5 Manfaat Menulis yang Kamu Harus Tahu

Salah satu manfaat menulis adalah bisa menghasilkan uang


Ilustrasi menulis (pixabay.com/StockSnap)

Menulis merupakan kegiatan yang sangat baik. Banyak manfaat yang akan kita dapat dari menulis. Meski begitu, banyak orang yang malas melakukan aktifitas menulis. Hal ini dikarenakan menulis memaksa kita untuk berpikir. Padahal, semakin rutin kita menulis, semakin banyak manfaat yang bisa kita ambil.

Nah, berikut beberapa manfaat dari kegiatan menulis!

1. Mengisi waktu luang dan meredakan stres

Sejak pandemi covid-19 memaksa banyak orang untuk tetap di rumah dan menjaga jarak. Namun, meski di rumah aja kita harus tetap produktif. Jika kamu bosan dengan rutinitas seperti menonton TV, bosan setelah menjelajah dunia maya atau bahkan mau keluar rumah tapi tidak tahu mau kemana, menulis bisa menjadi solusinya.

Menulis bisa menjadi rutinitas baru atau bahkan rutinitas lama yang dihidupkan kembali. Waktu luang selama di rumah saja bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai tulisan dengan ciri khas kamu sendiri.

Dari kegiatan menulis kamu bisa meluapkan emosi  kamu sekaligus memperbaiki mood. Hal tersebit sangat berguna bagi kamu yang sedang mengalami masalah besar. Dengan menulis kamu bisa meredakan stres, karena luapan emosi sudah sebagian tersalurkan di tulisan kamu.

Baca Juga: 8 Tips Menjadi Penulis Artikel yang Sukses

2. Menghasilkan uang

Siapa bilang menulis hanya membuang-buang waktu saja. Banyak kok yang kita bisa dapat dari menulis. Salah satunya adalah uang.

Berbagai macam tulisan bisa kamu buat untuk menghasilkan uang. Tidak sedikit orang yang mencari nafkah dari kegiatan menulis, kemudian dia bisa menjual karya-karyanya. Sehingga bukan hanya uang saja yang didapat, popularitas pun semakin naik.

Untuk bisa menghasilkan uang kamu bisa mengikuti lomba menulis, menjadi ghost writer, ataupun sebagai content writer di media cetak atau media online.

3. Memperkuat daya ingat

Ketika akan menulis, kamu dipaksa untuk mencari referensi mengenai tulisan yang akan kamu buat. Disaat menulis, otak akan berkerja mencari ide, membuat kerangka, dan meyelesaikan tulisan.

Dengan kamu terbiasa menulis,  otak menjadi terlatih untuk membuat karya tulisan yang baik dan menarik.

4. Melatih kemampuan berkomunikasi yang unik

Setiap orang memiliki ciri khas tersendiri dalam tulisan mereka. Dengan gaya masing-masing penulis, menjadi ikon tersendiri bagi penulis tersebut. Tidak ada penulis yang mempunyai karakter yang sama dalam menulis.

Dengan menulis, kita bisa melatih kemampuan untuk mengomunikasikan apa yang ada di pikiran dan perasaan kita. Kita dapat menggunakan bahasa gaul, bahasa yang mudah dicerna banyak orang, atau bahkan dibutuhkan pengetahuan untuk memaknai tulisan tersebut. Oleh karena itu, menulis adalah cara berkomunikasi yang unik dan spesial.

5. Tempat menumpahkan ide dan opini

Sebagai manusia, kita tentu memiliki ide yang tiba-tiba terlintas, opini atas suatu kejadian, pemikiran atas sebuah isu, atau perasaan mengenai peristiwa belakangan ini. Terkadang, kita tidak memiliki media untuk meluapkan hal tersebut. Kita bisa saja langsung melupakannya atau bahkan menjadi beban pikiran hingga berhari-hari.

Ketika kita tidak memiliki orang lain untuk berbagi tentang hal tersebut, pena, smartphone atau laptop mungkin bisa menjadi teman berbagi. Mereka akan selalu setia saat dibutuhkan dan tidak akan pernah menolak untuk mendengarkan. Mereka juga tidak akan mengkritik dan menjatuhkan tulisan kita.

Dengan demikian, pikiran, ide, perasaan, ataupun opini kita dapat tersampaikan dengan baik. Jika kita membutuhkan hal tersebut suatu saat nanti, kita cukup membuka kembali lembaran tersebut.

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapat dari menulis. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Tempat di Mana Kamu Bisa Mendapat Ide Menulis


Like it? Share with your friends!

Life is Beautiful

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *