5 Makanan Yang Efektif Menurunkan Asam Lambung

Makanan yang efektif menurunkan asam lambung tersebut juga sangat alami, sehat dan bervitamin,


Ilustrasi penderita asam lambung (pixabay.com/HansMartinPaul)

Lambung ialah salah satu organ dalam sistem percernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap beberapa sari-sari makanan. Asam yang terdapat pada lambung sering kali menyebabkan penyakit pada lambung jika dikeluarkan secara berlebihan, sehingga akan menyebabkan gangguan fungsional.

Penyebab dari penyakit dengan nama lain Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini adalah dikarenakan gangguan struktur anatomi yang misalnya terjadi karena luka, terganggunya sistem saraf, atau efek secara psikologis seperti stres yang bisa mengakibatkan sistem saraf pusat otak dengan lambung mengalami suatu perubahan hormon pada tubuh, sehingga dapat merangsang sel-sel di dalam lambung untuk memproduksi asamnya secara berkelebihan.

Antasida merupakan obat yang lazim dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung, dan tentunya mudah didapatkan jika membelinya di apotek. Namun selain itu, ada pula alternatif lainnya seperti makanan-makanan alami yang bagus untuk mencegah asam lambung tanpa mengesampingkan kemampuan obat antasida itu sendiri, bahkan beberapa dari makanan alami tersebut pun mengandung antasida.

Berikut ini merupakan makanan-makanan yang efektif menurunkan asam lambung. Simak ya!

1. Buah Pepaya

Buah pepaya (pixabay.com/rogeriomda)

Buah pepaya tidak hanya untuk mengobati sembelit. Buah yang banyak ditanam orang, baik di daerah tropis maupun sub tropis, di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan pegunungan (sampai 1000 m dpl) ini kaya akan karoten, vitamin C, dan flavonoid sehingga dapat berfungsi sebagai zat antikanker.

Buah ini juga mengandung sejumlah mineral basa seperti kalium dan magnesium, yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk menetralisir asam lambung. Ditambah pula, buah ini mengandung enzim papain yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan serta mengurangi panas lambung (heatburn).

Baca Juga:

2. Jahe

Jahe (pixabay.com/WebTechExperts)

Jahe diketahui sebagai tumbuhan herbal dengan kandungan senyawa-senyawa kimia yang dapat bermanfaat dalam berbagai pengobatan penyakit seperti antiinflamasi, gastroprotektif, dan antiulserasi yang mampu melindungi mukosa lambung serta menghambat sekresi asam lambung. Flavonoid di dalam tanaman obat yang banyak digunakan sebagai bahan bumbu dapur untuk memasak aneka makanan nusantara ini dapat meningkatkan prostaglandin yang merupakan faktor defensif dari lambung.

Kandungan aseton dan methanol dari jahe pun berperan untuk melindungi lambung dengan cara menurunkan asam lambung, dan mencegah iritasi pada mukosa lambung.

3. Buah Pisang

Buah pisang (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Buah dengan ciri khas warna kuning ini banyak mengandung asam folat atau vitamin B6 yang larut dalam air untuk dapat menetralkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan.

Selain itu, serat yang tinggi pada pisang seperti pektin memiliki khasiat untuk dapat menekan produksi asam lambung sehingga tidak akan menyebabkan nyeri lambung, tidak membahayakan para penderita tukak lambung dan radang lambung. Sebaliknya, pisang akan menetralisasi asam lambung dan melapisi lambung yang luka.

4. Buah Melon

Buah melon (Pixabay.com/congerdesign)

Buah yang satu ini terbilang aman untuk dikonsumsi para pengidap asam lambung, karena kandungan sifat basa yang cukup tinggi oleh mineral magnesium di dalamnya.

Seperti yang diketahui, magnesium berperan seperti antasida yang sangat bagus untuk menetralisir asam lambung yang berlebihan, sehingga keasaman asam lambung dapat terjaga dengan normal.

Baca Juga:

5. Bubur Haver

Bubur haver (pixabay.com/KatineDesign)

Haver atau nama lainnya adalah oatmeal mengandung vitamin dan nutrisi yang berguna untuk membersihkan lambung.

Haver juga kaya akan kandungan serat dan berbagai nutrisi yang dapat membantu mencegah refluks yang mana merupakan salah satu dampak dari penyakit asam lambung. Gejala refluks sendiri ialah sebuah iritasi pada saluran pencernaan yang diakibatkan oleh asam lambung.

Dengan mengkonsumsi bubur haver setiap hari dan seiring berjalannya waktu, saluran pencernaan juga akan lebih sehat serta terhindar dari gejala lain yang diakibatkan oleh asam lambung.

Itu dia detail pembahasan mengenai kelima makanan yang efektif menurunkan asam lambung yang mana sebaiknya juga diimbangi dengan kegiatan-kegiatan atau metode positif lainnya seperti tidak membiasakan merokok, tidak meminum-minum alkohol, bijak dan lebih selektif dalam memilih makanan, tidak tidur setelah makan, dan kegiatan-kegiatan efektif lainnya.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Berat Badan Yang Ideal, Jangan Terbawa Nafsu

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *