4 Peluang Usaha dari Aplikasi Canva, Cocok Untuk Freelance!

Orang yang tidak belajar tentang desain grafis, dengan mudah bisa membuat desain, dan bisa menjadi peluang usaha dari aplikasi canva


Aplikasi canva

Aplikasi canva sepertinya sudah tidak asing lagi bagi sebagaian orang. Merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis, power point, konten dan banyak lagi.

Canggihnya teknologi informasi di era 4.0 ini banyak memunculkan aplikasi-aplikasi yang bisa
membantu pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satu dari sekian banyak aplikasi desain yang
memberikan banyak penawaran menarik sekaligus mudah pengoperasiannya adalah Canva. Canva
adalah aplikasi desain yang menawarkan ribuan template gratis dan berbagai fitur menarik untuk
membantu dalam pembuatan konten gambar dan video.

Tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan, menjadikan aplikasi ini banyak digunakan orang. Bahkan orang yang tidak belajar tentang desain grafis, dengan mudah bisa membuat desain seperti; banner, broadcast, poster, undangan, dan lainnya.

Sebagai generasi Z kita harus bisa melihat peluang usaha sekecil apapun itu. Terutama di era digital yang semakin maju ditahun 2023 ini. Kamu tidak perlu sulit-sulit melamar kerja, karena bekerja di rumah sudah bisa menghasilkan uang bahkan bisa lebih banyak daripada bekerja pada sebuah perusahaan.

Lalu, peluang uang usaha apa saja yang bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi canva ini? Yuk, simak tiga peluang usaha yang bisa dilakukan dengan aplikasi canva!

1. Desain grafis

Ilustrasi disain grafis (pixabay.com/cocoandwifi)

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai tempat mendesain poster, banner, spanduk, undangan cetak, undangan digital dan desain lainnya. Kamu dapat menanfaatkan template di canva atau membuat desain template sendiri untuk dijual pada klien.

Misalnya dengan membuat undangan digital tadi, yang saat ini banyak diminati dan dicari orang-orang. Proses pembuatannya juga terbilang mudah, terutama dengan tools sederhana dan tidak rumit.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Mahasiswa dan Pelajar

2. Content Creator

Ilustrasi konten kreator (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Konten merupakan hal yang penting dan wajib diperhatikan ketika melakukan promosi di media
sosial. Konten yang menarik adalah konten yang bisa membuat konsumen memahami sekaligus
menumbuhkan rasa percaya pada produk yang kita jual. Artinya, semakin bernilai suatu konten,
semakin produk tersebut sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan dari konsumen, maka feedback konsumen terhadap produk yang dipromosikan akan didapatkan.

Penghasilan content creator dapat jauh lebih besar dari pengawai di kantor atau perusahaan, lho. Tapi pencapaian ini tergantung seberapa banyak orang yang menonton, memberi like, atau melalui endorsement. Pada aplikasi canva terdapat template pembuataan video reels dan tiktok, juga terdapat template postingan Instagram.

Pembuatan konten reels, feed instagram, story instagram, dan video tiktok di sini, lebih cocok pembuatan konten quotes atau kutipan. Banyak orang yang menyukai konten seperti ini, sehingga bisa menarik banyak followers. Banyaknya followers di Instagram akan mendatangkan banyak endorsement dan di tiktok bisa dijadkan sebagai penghasilan langsung jika banyak orang yang menonton video.

Baca Juga: Ini Dia 7 Franchise Terlaris di Tahun 2023, Langsung Cuan!

3. Percetakan

Ilustrasi percetakan (pixabay.com/fsHH)

Selanjutnya setelah kamu memanfaatkan canva untuk usaha desain grafis, kamu juga bisa memanfaatkan sebagai usaha percetakan. Misalnya untuk percetakan undangan, kalender, sticker dan lainnya. Pelanggan bebas menentukan desain berdasarkan desain-desain yang kamu tawarkan kemudian bisa dicetak secara langsung.

4. Program Afiliasi

Ilustrasi program afiliasi (pixabay.com/mohamed_hassan)

Canva menyedikan program afiliasi pemasaran yang dapat menghasilkan 36 dollar Amerika Serikat (atau sekitar Rp 523 ribu). Uang yang didapat tersebut apabila ada orang lain yang mendaftarkan diri sebagai pengguna Canva premium lewat nomor referensi kamu.

Selain itu pembayaran untuk penggunaan nomor referensi ini bisa dilakukan secara reguler dengan sistem yang fleksibel. Sangat mudah, bukan?

Empat usaha tadi bisa kamu lakukan setelah mempelajari tools yang sudah disediakan aplikasi canva. Dipadukan dengan kreativitas dan proses marketing yang baik kamu bisa mendapatkan penghasilan. Semoga artikel ini bisa membantu dan menjadi inspirasi.

Baca Juga: 7 Bisnis Online Tahun 2023, Penghasil Banyak Cuan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Tһanks for a marvelous posting! I definitely
    enjoyed reading it, you could be a grеat author.I will be sure tⲟ bookmark your
    Ƅlog and may come ƅack ⅼater in lіfe. Ӏ want to encouraցe you to definitely continue yоur
    great work, have a nice morning!

  2. I think the admіn of this site is really wоrking hard in support of his web site, as here every stuff is quality Ьased data.