Yuk Simak! 5 Tips Efektif Untuk Mengatasi Mental Health

Banyak cara untuk mengatasi mental health. Coba untuk lebih mengenali diri sendiri tak hanya dengan merawat badan, namun perlu juga menjaga hati dan pikiran agar tetap sinkron.


Ilustrasi mengatasi mental health

Kamu terkadang merasa bingung dan tidak tahu arah? Merasa diri sendiri baik-baik saja tetapi ada sesuatu hal yang mengganjal di pikiran. Kamu mungkin beranggapan bahwa kamu sedang mengalami gangguan pemikiran atau merasa tertekan dengan tuntutan lingkungan. Sejak kamu bisa merasakan ada hal yang tidak baik-baik saja, maka mungkin saja hal tersebut memang terjadi.

Namun, bisa juga sebaliknya jika kamu berkonsultasi dengan beberapa pakar yang memang bisa membantu permasalahan yang terjadi kepadamu. Banyak hal yang memicu itu semua, seperti trauma, kesepian, ketakutan, dendam, atau kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan pernah terjadi di dalam sebuah kehidupan.

Berbicara tentang trauma, ketakutan ataupun kesepian pasti sangat menyayat pikiran. Orang sering berasumsi “mental health” sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Siapa saja bisa mengalaminya, tanpa kenal tempat maupun waktu. Banyak juga faktor penguat mental health yang justru membuatnya semakin terpuruk, jika tak ada dorongan dari lingkungan terdekat, keyakinan, dan keinginan untuk bangkit dari keterpurukan.

Ada beberapa tips efektif mengatasi mental health yang bisa diterapkan, setidaknya mengurangi kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi sebagai berikut.

1. Berdoa Sesuai Keyakinan

Kunci dari permasalahan pikiran dan hati setiap manusia ialah berdoa. Berdoa dengan keyakinan masing-masing untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin. Kamu bisa lebih fokus terhadap apa tujuanmu untuk berdoa, namun kuncinya bukan sekedar berharap akan tetapi meyakini niat dan makna dari harapan tersebut.

Baca Juga:

2. Melakukan Healing

Kamu bisa sedikit meluangkan waktumu untuk melakukan healing ke tempat-tempat yang membuatmu rileks dan nyaman. Hal tersebut dapat menenangkan pikiran yang sedang kacau sekaligus mendamaikan antara hati dan pikiran. Memang hal tersebut bukan sesuatu yang mudah, namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mencobanya.

Kamu memang tidak bisa menerawang masa depan, namun alangkah baiknya jika tidak selalu terbayang-bayang pada masa lalu. Lakukan healing rutin untuk menghindari konflik batin jika kamu merasa tidak dalam kondisi baik-baik saja.

3. Mendengarkan musik dengan frekuensi tertentu

Ada banyak solusi dalam setiap permasalahan, begitu juga ketika mengalami mental health. Berdiam diri tidak akan merubah keadaan menjadi lebih baik, tetapi mendamaikan diri bisa saja membuatnya lebih baik.

Kamu bisa mendengarkan beberapa frekuensi musik tertentu jika kamu merasa kurang nyaman. Seperti frekunsi musik 432 Hz yang bisa membantumu lebih tenang dan masih banyak lagi frekuensi-frekuensi lainnya. Kamu bisa menerapkan hal tersebut sesuai dengan mood yang sedang kamu alami.

4. Belajar untuk bisa memahami diri sendiri

Memahami diri sendiri itu penting sekali dalam setiap keadaan. Kamu harus bisa belajar memahami apa yang terjadi di diri kamu sendiri. Jangan kaitkan semua persoalan yang terjadi hanya mengerucut pada satu titik. Semua hal yang terjadi pasti ada sebab akibatnya, saling terkait dan memiliki makna. Kamu perlu memastikan bahwa diri kamu ada di posisi apa dan mengerti harus bertindak bagaimana dalam setiap permasalahan.

Baca Juga:

5. Kurangi menuntut pada keadaan yang tidak sesuai

Terkadang ketika amarah datang, kamu ingin meluapkan segala kekesalan dalam detik itu juga. Namun kamu perlu mengontrolnya untuk tetap di jalur yang sesuai pada tempatnya. Kurang-kurangi menuntut pada setiap keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan jika kamu tidak bisa terlalu banyak merubah keadaan tersebut. Kamu akan terlihat lebih bijaksana daripada hanya sekedar terlalu mengikuti nafsu untuk ingin terlihat sempurna.

Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa-masa yang mendatang. Jangan selalu terpaku dengan kata mental health yang seakan-akan bisa menghanyutkanmu menjadi lebih dalam.

Belajar menjadi manusia yang baik di kehidupan saat ini jauh lebih bermakna daripada hanya terpuruk dengan sebuah penilaian yang kita sendiri masih bisa merubahnya.

Baca Juga: Jauhi Crab Mentality! Dampaknya Bisa Menjebak Dirimu Sendiri

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *