5 Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

Meski menderita asam lambung, kamu tetap bisa berpuasa dengan mengikuti tips aman dan nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung ini agar puasamu berjalan lancar.


Ilustrasi penderita asam lambung (pexels.com/sora shimazaki)

Bagi penderita asam lambung, tentu menjadi tantangan tersendiri ketika tengah berpuasa di bulan Ramadan. Sebab, perut kosong dengan rentang waktu yang cukup lama bisa memicu asam lambung yang mendadak muncul. Kalau begini rasanya pasti tidak akan nyaman.

Tapi tenang aja, meski menderita asam lambung kamu tetap bisa berpuasa sebulan penuh dengan aman dan nyaman lho. Kamu bisa banget ikuti 5 tips aman dan nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung di bawah ini dengan cermat ya:

1. Jangan Melewatkan Makan Sahur

Tips aman dan nyaman untuk penderita asam lambung yang pertama adalah jangan melewatkan makan sahur. Sebab, jika dilewatkan bisa memperparah asam lambung nantinya. Apalagi perut yang kosong selama hampir seharian, tentu bisa memicu asam lambung naik hingga tenggorokan.

Saat sahur, pilihlah makanan yang mengandung banyak serat agar lebih lama dicerna sehingga asam lambung tidak mudah muncul. Selain itu, makanan yang lama dicerna ini pun bisa membantu tubuh tetap berenergi selama berpuasa.

2. Jangan makan berlebihan

Tips aman dan nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung selanjutnya adalah jangan makan berlebihan saat sahur. Memang, makan sahur bisa membantu menyiapkan energi dan mencegah lambung kosong. Akan tetapi, bukan berarti kamu bebas makan sebanyak mungkin.

Cobalah untuk makan dengan porsi secukupnya saja yang tidak akan menyebabkan perut sakit. Selain itu, makanlah dengan rentang waktu sekitar dua jam sebelum sahur, agar kamu tidak perlu terburu-buru saat menyantap makanan. Sebab, terburu-buru menyantap makanan juga bisa mengakibatkan asam lambung meningkat.

Baca Juga: 5 Langkah Mencapai Kesempurnaan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan

3. Jangan Menunda Buka Puasa

Selanjutnya, jika azan Maghrib sudah berkumandang segeralah berbuka puasa, jangan menundanya dan membiarkan perutmu kosong lebih lama lagi. Perut butuh mencerna makanan yang masuk agar asam lambung yang diproduksi bisa digunakan untuk membelah dan mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Menunda buka puasa, bisa memicu asam lambung lebih parah dari sebelumnya. Oleh karena itu segeralah berbuka ketika azan tiba. Tapi perlu diingat juga, jangan kalap dengan makanan. Kamu bisa berbuka dengan mengonsumsi air hangat, kurma atau kolak secukupnya. Makanan yang manis pun bisa membantu mengembalikan energi setelah berpuasa.

Baca Juga: 7 Amalan di Bulan Ramadan Sesuai Sunah Rasulullah

4. Hindari Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik

Selain karena perut kosong, makanan dan minuman yang dikonsumsi pun bisa memicu asam lambung naik. Oleh karena itu, kamu wajib banget memerhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi baik untuk sahur dan berbuka puasa.

Hindari makanan dan minuman seperti soda, makanan pedas, makanan tinggi lemak, makanan megandung gas seperti kol, sawi dan brokoli. Selain itu makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat, teh dan makanan yang asam juga patut dihindari.

Baca Juga: Puasa Lemas? Ikuti 5 Tips Kuat Puasa Berikut Ini!

5. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Tips terakhir yang wajib diperhatikan bagi penderita asam lambung adalah jangan langsung tidur setelah menyantap makanan. Sebab, ini bisa mengakibatkan asam lambung naik dengan cepat dan membuat perut serta posisi tidurmu jadi tidak nyaman.

Setelah makan, cobalah untuk menunggu dengan posisi badan tetap berada dalam posisi tegak. Jika ingin tidur kembali, berilah jeda waktu antara satu hingga dua jam setelah makan. Dengan begitu, asam lambung tidak akan muncul dan waktu tidurmu tidak akan terganggu nantinya.

Meski memiliki asam lambung, bukan berarti bisa menghambatmu untuk tetap berpuasa. Kamu tetap bisa berpuasa, asalkan mengikuti 5 tips aman dan nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung agar lancar puasanya. Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Keistimewaan Bulan Ramadan, Tidak Terdapat di Bulan Lainnya!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *