6 Tradisi Tahun Baru di Berbagai Negara Dunia, Unik dan Meriah!


Ilustrasi tradisi tahun baru (pixabay.com/ Erad)

Mendengar kata ‘tahun baru’ rasa-rasanya tak mungkin lepas dari namanya kembang api, lampu kelap-kelip di segala penjuru, kemeriahan di mana-mana, dan keramaian yang membludak.

Namun, tahun baru bagi beberapa negara di dunia selain dilakukan dengan sangat meriah, mereka juga melakukannya dengan tradisi yang mungkin tidak dapat terpikirkan oleh orang-orang biasa karena ciri uniknya.

Apa saja itu? Ini dia pembahasan mengenai beberapa tradisi tahun baru di berbagai negara selengkapnya!

1. Tradisi Tahun Baru di Jepang

Negara Kaisar Naruhito yang terletak di Asia Timur ini memiliki tradisi unik dalam penyambutan tahun baru.

Joya no kane merupakan sebuah salah satu tradisi unik dengan membunyikan lonceng berukuran besar di kuil Buddha sebanyak 108 kali yang dipercaya mampu mengusir kejahatan dan dosa-dosa manusia.

Selain itu, negara berbendera putih dengan bulatan merah di tengah ini memiliki tradisi unik lainnya seperti tradisi bersih-bersih rumah dengan sebutan Oosouji yang dilakukan oleh semua kalangan agar orang yang berkunjung ke rumah dapat merasakan nuansa baru dan memunculkan rasa semangat, tradisi menghias pohon (pinus, prem, dan bambu) bernama Kadomatsu yang akan diletakkan di depan pintu rumah sebagai simbol agar diberi limpahan keberuntungan pada pemilik rumah, tradisi Hatsuhinode yang membuat orang Jepang berbondong-bondong ke pegunungan atau pantai untuk melihat matahari terbit pertama kali di tahun yang telah berganti, tradisi minum sake yang dinamai Toso ini dilakukan saat pagi hari setelah malam pergantian tahun, tradisi Kagamimochi yang memeriahkan tahun baru dengan membuat dua kue mochi berukuran sepuluh hingga dua puluh sentimeter untuk disantap bersama keluarga, dan tradisi Shimekazari yang ditandai dengan menggantung barang kesukaan di depan pintu sebagai simbol penolak bala.

Baca Juga:

2. Tradisi Tahun Baru di Spanyol

Negeri Matador ini memiliki tradisi unik dalam perayaan tahun baru, yaitu dengan memakan sebanyak dua belas anggur.

Tradisi yang dilakukan pada kota-kota besar seperti Barcelona dan Madrid ini akan biasanya dilakukan dengan berkumpul di lapangan untuk melahap anggur bersama-sama.

Adapun anggur yang disantap berjumlah dua belas buah, karena satu buah dari dua belas anggur itu mewakili dua belas bulan di tahun berikutnya dengan harapan untuk mendapatkan keburuntungan sekaligus menangkal hal-hal buruk.

Cara menerapkan tradisi bernama ‘Las doce uvas de la buena suerte’ ini ialah dengan memakan setiap anggur di dua belas detik sebelum tepat jam dua belas malam.

3. Tradisi Tahun Baru di Jerman

Orang-orang dari negara yang terkenal dengan produksi kecanggihan alat-alat mesinnya ini menyebut perayaan tahun baru dengan nama Silvester.

Mereka akan menyajikan dan menyantap donat yang merupakan makanan istimewa secara tradisional dengan taburan gula di saat tahun baru.

4. Tradisi Tahun Baru di Ekuador

Jika menemukan orang-orang yang berlarian sambil menenteng-nenteng koper kosong berukuran besar dari satu blok rumah ke blok lain atau dari satu gang ke gang lain, maka hal itu adalah pemandangan yang lumrah di Ekuador pada saat merayakan tahun baru.

Karena kunikannya itu, tradisi bernama Maleta Vacia ini kerap dianggap lucu dan aneh. Namun di sisi lain, tradisi tersebut dipercaya dapat membuat orang yang merayakan tahun baru bisa mengunjungi destinasi liburan yang lebih banyak.

5. Tradisi Tahun Baru di Denmark

Punya piring atau gelas kaca yang tak terpakai? Sebaiknya jangan dibuang jika sedang berada di Denmark pada akhir bulan Desember.

Warga dari salah satu negara paling bersih kasus korupsinya di dunia ini menggunakan piring dan gelas kaca untuk dilemparkan ke tembok atau pintu yang dipercaya akan mengusir roh jahat sekaligus memperoleh keberuntungan.

Semakin tinggi tumpukan pecahannya, maka semakin tinggi pula berkah keberuntungan yang akan didapatkan.

Baca Juga:

6. Tradisi Tahun Baru di Afrika Selatan

Negara asal tokoh anti-apartheid, Nelson Mandela ini biasanya menyambut tahun baru dengan tradisi yang bisa dikatakan unik, yaitu melempar sofa ke luar jendela.

Bahkan, barang-barang seperti kulkas, kursi reyot, atau barang-barang lawas yang tidak terpakai lagi akan umum ditemukan tertimbun di luar rumah dari beberapa pekan menjelang malam tahun baru.

Orang-orang Afrika Selatan meyakini bahwa dengan melemparkan sofa dan barang-barang usang lainnya seakan membuang jauh-jauh setiap masalah dan keburukan di masa lalu.

Itulah beberapa tradisi tahun baru di berbagai negara dalam menyambut atau merayakan tahun baru. Semoga tahun yang akan datang merupakan tahun kegemilangan bagi setiap orang di dunia ini, dan tahun yang telah berlalu merupakan tahun penuh kenangan dan pelajaran yang berharga untuk direnungi bersama.

Happy New Year!!

Baca Juga: Ini 5 Ide Untuk Mengisi Pergantian Tahun Ala Introvert

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *