8 Rekomendasi Olahraga Ekstrem yang Banyak Digemari, Berani Coba?

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Tetapi olahraga ekstrem juga dapat menantang adrenalin.


Olahraga ekstrem

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Tetapi beda halnya jika olahraga tersebut dilakukan pada ketinggian tertentu, pada kedalaman laut yang tak tentu, olahraga akan menjadi pemacu adrenalin dan meningkatkan skill keberanian yang cukup.

Beberapa olahraga ekstrem juga sudah banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, di dunia ini juga begitu banyak cabang olahraga dari yang biasa sampai ke tingkat paling ekstrem. Ternyata olahraga yang ekstrem dan menantang di Indonesia juga sudah banyak penggemarnya.

Akhir-akhir ini, pencinta olahraga ekstrem semakin meningkat. Meskipun banyaknya risiko tetapi mereka pencinta olahraga ekstrem akan nekat belajar, mempersiapkan diri dengan matang untuk melakukan olahraga tersebut.

Selain untuk menyehatkan badan olahraga yang ekstrem juga dapat sambil menikmati keindahan alam yang disuguhkan entah dari atas gunung, di udara, ataupun di laut.

Meskipun begitu, mereka yang mencintai olahraga ekstrem rela mengeluarkan banyak demi dapat melakukannya. Karena mulai dari persiapan fisik, mental, dan peralatan yang aman juga begitu diperlukan. Nah berikut daftar olahraga ekstrem yang dapat menantang adrenalin :

1. Panjat Tebing

Olahraga ekstrem yang pertama adalah panjat tebing, olahraga ini membutuhkan persiapan yang harus benar-benar matang. Namun biasanya untuk seorang profesional hanya berbekal pengaman tubuh dan tali serta bekal makanan mereka sudah dapat menaklukkan tingginya sebuah tebing curam.

Olahraga satu ini juga membutuhkan ketelitian dalam menginjakkan kaki dan meletakkan posisi tangan, karena besar risikonya jika sampai salah ambil langkah. Olahraga panjat tebing juga tidak disarankan bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung ataupun asma dan juga fobia ketinggian.

Lelahnya dalam melakukan olahraga ini tentu akan dibayar tunai dengan pemandangan-pemandangan indah yang disuguhkan dari atas tebing tersebut.

Baca Juga:

2. Terjun Payung

Lagi-lagi bertemu dengan ketinggian, olahraga terjun payung biasanya dilakukan dengan cara lepas landas dari sebuah pesawat kecil ataupun helikopter dengan berbekal parasut yang akan mengembang saat terjun.

Terjun payung juga hanya dilakukan oleh seseorang yang sudah profesional dan memiliki tingkat keberanian yang lebih. Karena tidak hanya terjun dari ketinggian yang rendah, terjun payung justru akan dilakukan pada ketinggian tertentu dan akan mendarat pada titik yang sudah direncanakan.

3. Arung Jeram

Banyaknya sungai-sungai besar di Indonesia, arung jeram juga menjadi salah satu olahraga yang banyak penggemarnya. Mulai dari anak remaja hingga orang dewasa loh, selain itu arung jeram juga dapat menghilangkan sejenak beban pikiran karena biasanya di tepi-tepi sungai akan disuguhkan pemandangan yang indah, hijaunya tumbuh-tumbuhan yang menambah kesejukan dan keasrian.

Arung jeram dilakukan di atas air dengan debit yang cukup deras, olahraga satu ini juga membutuhkan peralatan keselamatan seperti helm khusus untuk melindungi kepala dan jaket pelampung yang jika perahu karetnya terjadi sesuatu tidak akan membuat penumpangnya tenggelam.

4. Menyelam

Yang ke empat ada olahraga menyelam, olahraga satu ini membutuhkan skill atau kemampuan berenang dan tak sembarang orang dapat melakukannya. Selain kemampuan dalam berenang, para penyelam handal juga membutuhkan keberanian dalam melakukannya, karena di dalam air mereka tidak tahu akan berhadapan dengan penghuni air yang seperti apa.

Di zaman sekarang sudah banyak sekali penyelam handal, karena ada daya tarik tersendiri jika sudah melihat keindahan alam bawah laut yang dapat memanjakan mata. Dari situ penyelam juga dapat berfoto dan menikmati indahnya tumbuhan-tumbuhan di bawah laut, ikan-ikan yang berenang, dan makhluk hidup yang lainnya. Menyelam pun biasanya dilakukan pada air dengan arus yang tenang dan tidak berombak.

5.  Mendaki Gunung

Nah olahraga yang satu ini nih banyak banget penggemarnya mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua loh. Karena Indonesia terdiri dari banyak gunung yang tinggi  maka ada orang yang berkeinginan mendaki seluruh gunung di Indonesia.

Mendaki gunung pun perlu persiapan yang matang, seperti persiapan fisik dan psikis. Selain itu dalam mendaki gunung pun  sebagai seorang pendaki juga harus menyiapkan perbekalan makanan yang cukup, pakaian yang mendukung dan dapat melindungi diri, serta obat-obatan yang digunakan untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu.

Dalam mendaki gunung pun banyak pantangannya, salah satunya adalah menjaga sikap karena sebagai seorang tamu sudah seharusnya untuk mengedepankan sopan santun.

6. Selancar

Selancar merupakan salah satu olahraga yang juga menantang adrenalin, karena dilakukan di atas ombak yang tinggi hanya dengan satu papan sebagai penyangga tempat kaki berpijak. Selancar juga memerlukan latihan khusus dan hanya dilakukan oleh orang yang sudah profesional saja.

Menjadi peselancar juga membutuhkan keberanian yang cukup, karena  mereka akan disuguhkan tingginya ombak dan juga harus bisa menjaga keseimbangan.

7. Paralayang

Yang selanjutnya ada paralayang siapa sih yang nggak kenal dengan olahraga satu ini? Olahraga ekstrem yang hampir mirip dengan terjun payung, namun bedanya paralayang terjun bukan dengan menggunakan parasut melainkan dengan sayap kain.

Di Indonesia sendiri olahraga paralayang juga sudah banyak penggemarnya loh, dan di beberapa tempat juga sudah ada fasilitas paralayang.

Paralayang juga membutuhkan keberanian khusus dan kesiapan mental yang lebih.

Baca Juga:

8. Sepeda Gunung 

Sepeda gunung di Indonesia ataupun di luar negeri sudah ramai peminatnya, olahraga sepeda gunung biasanya dilakukan di medan yang ekstrem dan terjal. Selain keberanian dan ketelitian dalam menginjakkan ban pada setiap jalur, olahraga sepeda gunung juga dilakukan oleh mereka yang sudah profesional.

Meskipun terbilang ekstrem, olahraga sepeda gunung juga dapat mencuci mata dengan melihat pemandangan-pemandangan yang indah. Tapi olahraga satu ini juga harus mengenakan perlengkapan yang aman mulai dari pakaian hingga pelindung kepala.

Nah itu dia rekomendasi olahraga ekstrem dan banyak penggemarnya hingga ke seluruh penjuru dunia. Tetapi meskipun olahraga ekstrem, olahraga tersebut juga dapat digunakan untuk refreshing loh, gimana berani coba?

Baca Juga: Wajah Sepakbola Indonesia Andaikan Perserikatan dan Galatama Masih Ada

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *