9 Cara Sehat Mengecilkan Perut Buncit Bagi Pria

Mengecilkan perut buncit bagi pria bukanlah sesuatu hal yang mustahil, perlu konsistensi dan keseriusan dalam hal ini


Ilustrasi perut buncit (pixabay.com/ Mohamed_hassan)

Perut buncit adalah suatu kondisi yang membuat perut terlihat bengkak dan membesar. Perut buncit tidak hanya akan memengaruhi penampilan anda, namun juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, apa penyebab perut buncit?

Untuk pria, perut buncit merupakan hal umum terjadi. Kondisi ini banyak terjadi pada pria yang sudah menginjak paruh baya, ataupun sudah menikah. Tentunya hal ini akan sangat memengaruhi penampilan para pria.

Salah satu penyebab perut buncit bagi pria yang paling umum adalah obesitas. Obesitas disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih karena kurangnya pembakaran kalori yang dilakukan oleh tubuh.

Untuk kamu para pria, berikut beberapa hal sederhana bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit bagi pria.

1. Melakukan olahraga secara teratur

Kunci sukses mengecilkan perut buncit adalah dengan aktif bergerak dan berolahraga rutin. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari.

Selain membakar lemak, olahraga meningkakan massa otot. Jika massa otot anda bertambah, anda akan membakar kalori lebih banyak sekaligus mengurangi tumpukan lemak pada perut.

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut yang dilakukan secara rutin dapat membuat perut bergelambir atau buncit menjadi lebih rata. Tak hanya itu, gerakan maupun jenis olahraga yang terfokus di area perut ini pun mampu memberikan manfaat lain, seperti membuat otot-otot perut lebih kencang dan tampak lebih atletis atau kekar.

Baca Juga:

2. Perhatikan asupan makanan sehari-hari

Jika ingin mengurangi perut buncit, anda harus memperhatikan porsi makan dan asupan gizi. Makanan yang anda pilih harus mengandung serat, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang seimbang. Jumlahnya mencukupi kebutuhan gizi harian.

Pastikan anda meningkatkan asupan makanan tinggi protein dan serat. Jenis makanan diet ini akan membantu anda menurunkan berat badan dengan membuat tubuh kenyang lebih lama.

Oat, oatmeal, serta buah-buahan dan sayuran seperti alpukat, apel, sawi, mangga, jambu biji, dan kol adalah beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi serat. Sementara protein, kamu dapat menemukannya pada makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Selain itu, serat juga berfungsi untuk mencegah timbunan lemak. Riset menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram serat per hari (seperti satu buah apel kecil ataupun secangkir kacang hijau) dapat mencegah timbulnya lemak visceral.

3. Tidur yang cukup

Tidur bermanfaat untuk kesehatan termasuk dalam upaya untuk mengecilkan perut anda. Ternyata ketika tidur, tubuh bekerja membakar kalori saat anda tidur. Jumlah kalori yang dibakar ternyata lebih banyak saat anda tidur nyenyak. Jadi, semakin lama anda tidur nyenyak, semakin banyak kalori yang anda bakar. Ini karena otak Anda paling aktif selama deep sleep.

Orang yang tidur cukup sebanyak 6-7 jam per hari terbukti memiliki sedikit lemak visceral daripada orang yang tidur kurang dari lima jam per hari.

4. Hindari stres

Selain tidur yang cukup, penting bagi anda untuk mengelola stres karena dapat membantu dalam mengecilkan perut buncit.

Saat ingin menghilangkan stres, cobalah untuk bersantai dengan keluarga atau teman, bermeditasi, olahraga, jalan-jalan, atau melakukan berbagai hal yang anda sukai. Hal ini membuat anda tetap bahagia dan terhindar dari stres.

5. Perbanyak konsumsi cairan

Mengonsumsi air putih, sup rendah garam, maupun jus dan smoothies rendah gula saat sarapan membuat anda menjadi kenyang lebih cepat, dan mencegah makan berlebih.

Selain itu, asupan cairan yang cukup membantu melancarkan pencernaan anda. Sebuah studi pada orang dewasa mengemukakan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan bisa bantu mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.

6. Batasi konsumsi gula 

Hindari mengkonsumsi makanan maupun minuman yang memiliki tinggi gula seperti alkohol, minuman bersoda, minuman kemasan dan lainnya. Pilihlah asupan karbohidrat kompleks untuk memberi tubuh energi yang lebih merata dibanding gula.

Makanan atau minuman manis yang mengandung gula merupakan penyebab lainnya dari perut buncit karena dapat menimbulkan penimbunan lemak di area perut. Kebiasaan tersebut akan membuat tubuh kelebihan gula dan menyimpannya sebagai lemak di dalam perut.

7. Hindari makanan cepat saji 

Makanan cepat saji umumnya mengandung banyak kalori, gula, garam, dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan penumpukan lemak. Kandungan garam di dalamnya juga membuat tubuh menahan cairan sehingga menyebabkan perut buncit.

Ubahlah kebiasaan ini dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah, dan makanan sehat lainnya.

8. Konsumsi probiotik dan juga ramuan jeruk nipis dicampur madu

Makanan dan minuman yang mengandung probiotik terbukti bermanfaat memperlancar pencernaan. Konsumsi yogurt atau susu probiotik secara rutin dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Jeruk nipis dan madu dipercaya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga ampuh mengecilkan perut buncit. Caranya dengan mencampur satu sendok teh madu dengan setengah perasan jeruk nipis yang dilarutkan ke air hangat. Minum setiap pagi.

Baca Juga:

9. Mengecilkan perut buncit dengan rajin melakukan puasa  

Puasa bisa membantu mengecilkan perut buncit, jika dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai anjuran ahli kesehatan. Tidak diragukan lagi bahwa berpuasa memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, dan salah satunya adalah mengurangi tumpukan lemak di area perut.

Namun ketika puasa, lakukan semua aktivitas seperti biasa. Puasa bukan halangan untuk tetap beraktivitas dan olahraga. Tidak perlu olahraga berat, cukup naik dan turun tangga, berjalan santai, bersepeda santai, dan sit up atau sejenisnya. Dengan demikian, pembakaran lemak di area perut bisa maksimal dilakukan.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit bagi pria. Perut buncit memang mampu memengaruhi penampilan Anda. Menjaga bentuk tubuh tetap sehat dan ideal, bukanlah sesuatu hal yang mustahil.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Like it? Share with your friends!

Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *