Tidak Populer di Indonesia, Ini 5 Olahraga Tim yang Memerlukan Kekompakan

Olahraga tim yang memerlukan kekompakan ini, tidak kalah seru dan juga menantang.


Baseball, salah satu olahraga tim yang memerlukan kekompakan

Di Indonesia dengan negara kepulauan yang beriklim tropis tentu sangat mendukung untuk dapat berolahraga setiap hari tanpa mengenal musim. Banyak negara dengan 4 musim yang kesulitan mengatur jadwal untuk berolahraga sesuai dengan kondisi alam yang sekarang sulit diprediksi.

Untuk kita yang tinggal di kawasan garis khatulistiwa tidak perlu khawatir berolahraga karena tidak ada perubahan musim yang ekstrim. Olahraga beregu di Indonesia sangat banyak peminatnya, terlebih pada permainan sepak bola, bola basket, bola voli, dan masih banyak lagi.

Olahraga yang membutuhkan tim lebih dari 1 orang tentu saja memerlukan fasilitas dan area yang memadai. Ada beberapa rekomendasi olahraga yang membutuhkan tim namun masih jarang diminati di Indonesia yang tak kalah seru dan menantang.

Perbedaannya hanya ada cara bermain, teknik dan peraturan dalam melakukan olahraga ini. Untuk jumlah tim yang harus bermain hingga areanya juga hampir sama pada olahraga tim pada umumnya.

Yuk simak beberapa olahraga tim yang memerlukan kekompakan berikut ini yang bisa kamu coba.

1.Kriket

Ilustrasi olahraga kriket (pixabay.com/shents)

Olahraga tim yang memerlukan kekompakan pertama adalah kriket. Olahraga yang bernama kriket ini di Indonesia masih belum setenar permainan bola kasti. Permainan kriket hampir serupa dengan bola kasti, hanya saja ada perbedaan dalam tekniknya. Permainan bola kasti mengharuskan pemukul bola untuk berkeliling lapangan setelah berhasil memukul bola.

Sedangkan kriket hanya perlu berlari secara bolak-balik ke dalam lapangan apabila bola terpukul. Jumlah pemain kriket berbanding 11:12 dengan permaian bola kasti untuk masing-masing tim.

Baca Juga:

2. Permainan Rugby

Ilustrasi permainan rubgy (pixabay.com/WikiImages)

Permainan rubgy dmasih tergolong jarang diminati di Indonesia. Kebanyakan orang masih lebih menyukai permainan sepak bola dibanding permainan rubgy ini. Ada keunikan di dalam permainan rubgy jika disandingkan dengan sepak bola untuk mencetak poin.

Pemain rubgy boleh menggunakan kaki maupun tangan untuk mendapatkan gol. Bola yang digunakan dalam permainan rubgy ini juga memiliki bentuk lonjong yang berbeda dengan bola pada umumnya yang digunakan di setiap olahraga.

3. Polo Air

Ilustrasi olahraga polo air (pixabay.com/MatteoBaronti)

Rekomendasi olahraga beregu yang ketiga adalah polo air. Polo air merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan teknik yang lebih kompleks dengan mengkombinasikan teknik renang, sepak bola, gulat dan basket untuk memainkan permainan ini. Kamu harus menguasai teknik renang yang bagus sebelum bermain polo air karena teknik yang paling mendasar dalam permainan ini.

4.Permainan Hoki Lapangan

Ilustrasi permainan hoki lapangan (pixabay.com/KeithJJ)

Permainan hoki ada 3 jenis di antaranya seperti hoki ruangan (indoor hockey), hoki es (ice hockey) dan hoki lapangan (field hoeckey). Permainan hoki membutuhkan tim, bola dan alat pemukul yang hampir sama dengan beberapa olahraga lainnya.

Hoki lapangan sendiri dimainkan di area terbuka dengan lapangan hijau yang serupa dengan lapangan sepak bola. Teknik permainan hoki baik lapangan, es maupun di dalam ruangan sama, yang membedakan hanya area dan alat pendukungnya saja.

Baca Juga:

5. Bola Bisbol

Ilustrasi olahraga bisbol (pixabay.com/KeithJJ)

Olahraga bisbol atau “Baseball” sudah dimainkan sejak abad ke-18 namun namanya di Indonesia kalah tenar dengan sepak bola. Permainan bola bisbol membutuhkan tim untuk menjaga pertahanan dan tim untuk memukul bola. Teknik pelemparan bola dalam bola bisbol berbeda dengan permainan rounders meskipun keduanya memiliki persamaan. Bola bisbol dilempar melambung ke atas, sedangkan permainan rounders dilempar datar atau ke bawah.

Olahraga dengan membutuhkan kekompakan tim seperti rekomendasi di atas juga perlu dikembangkan di Indonesia. Siapa tahu suatu hari nanti bisa ikut berpartisipasi di liga-liga internasional dan mengharumkan nama ibu pertiwi.

Demikian beberapa olahraga tim yang memerlukan kekompakan, dan bisa dijadikan referensi untuk dimainkan bersama dengan kawan-kawan. Sukses Selalu.

Baca Juga: Wajah Sepakbola Indonesia Andaikan Perserikatan dan Galatama Masih Ada

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *