Rahasia Membuat Kulit Cantik Alami, Wujudkan Dengan 6 Buah-buahan Ini


Ilustrasi wanita mengonsumsi buah (pixabay.com/ PublicDomainPictures)

Istilah cantik dari zaman dahulu hingga sekarang selalu menjadi perhatian yang menarik bagi kaum wanita. Bahkan wanita di seluruh dunia berlomba-lomba untuk merawat kecantikannya. Cara merawatnya beragam, mulai dari menggunakan ramuan tradisional hingga cara praktis seperti masa sekarang. Ternyata ada juga lho, rahasia membuat kulit cantik alami dengan mudah.

Tidak segan-segan, sebagian perempuan rela mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan kecantikan yang diidamkan. Sebetulnya, jika ingin mendapatkan kecantikan, tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Bahkan kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang seringkali dikonsumsi di rumah.

Hal ini dituturkan oleh Emma Madjid (2011) dalam bukunya yang berjudul ‘500 Rahasia Cantik Alami’. Ia menyebut beberapa bahan-bahan di dapur bisa dijadikan sebagai media merawat kecantikan perempuan. Mulai dari bumbu, sayuran, dan buah-buahan.

Nah, ada rahasia membuat kulit cantik alami lho, dalam tulisan ini ada 6 macam buah yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kecantikan alami.

1. Buah Apel (Pyrus Malus)

Buah Apel, salah satu rahasia membuat kulit cantik alami (mdjaff/freepik.com)

Rahasia membuat kulit cantik alami yang pertama adalah rajin mengonsumsi buah apel. Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Rasanya lezat dan seringkali kita temui baik di pasar tradisional maupun modern. Buah Apel mengandung kalium, pektin, dan selulosa. Kalium sendiri tergolong mineral yang berfungsi meningkatkan keteraturan pada denyut jantung, kontraksi otot, memperlancar transportasi gizi ke seluruh tubuh, membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan mampu mengatur tekanan darah.

Kombinasi nutrisi dalam apel dapat membantu kulit kamu menjadi lebih cerah dan bercahaya. Kamu dapat mengonsumsi apel secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat sehat atau mencoba masker wajah alami dari buah apel. Selain baik untuk tubuh, apel digolongkan sebagai perawatan kecantikan tertua, lho.

Baca Juga:

2. Buah Alpukat (Persea Americana)

Ilustrasi Buah Alpukat. /(dashu86/freepik.com)

Buah satu ini begitu lezat ketika dimakan. Apalagi jika dicampur dengan sirup, susu, dan es. Alpukat mengandung vitamin A, C, E, B, kalium, dan minyak alami. Juga mengandung lesitin, sebuah protein yang baik untuk perawatan rambut kering.

Vitamin E di dalam alpukat bisa dimanfaatkan menjadi pelembab alami pada kulit. Bahkan, kamu bisa menggunakannya langsung dengan cara menghaluskan kemudian mengoleskannya pada kulit tubuh yang diinginkan. Dengan cara ini, kulitmu akan menjadi lembab.

3. Buah Pisang (Musa Acuminate)

Ilustrasi Buah Pisang /(mrshirapol/freepik.com)

Buah satu ini rasanya juga lezat dan banyak orang yang kerapkali mengonsuminya. Tidak segan-segan mereka menyulapnya menjadi berbagai olahan makanan. Perlu kamu tahu, pisang mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, seng, dan asam folat. Juga mengandung pektin yang bermanfaat untuk kulit.

Kamu bisa menggunakan pisang sebagai masker wajah dan rambut. Caranya, cukup kamu haluskan buah pisang dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang kamu inginkan.

4. Buah Pepaya (Carica Papaya)

Ilustrasi Buah Pepaya / (Racool_studio/freepik.com)

Buah pepaya merupakan salah satu makanan yang manis dan segar ketika dikonsumsi. Pepaya mengandung vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin A dalam pepaya sangat baik untuk merawat kesehatan mata. Pepaya juga mengandung papain yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit, menghilangkan vlek hitam, dan meratakan warna kulit.

5. Buah Tomat (Solanum Lycopersicum)

Ilustrasi Buah Tomat / (jannoon028/freepik.com)

Buah tomat mengandung likopen yang menjadikannya sebagai antioksidan yang bisa menghalanngi proses penuanan kulit akibat sinar matahari. Cara menggunakannya, kamu bisa potong tomat, kemudian gosokkan pada kulit wajah. Selanjutnya, tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga:

6. Buah Nanas (Ananas Comasus)

Buah Nanas, salah satu rahasia membuat kulit cantik alami (8photo/freepik.com)

Rahasia membuat kulit cantik alami yang terakhir adalah dengan menggunakan buah nanas. Buah Nanas tergolong sebagai pelembut kulit yang baik. Khususnya untuk mengatasai bintik-bintik pada kulit kasar, seperti siku, lutut, maupun tumit. Kandungan enzim aktif bromelinnya mampu membersihkan dan memanjakan kulit.

Nanas juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit yang kasar. Caranya, rendam kaki dalam baskom yang berisi jus nanas selama 15 menit, lalu bersihkan, dan berikan pelembap kaki.

Itulah rahasia membuat kulit cantik alami dengan menggunakan buah-buahan. Buah ini sangat mudah didapatkan di Indonesia, sehingga kamu dapat mencoba merawat kulitmu dengan buah-buah ini tanpa harus kesulitan menemukannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Kuku, Walau Sering Pakai Kuteks

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *