5 Fakta Menarik Benua Antartika, Benua Yang Berada di Kutub Selatan


Benua antartika (pixabay.com/ jcrane)

Siapa yang tidak kenal dengan Benua Antartika? Benua antartika merupakan salah satu benua yang ada di bagian Kutub Selatan, dan disini banyak sekali es yang menumpuk. Kemudian suhu yang ada di benua Kutub Selatan tersebut, juga dikenal memiliki suhu yang paling dingin.

Nah untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut benua antartika, berikut ini adalah beberapa fakta menarik Benua Antartika.

1. Memiliki suhu yang sangat dingin sekali

Benua Antartika (mongabay)

Suhu yang ada di benua antartika ini, memiliki suhu yang sangat dingin sekali. Suhu yang ada di Benua Antartika, adalah sekitar 20 derajat celcius. Jika sudah memasuki musim dingin, maka suhunya bisa mencapai -73 derajat celcius. Benua Antartika ini pernah mencapai suhu yang paling dingin, dan suhu yang paling dingin tersebut pernah terjadi pada tahun 1983. Pada saat itu Benua Antartika pernah mencapai suhu, hingga – 89 derajat celcius.

Walaupun saat ini dikenal dengan benua yang paling dingin, namun pada saat zaman dahulu dikenal dengan benua dengan suhu tropis. Seorang peneliti bernama Ulrich Salzman, menemukan banyak sekali pohon-pohon kelapa yang tumbuh di benua tersebut.

Baca Juga:

2. Penuh dengan lapisan es

Es di Benua Antartika (kingofwallpapers.com)

Benua Antartika dikenal dengan benua yang paling banyak es, dan tentunya daratan daratan yang ada di Benua Antartika tidak ada tanah. Jika kamu pergi ke Benua Antartika, nantinya kamu bisa berjalan di es tersebut.

Lapisan lapisan yang ada di Benua Antartika tersebut, merupakan lapisan es yang berasal dari air yang ada di permukaan bumi. Lapisan es tersebut menumpuk di Benua ini, sehingga lapisan es tersebut menjadi semakin banyak.

Namun manusia harus mencegah jangan sampai terjadi pemanasan global, karena hal tersebut akan memengaruhi naiknya permukaan laut. Hal tersebut sangat membahayakan, dan bisa terjadi sebuah kerusakan alam di bumi ini.

3. Terdapat banyak hewan dan tumbuhan di Benua Antartika

hewan di Benua Antartika (pixabay.com)

Fakta menarik Benua Antartika lainnya adalah adanya berbagai macam tumbuh-tumbuhan, dan juga hewan di sana. Contoh tumbuh-tumbuhan yang bisa tinggal di Benua Antartika ini, adalah seperti tanaman hijau seperti Alga.

Kemudian ada juga banyak hewan disini, dan hewan yang ada di Benua Antartika adalah Hewan seperti Penguin. Selain Penguin yang bisa hidup disini, ada juga hewan lainnya seperti anjing laut yang ada di Benua Antartika.

Hewan hewan tersebut sangat unik sekali, dan mereka bisa bertahan hidup di daerah yang cukup dingin sekali. Hewan-hewan tersebut bisa mencari mangsa dan bisa mencari makan, walaupun situasi di Benua Antartika cukup dingin sekali.

4. Dikelilingi oleh banyak samudera

Benua Antartika (shutterstock)

Benua Antartika ini juga dikelilingi, oleh banyak sekali Samudera. Banyak samudera yang mengelilingi benua Antartika ini, sehingga benua ini tidak hanya ada es melainkan ada juga air di dalamnya.

Dikelilingi oleh banya samudera dari berbagai benua yang ada di bumi, membuat Benua Antartika ini juga terdapat banyak badai. Jika kamu ke Benua Antartika, tidak mengherankan nantinya akan banyak badai dan cuaca buruk.

Baca Juga:

5. Tidak ada negara di Benua Antartika

Benua Antartika dan bendera True South (Foto: CNN)

Biasanya sebuah benua, akan terdapat sebuah negara negara. Misalnya seperti negara Asia Tenggara, terdapat negara negara seperti Indonesia atau Singapura. Namun Benua Antartika ini, tidak memiliki negara manapun.

Walaupun tidak ada negara yang berada di Benua Antartika, namun pada tahun 1959 dibuat perjanjian antartika. Perjanjian tersebut menyatakan bahwa Antartika akan dimanfaatkan untuk tujuan damai sehingga segala sesuatu yang berkenaan dengan militer dilarang dilakukan di tempat ini.

Sekian informasi mengenai fakta menarik Benua Antartika yang terkenal di dunia. Benua yang dingin sekali, dan terdapat banyak hewan dan tumbuhan di benua ini.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Kota Yakutsk, Kota Terdingin di Dunia

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *