5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif


Ilustrasi belajar online (pixabay.com/zapCulture)

Hidup produktif secara umum memiliki arti, hidup yang dapat menghasilkan. Menghasilkan disini perlu digaris bawahi sebab maknanya yang sangat luas. Salah satu contoh hidup produktif adalah dapat menghasilkan uang. Beragam caranya, bisa dengan bekerja, berdagang atau kegiatan yang memiliki konteks positif.

Hidup produktif, adalah impian semua orang. Sebab dengannya kita merasa hidup lebih bermakna dan bermanfaat. Sayangnya, masih banyak orang kesulitan menjalani hidup yang produktif. Oleh karena itu, berikut lima tips agar hidupmu menjadi lebih produktif.

1. Kurangi melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat

Kamu masih sering bergadang? Sering bermain game sampai tak kenal waktu? Sering membuka sosmed di setiap kesempatan? Alangkah baiknya kurangi hal tersebut. Mengapa demikian? karena tindakan di atas secara tidak langsung dapat mengganggu produktivitas .

Bergadang menjadi hal yang sia-sia apabila tidak membawa produktivitas pada pekerjaan atau tugas kamu. Selain itu, bergadang pun mengganggu pola tidur. Apabila sudah terlanjur dengan kebiasaan ini, usahakan tidur dengan cukup. Sebab dengan tidur yang cukup, kinerja otak akan lebih baik sehingga kamu bisa berpikir jernih dan menghasilkan ide-ide yang produktif.

Banyak juga diantara kamu yang memiliki pekerjaan dari dunia game atau sosmed. Namun tidak sedikit dari kita yang menggunakannya hanya untuk hiburan belaka. Sayangnya penggunaannya kelewat batas. Bagi kamu yang termasuk tipe kedua, cobalah untuk mengurangi porsi bermain game dan sosmed. Kamu bisa mengantinya dengan kebiasaan yang lebih produktif misalnya membaca buku atau mempelajari keterampilan baru.

2. Perluas zona nyaman

Banyak orang menganggap, menjadi lebih produktif harus bisa keluar dari zona nyaman. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat. Sebab apabila kita keluar dari zona nyaman, sebetulnya kita sedang berada di zona tidak nyaman.

Sebaiknya kita perbaiki mindset tersebut. Apabila kita memiliki kemampuan di satu bidang dan sudah merasa nyaman, untuk mengatasinya cobalah untuk mempelajari kemampuan lainnya yang dirasa cocok. Sehingga, zona nyamanmu akan menjadi lebih luas.

Baca Juga: Lakukan 5 Aktivitas Bermanfaat Ini, Supaya Liburanmu Nggak Sia-sia!

3. Penuhi lingkunganmu dengan orang yang positif

Pepatah mengatakan bahwa ‘Kamu Adalah Dengan Siapa Kamu Berteman’.

Hal tersebut benar adanya. Secara tidak langsung lingkungan sosial tempat kita berada, akan membentuk kepribadian kita sendiri.

Jika kamu sering bergaul dengan orang yang malas dan menghabiskan waktunya hanya untuk bersenang-senang, secara tidak langsung kebiasaan tersebut akan mempengaruhi kebiasaanmu sedikit demi sedikit. Sebaliknya, jika kamu bergaul dengan orang yang rajin dan selalu berusaha melakukan yang terbaik bagi hidupnya, maka kebiasaannya pun secara tidak langsung akan menular kepada kebiasaanmu sehari hari.

4. Lawanlah rasa malas

Malas merupakan musuh dari orang produktif. Rasa malas akan muncul dari keraguan dan perasaan pesimis terhadap perubahan yang akan kamu lakukan.

Oleh karenanya untuk melawan rasa malas, diperlukan konsistensi dan keinginan yang kuat untuk berubah. Caranya, bertemanlah dengan orang-orang yang senantiasa dapat memotivasi serta mengingatkan kita apabila lalai atau salah arah dalam melangkah.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Rasa Malas, Langsung Bisa Action Lagi!

5. Tentukan prioritas

Sehebat apapun kamu, semuanya tak bisa langsung berubah. Hal yang ingin kamu lakukan atau ubah tidak bisa terjadi seketika. Oleh karenanya, kamu perlu menentukan apa saja yang ingin kamu ubah. Selanjutnya fokuslah terhadap hal tersebut.

Semisal kamu ingin mengubah kebiasaan bergadang dan bermalas-malasan. Cobalah untuk mengubah salah satu dari kebiasaan tersebut. Jangan terobsesi untuk bisa mengubahnya sekaligus. Sebab hal tersebut hanya akan menggagalkan usahamu.

Berubah menjadi lebih produktif memang tidak mudah. Perlu usaha dan proses panjang. Tidak mudah bukan berarti tidak mungkin, dengan usaha dan kemauan yang tinggi, seiring berjalannya waktu kamu pasti bisa melakukannya. Tetap semangat dan semoga tips ini bisa membantu kalian.

Baca Juga: Cara Membuat Website Pribadi dan Bisnis Mudah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *