Bukan Minum Air Es, Ini 5 Tips Menghilangkan Rasa Pedas Secara Cepat

Sebagian orang suka sensasi pedas di mulut, namun banyak juga orang yang segera mungkin ingin menghilangkan rasa pedas


Ilustrasi makan pedas (banksinarmas.com)

Apa yang terbayangkan jika mendengar kata ‘pedas’? Panas, meledak, bikin air mata meleleh, terbakar, dan bahkan bisa bikin ingus meler. Efek-efek itu sudah pasti tidak pernah lepas di saat mencicipi secara sengaja maupun tidak pada makanan-makanan yang mengandung capsaicin, yaitu suatu senyawa yang menimbukan sensasi pedas pada cabai.

Citra rasa pedas pun sebenarnya sudah tersebar di seantero Nusantara sejak lama. Bahkan, masyarakat jawa mennggunakan kata ‘pedes’ bukan hanya untuk sensasi rasa saja, tapi juga untuk hal-hal yang membuat rasa sakit.

Meskipun sudah berabad-abad lalu mengenal sensasi pedas ini, namun nyatanya tak banyak dari kita tetap memusuhinya dan berinisiatif untuk tidak membiarkannya berlama-lama di dalam mulut.

Mungkin sebagian orang hanya suka sensasi singkatnya sampai beberapa menit saja, namun tidak jika kepedasan berhasil menguasai sampai lebih dari setengah jam. Dan, tentu kita akan mencari bantuan agar menetralisirnya secepat mungkin. Bagaimana cara menghilangkan rasa pedas secara cepat? Ini dia!

1. Konsumsi Gula

Hampir mustahil bagi kita semua tidak menyukai makanan baku yang satu ini, baik dimakan mentah-mentah maupun diolah ke dalam beberapa menu pilihan ternyata terbukti mampu menyenangkan lidah dengan cita rasa yang sekiranya membuat hati senang.

Dengan mengonsumsi sesendok makanan yang berasal dari tanaman tebu ini rupanya bisa menghilangkan rasa pedas yang sedang membara-bara di lidah dengan cepat. Di tambah lagi, gula dapat menyerap minyak pedas sehingga memberikan rasa berbeda pada lidah.

Tapi, ingat! Jangan terlalu bergantung pada gula, apalagi bagi kamu yang mempunyai riwayat diabetes. Kamu bisa mendapatkan alternatif lainnya jika memang kondisinya tidak mendukung tubuhmu.

Baca Juga:

2. Minum Air Hangat

Siapa yang sering panik dengan mimik wajah semrawutan ketika melahap makanan dengan kandungan capsaicin? Apa jenis minuman yang teringat di dalam pikiran? Air es, bukan?

Ternyata keputusan meminum es untuk menetralisir rasa pedas adalah salah. Sebaliknya, air hangat yang justru mampu meredam sensasi pedas karena memiliki efek pengencer terhadap senyawa capsaicin daripada air biasa atau dingin.

3. Minuman Asam

Bagi kamu pecinta air jeruk, perasan lemon, atau jus tomat. Ini saatnya kamu bisa bernapas lega, karena jenis minuman yang disebutkan tadi tergolong kepada minuman asam yang dapat menghilangkan rasa pedas.

Kandungan asam pada minuman-minuman asam ternyata mampu menghilangkan senyawa capsaicin dari cabai.

4. Makan Roti Atau Nasi

Makanan dengan kandungan zat tepung juga ampuh untuk menghilangkan rasa pedas di lidah.

Kamu bisa menemukan makanan dengan zat tepung dengan mudah seperti sepotong roti tawar atau sesuap nasi.

Roti dan nasi dipercaya dapat segera menetralisir alkaloid alamiah pada capsaicin, sehingga sensasi rasa pedas pun akan berangsur-angsur lenyap.

Baca Juga:

5. Minum Susu

Jenis minuman berwarna putih pekat yang satu ini rasa-rasanya sudah tidak asing lagi di telinga dan di mata, bahkan kita sudah mengenalnya sejak kecil.

Minuman yang biasanya berasal dari hewan sapi ini sudah terkenal luas digunakan untuk menetralisir kepedasan sewaktu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung capsaicin.

Susu yang dapat diolah menjadi es krim atau yoghurt ini memiliki kandungan protein susu bernama casein yang telah terbukti ampuh membasmi sensasi panas yang disebabkan oleh capsaicin. Hal itu karena casein bertugas sebagai pelarut yang baik terhadap capsaicin.

Pada umumnya, susu yang digunakan secara efektif untuk mengusir serbuan rasa pedas ialah jenis susu segar dibandingkan susu bubuk.

Itu tadi rangkuman untuk menghilangkan rasa pedas yang terkadang menjengkelkan dan membuat frustasi. Namun, jika sudah tahu bagaimana dan langkah tepat apa untuk menanggulanginya, tentu kita tidak perlu merasa khawatir ketika akan menikmati berbagai makanan dengan sensasi ‘hot’ lagi. Asalkan, kamu juga tahu batasan-batasan dari kesanggupan tubuhmu di saat mengonsumsi makanan berbahan dasar atau campuran yang menimbulkan rasa pedas seperti cabai atau lada agar terhindar dari dampak-dampak buruk yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Yuk Simak! 5 Tips Efektif Untuk Mengatasi Mental Health

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *