimulai sejak pukul 12:00-13:00, saat jam istirahat tiba.

Hindari makanan yang mengandung banyak santan, terlalu banyak minyak, ataupun makanan pedas saat makan siang. Cobalah memakan makanan yang berkuah non santan seperti seperti sup ayam, atau aneka sayur seperti tumisan dan pastikan mengunyah makanan perlahan agar makanan dicerna dengan baik.

4. Camilan sore di jam 15:00-16:00

Selain ngemil di pagi hari, penting juga untuk ngemil di sore hari sambil menunggu jam makan malam tiba. Camilan seperti bubur kacang hijau, kacang-kacangan atau bahkan air kelapa beserta dagingnya bisa jadi pilihan camilan yang tepat.

Pentingnya camilan ini untuk menghindari perut terlalu lama kosong sehingga asam lambung tidak mudah muncul. Selain itu usahakan menghindari mengonsumsi coklat saat perut kosong karena bisa membuat perut menjadi perih.

Baca Juga:

5. Buat jadwal makan malam di jam 19:00

Jadwal makan yang tepat untuk penderita asam lambung yang terakhir adalah pada pukul 19:00 atau 7 malam. Ini merupakan jam ideal untuk makan malam karena butuh 2-3 jam untuk lambung menggiling makanan sebelum tidur.

Pilihlah makanan yang mudah dicerna oleh lambung seperti sup ataupun kentang rebus. Hindari makanan bersifat berat seperti daging bahkan gorengan karena akan membuat lambung bekerja lebih ekstra saat mengolahnya.

Jika jadwal jam makan yang tepat untuk penderita asam lambung di atas dilakukan dan dirutinkan dengan baik, akan mengurangi asam lambung semakin parah. Selain itu, diperlukan pula mengelola stres yang baik agar tidak memperparah kondisi lambung nantinya.

Baca Juga: 5 Makanan Yang Efektif Menurunkan Asam Lambung

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *