8 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Dilakukan Mahasiswa

Lumayan buat tambahan uang jajan


0

Mahasiswa tentu memiliki kewajiban utama yaitu belajar. Padatnya aktivitas di kampus sering kali menjadikan mahasiswa tidak sempat untuk melakukan aktivitas lainnya yang dapat bermanfaat bagi mereka.

Kebutuhan di bangku perkuliahan yang semakin banyak tentu menjadikan kamu harus memikirkan alternatif untuk mendapatkan pemasukan lebih. Ini bertujuan supaya kamu bisa membeli segala kebutuhan perkuliahan yang diinginkan dan tidak harus minta ke orang tua.

Namun tidak sedikit yang merasa bingung terkait pekerjaan apa yang cocok dilakukan dan tentunya tanpa menggangu aktivitas akademik. Berikut beberapa saran pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan dan tentunya tidak menggangu kuliahmu.

1. Membuka Jasa Desain

Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang desain tidak ada salahnya untuk menawarkan jasamu. Pasaran dari pekerjaan ini sangat banyak, baik untuk kebutuhan pribadi ataupun perusahaan. Biasanya mereka membutuhkan jasa seorang desainer untuk membuat produk yang mereka jual lebih laris.

Membuka jasa desain tentunya sangat mudah dan tidak memperlukan modal yang besar, pasalnya kamu hanya membutuhkan laptop, koneksi internet, serta aplikasi-aplikasi penunjang aktivitas desain. Keuntungannya pun sangat menjanjikan apalagi jika jasa yang kamu tawarkan menawarkan kerjasama.

2. Penulis Lepas

Bagi kamu yang memiliki hobi menulis tidak ada salahnya untuk menuangkannya ke dalam suatu hobi yang bisa menghasilkan uang. Salah satu pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menjadi seorang penulis lepas.

Ya, kamu bisa membuat berbagai konten tulisan seperti artikel, novel, ataupun cerpen. Kemudian kamu bisa pasarkan karya yang telah kamu buat kepada orang- orang yang membutuhkan. Biasanya target utama yang bisa kamu capai dengan mudah yaitu perusahaan, dimana kamu bisa membuat konten yang dapat mempromosikan produk mereka, dan tentunya perusahaan  siap membayar mahal.

3. Jualan Pulsa/ E-wallet

Bagi kamu mahasiswa yang hobi berjualan di area kampus tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini. Kamu bisa dengan mudah berjualan dengan target teman-teman di lingkungan kampus. Tidak dipungkiri bahwa pulsa/ kuota menjadi salah satu komponen yang paling dicari saat ini.

Untuk masalah modal kamu tidak perlu khawatir karena bisnis sampingan ini dapat kamu lakukan dengan modal hanya 100 ribu saja. Tentu keuntungannya bisa terus naik apabila kamu lakukan secara konsisten.

4. Jualan Online

Tidak dipungkiri bahwa jualan online menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak diminati mahasiswa saat ini. Kamu dapat memulai bisnis ini dengan mudah karena hanya bermodalkan aplikasi jualan online yang dapat diunduh dengan mudah di gadget kamu.

Banyak jenis barang yang bisa kamu jual tentunya baik itu produk fisik ataupun non fisik. Modal yang harus dikeluarkan pun tidak terlalu besar dan tugas utama kamu hanya mempromosikan apa yang kamu jual dan memprosesnya jika ada yang pesan.

Selain tidak menggangu aktivitas perkuliahan kamu, pekerjaan sampingan ini juga tentunya bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar apabila dilakukan secara rutin. Kamu bahkan bisa menghasilkan hingga jutaan rupiah jika produk yang kamu pasarkan diminati banyak customer.

5. Fotografer

Jika kamu adalah tipikal orang yang senang dengan suasana alam, tidak ada salahnya untuk mencoba aktivitas yang satu ini. Ya, kamu bisa memotret apa yang kamu anggap menarik dan hasil potretan tersebut nantinya bisa kamu pasarkan.

Jika kamu rutin melakukan pekerjaan ini, bukan tidak mungkin jasamu akan dipakai oleh teman atau orang yang betul- betul membutuhkan jasa seorang fotographer. Penghasilannya pun sangat lumayan dan tentu bisa memenuhi kebutuhan kuliah kamu.

Modal utama yang kamu perlukan pun tidak terlalu banyak, karena kamu hanya membutuhkan kamera dan juga laptop untuk aktivitas editingnya.

6. Privat Online

Jika kamu memiliki basic mengajar, tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan menjadi seorang tutor online. Banyak mahasiswa melakukan pekerjaan ini karena selain melatih diri, juga bisa menghasilkan uang tambahan.

Apalagi jika dalam masa ujian sekolah, maka jasa ini akan banyak dicari oleh orang tua yang menginginkan anaknya dapat materi tambahan di luar sekolah. Sistem bayaran dari pekerjaan ini ada dua yaitu ada yang dibayar setiap minggu dan setiap bulan.

7. Membuka Jasa Ketik

Berbeda dengan penulis lepas, jasa ketik biasanya dibutuhkan oleh mereka yang tidak memiliki waktu cukup untuk mengetik sebuah tugas. Ya, dalam artian mereka telah menyiapkan bahan apa saja yang harus diketik, kamu tinggal mengetik saja apa yang telah disuruhkan sebelumnya.

Bisa dikatakan pekerjaan ini sangat mudah karena kamu hanya membutuhkan laptop. Aktivitas ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang sekalian ingin melatih kemampuan mengetik kamu.

Bayaran dari jasa ketik ini tentu disesuaikan dengan penyedia jasa dan juga pembeli. Maksudnya yaitu bisa dinegosiasikan antara keduanya hingga sepakat pada harga yang telah ditentukan.

8. Membuka Bisnis Cetak/Print

Jika kamu memiliki printer di kosan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan printer tersebut. Apalagi sekarang banyak tugas perkuliahan yang harus di print, tentu bisnis ini sangatlah menjanjikan. Modal utama yang diperlukan tentu saja kertas HVS, printer, dan juga tintanya.

Sistem kerja dari usaha ini sangatlah mudah, dimana mereka hanya mengirimkan file yang harus di print ke email kamu untuk selanjutnya kamu print. Setelah itu kamu bisa menghubungi mereka jika filenya sudah selesai diprint.

Jika bisnis ini kamu tekuni, tentu penghasilan yang bisa kamu dapatkan akan semakin banyak juga. Apalagi sekarang hampir kebanyakan tugas yang dikerjakan harus berbentuk dokumen.

Itulah tadi penjelasan mengenai 8 jenis pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dan tentunya tanpa menggangu aktivitas kuliah. Bagi kamu yang ingin mendapatkan uang jajan lebih tentu pekerjaan- pekerjaan ini sangat cocok dilakukan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Novice

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *