5 Fakta Menarik Tentang Sepak Bola Eropa

Sepakbola bukan sekaadar tontonan belaka. Banyak hal yang dapat kita jadikan inspirasi. Banyak fakta menarik tentang sepak bola Eropa yang football lovers harus tahu.


Fakta Menarik Sepak Bola Eropa

Tidak dapat dipungkiri, bahwa sepak bola telah menjadi olahraga yang universal. Tua, muda, laki-laki, perempuan, semua menyukainya. Sepak bola merupakan olahraga yang menjadi pemisah antar sekat yang ada pada seluruh manusia. Dengan sepak bola, seseorang dapat melihat miniatur dari dunia, terlebih sepak bola di tanah Eropa. Banyak fakta menarik tentang sepak bola Eropa.

Eropa menjadi kiblatnya sepak bola di era modern. Berbeda halnya dengan Amerika Latin, berbagai liga di Benua Biru menampilkan aksi-aksi spektakuler para pemain dunia.

Di sini, saya akan mengulas fakta-fakta menarik tentang sepak bola Eropa. Fakta-fakta tersebut saya kumpulkan berdasarkan perspektif saya pribadi.

1. Real Madrid adalah Klub Terbaik Sepanjang Masa

Real Madrid (Realmadrid.com)

Fakta menarik tentang sepak bola Eropa yang pertama yaitu Real Madrid adalah klub terbaik sepanjang masa. Berbagai prestasi sudah ditorehkan oleh Los Blancos sepanjang masa, utamanya masa sepak bola modern. Real Madrid telah mengoleksi 14 gelar Liga Champion (sejak 1956) dan 35 gelar Laliga. Berbagai pemain bintang dan pelatih ahli sering keluar masuk dalam klub ini. Tak heran klub ini menjadi tempat berlabuhnya para pemain nomor wahid di dunia sepak bola.

Tak hanya itu, setiap manajer yang menakhodai Real Madrid harus siap dengan target utama klub, yaitu mengoleksi gelar juara. Gelar juara yang dimaksud adalah juara dari semua kompetisi, apapun itu, baik di kancah internal Spanyol maupun Eropa. Rasanya, sulit untuk mengungguli kedigdayaan dari Los Blancos dalam hal prestasi. Hanya klub-klub raksasa Eropa yang berani melawan keperkasaan Real Madrid.

Berbagai pemain telah mewarnai perjalanan Real Madrid. Yang paling dikenal publik ya tentu saja Cristiano Ronaldo. Ia telah menjadi ikon dari klub ini selama hampir 10 tahun. Pemain lain yang mewarnai klub ini antara lain Gareth Bale, Karim Benzema, Toni Kross, Luka Modric, dan lain sebagainya.

Yang paling legendaris yaitu Zinedine Zidane, yang berkarir di klub ini sejak menjadi pemain hingga menjadi manajer. Ada juga yang dikenal publik sebagai pemain paling kontroversial, siapa lagi kalau bukan Luiz Figo.

Baca Juga:

2. Manchester United adalah klub terbesar dalam segala aspek

Manchester United telah menjelma menjadi klub terbesar di dunia dalam berbagai aspek, baik historis, suporter loyal, prestasi, dan lain sebagainya. The Red Devils bahkan pernah membuat mitos yang dikenal oleh semua pecinta sepak bola di dunia.

Mitos tersebut berbunyi, “Jika ingin menjuarai suatu kompetisi, jangan biarkan Manchester United bermain dalam kompetisi itu.” Mitos tersebut sangatlah manjur dan sangat ditakuti oleh semua klub di dataran Eropa, saat Manchester United mengalami masa jayanya.

Kala itu, Manchester United bersama manajernya, Sir Alex Ferguson telah menjelma menjadi raksasa Eropa. Tak mudah perjuangan Fergie untuk membawa Manchester United dari klub ampas menjadi klub raksasa. Bahkan, ikon Real Madrid, Cristiano Ronaldo merupakan hasil didikan Fergie saat masih menjadi manajer Manchester United.

Namun kini, masa kejayaan Manchester United telah berlalu. Klub yang dulunya menjadi raksasa Eropa selama hampir tiga dekade tersebut kini tidak lagi terlihat taringnya. Berbagai manajer baru silih berganti, tetapi belum bisa mengembalikan Manchester United menjadi penguasa tanah Eropa. Slogan Manchester is Red’s pun kini mulai memudar seiring dengan berkembangnya rival sekotanya, Manchester City dengan gelontoran modal bosnya dari tanah Arab.

Apakah hal tersebut membuat suporter Mannchester United berpaling. Tidak, sekali lagi tidak. Manchester United masih dicintai oleh jutaan penggemarnya dari seluruh penjuru dunia. Walaupun kini prestasinya sedikit merosot, tak mengurangi kecintaan para penggemarnya. Dan inilah yang mungkin tidak bisa disaingi oleh klub lain di dunia. Cepatlah kembali bangkit, wahai Setan Merah!

3. Barcelona adalah Simbol Seni dalam Sepakbola

Klub Barcelona (goal.com)

Kita kembali ke sepakbola di negeri Matador. Jika di atas saya mengatakan bahwa Real Madrid adalah klub terbaik, tetapi klub ini punya rival abadi yang berasal dari negaranya sendiri. Siapa lagi jika bukan FC Barcelona. Klub sepakbola asal Catalan ini memang menjadi musuh abadi bagi Real Madrid. Faktor sejarah dan juga suporter menjadikan mereka hingga kini masih bersaing untuk menjadi yang terbaik. Pertandingan antar kedua klub ini disebut sebagai derbi El Clasico.

Permainan cantik nan penuh taktik selalu diperlihatkan Barcelona di setiap permainannya. Salah satu taktik yang sangat melekat pada Barcelona adalah Tiki-Taka. Taktik yang sangat cantik Barcelona ini terkenal saat era manajer Pep Guardiola. Tak hanya itu, taktik False Nine juga menjadi andalan Barcelona saat bertanding. Masih ingat kedua taktik itu kan?

Permainan sepakbola yang disertai dengan taktik yang fantastik membuat setiap pertandingan Barcelona dinikmati oleh pecinta sepakbola. Dari Barcelona kita dapat melihat, bahwa sepakbola tidak hanya soal mencetak gol dan adu kekuatan fisik, tetapi juga permainan menghibur yang sangat ciamik. Sepak bola bukanlah semata-mata olahraga, tetapi juga mengandung nilai seni dan estetika.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *