7 Tips Mengerjakan Skripsi Dengan Maksimal

Pelajari tips mengerjakan skripsi ini dan tetap fokus, jangan sampai skripsi kamu terhenti di tengah jalan


Halo teman-teman!. Menjadi mahasiswa akhir ini pasti kalian wajib mengerjakan skripsi untuk memenuhi persyaratan lulus di perguruan tinggi. Namun terkadang ada kendala dalam mengerjakan skripsi seperti, rasa jenuh, stres dengan omongan orang tua dan orang-orang terdekat kalian yang menekankan cepat-cepat kelar skripsi, masalah keuangan, dan tidak dapat inspirasi untuk menulis skripsi sehingga kalian stres dan putus asa dalam mengerjakan skripsi.

Nah, saya punya tips mengerjakan skripsi untuk mengatasi rasa jenuh dan stres mengerjakan skripsi. Ini ada tujuh tips mengerjakan skripsi dari pengalaman saya yang dulunya pernah mengerjakan skripsi!

1. Cari jurnal dan buku referensi yang sesuai dengan tema skripsi

Sebelum mengerjakan skripsi, kalian mencari jurnal di internet yang sesuai dengan tema skripsi. Contohnya, tema saya skripsi dulu adalah six sigma. Oleh sebab itu, saya mengerjakan skripsi dengan jurnal dan buku referensi temanya six sigma. Jurnal dan buku referensi tersebut ditambahkan sebagai referensi-referensi untuk menulis skripsi.

Lebih baik kalian menulis skripsi dengan menggunakan parafrasa yang artinya menulis ulang dengan bahasa kalian sendiri agar terhindar dari plagiarisme.

2. Baca skripsi dari kakak-kakak terdahulu dan internet sesuai dengan tema skripsi

Kalian juga bisa membaca skripsi dari kakak-kakak terdahulu atau alumni di perpustakaan untuk melihat cara penulisan skripsi dengan benar. Kalian juga bisa mencari skripsi punya orang lain di internet, tapi sesuai dengan tema skripsi kalian. Dengan membaca skripsi tersebut, kalian tahu bagaimana penulisan skripsi yang baik.

3. Mendengarkan lagu favorit

Untuk mengatasi rasa jenuh dan suntuk mengerjakan skripsi, kalian bisa mendengarkan lagu favorit kalian agar suasana hatinya menjadi lebih baik. Mendengarkan musik bisa mengurangi stres pada saat kalian mengerjakan skripsi.

Baca Juga: 5 Tempat Dimana Kamu Bisa Mendapat Ide Menulis

4. Cari tempat yang nyaman

Terkadang mengerjakan skripsi di rumah gampang bosan karena terganggu dengan suara anak kecil menangis, tukang bangunan, dan tetangga ribut sehingga sulit fokus mengerjakan skripsi. Kalian bisa mengerjakan di perpustakaan kampus yang lebih tenang atau juga bisa pergi ke kafe agar lebih fokus.

5. Fokus dengan dirimu

Orang-orang terdekatmu terkadang kurang mengerti perasaanmu selama mengerjakan skripsi dengan pertanyaan:

“Kapan kamu lulus?”

“Cepatin kelar skripsi mu, nak. Biar cepat – cepat lulus dan dapat kerja!”

“Yaelah, kerjain skripsi mudah. Tinggal nulis saja terus selesai!”

Dari kata-kata ini bisa membuat hatimu sakit dan telinga panas mendengarnya. Kalian fokus untuk mengerjakan skripsi dan abaikan omongan mereka. Mereka tidak tahu cara proses kalian mengerjakan skripsi yang sangat panjang.

6. Mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih

Memang mengerjakan skripsi butuh asupan makanan sehat agar terhindar dari sakit. Kalian makan tiga kali sehari dengan memakan sayuran, buah-buahan, dan lauk pauk yang sehat. Selain itu, kalian mesti mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup.

Hindari makanan cepat saji dan minuman soda, kopi, boba, dan lain sebagainya, karena bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat.

7. Istirahat dengan cukup

Apabila kalian merasa lelah mengerjakan skripsi dan jenuh mengerjakan skripsi, lebih baik kalian istirahat dulu agar otak lebih segar kembali. Jangan memaksa diri kalian mengerjakan skripsi dengan kondisi lelah, kalau kalian memaksa nantinya kalian malah jatuh sakit. Jangan bergadang saat mengerjakan skripsi karena berpengaruh dengan kesehatan.

Kalau kalian merasa mentalnya lelah, kalian bisa konsultasi dengan psikologi atau psikiater lewat online maupun offline.

Sekian dari tujuh tips mengerjakan skripsi yang saya jelaskan. Saya punya pesan dari kalian. Kalau kalian merasa lelah saat mengerjakan skripsi, istirahatlah dan jangan dipaksa. Fokus mengerjakan skripsi dan abaikan dengan omongan orang-orang yang akan menyakitimu. Mereka tidak tahu perjuangan kamu saat skripsi dan yang mengerti hanyalah dirimu!

Baca Juga: 5 Langkah Mulai Menulis, Hasilnya Keren dan Eksklusif!

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *