Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Handphone, Lakukan 4 Langkah Mudah Ini

Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk sebagai tips mengatasi anak yang kecanduan handphone, dijamin bisa membantu


Ilustrasi anak yang kecanduan handphone (pixabay.com/ terimakasih0)

Saat ini, handphone merupakan barang yang dianggap penting bagi berbagai kalangan. Bahkan anak-anak pun juga sudah banyak yang memilikinya.

Tidak sedikit dari anak-anak yang menghabiskan waktu untuk bersama dengan handphone nya, bahkan hal ini sering membuat anak lupa atas berbagai aktivitas lain yang harus dilakukan. Memang, berbagai kemudahan bisa didapatkan melalui handphone. Saat benda tersebut berada di tangan penggunanya, maka akan terasa dunia sudah ada di dalam genggaman.

Melalui gadget, siapa pun bisa mengakses segala yang diinginkan dengan sangat mudah. Tidak hanya orang tua, anak-anak pun juga selalu membawa handphone ke mana pun mereka pergi.

Hal ini tidak jarang membuat anak-anak menjadi kecanduan handphone. Tidak sedikit dari mereka yang lupa waktu saat bermain handphone. Dan bahkan, anak-anak akan merasa sangat marah jika gawai tersebut diambil dan disimpan untuk sementara waktu.

Meski memiliki berbagai kelebihan dan kemudahan teknologi yang ditawarkan saat ini dengan ponsel pintar tersebut, akan tetapi penggunaan dalam jangka panjang terlebih untuk anak-anak menjadi hal yang sangat tidak disarankan.

Banyak kejadian-kejadian yang tidak diinginkan saat anak dibiarkan menggunakan ponselnya dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Maka dari itu, sebagai orang tua, akan sangat baik jika mampu menjadi pribadi yang bijak dalam memberikan ponsel pintar ini kepada anak agar anak tidak kecanduan handphone.

Agar tidak menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan, maka kebiasaan anak berlama-lama dengan gawainya ini  harus diatasi, sehingga anak tidak kecanduan handphone dan bisa menggunakan gadget sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut beberapa cara dan tips mengatasi anak yang kecanduan handphone.

1. Batasi Penggunaan Handphone 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget adalah dengan anak dalam penggunaan handphone.

Tentukan waktu-waktu di mana anak bisa bermain handphone dan jangan biarkan anak memegang gadget di luar waktu yang telah ditentukan tersebut.

Baca Juga:

2. Lakukan Aktivitas Bersama Anak 

Mengajak anak untuk melakukan aktivitas bersama menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian anak sehingga anak bisa lupa dengan handphone nya.

Orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan olahraga bersama, memasak bersama, membersihkan rumah bersama, atau pun melakukan berbagai kegiatan lainnya yang dianggap menyenangkan untuk anak.

3. Memberikan Contoh 

Jika benar-benar ingin setiap buah hatinya terlepas dari kecanduan handphone, maka sebagai orang tua sebaiknya juga memberikan contoh yang tepat kepada sang anak.

Setiap orang tua harus menggunakan handphone secara bijak dan juga harus berani meninggalkannya jika memang tidak mendesak.

Jangan sampai orang tua melarang anaknya untuk bermain handphone dan membatasi penggunaannya, akan tetapi orang tuanya sendiri malah tidak pernah lepas dari handphone.

Baca Juga:

4. Mengawasi Penggunaan Handphone

Pada dasarnya tidak semua penggunaan handphone berdampak negatif, bahkan  jika digunakan secara tepat dan dengan sangat bijak, maka handphone bisa memberikan dampak positif kepada penggunanya.

Sebagai orang tua, mengawasi penggunaan handphone pada anak ini sangatlah penting. Sebaiknya selalu awasi dan arahkan anak untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan handphone sebagai sarana untuk belajar dan juga menambah pengetahuan.

Bukan hanya untuk bermain dan bersenang-senang saja, melainkan juga untuk belajar. Dengan demikian, maka anak akan mulai mengerti tentang kebutuhannya terhadap handphone dan mulai bisa mendapatkan manfaat dari handphone yang digunakan.

Nah, demikian itu beberapa cara dan tips mengatasi anak yang kecanduan handphone. yang mana hal tersebut pastinya akan membahayakan anak baik dari segi kesehatan fisik dan psikologinya jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Belajar Parenting! Ini 7 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. I think the admin of this web site is actually working hard in support of
    his web page, for the reason that here every material
    is quality based material.