Ingin Tinggal di Korea Selatan? Ini 5 Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui!

Pertimbangkan terlebih dahulu jika ingin tinggal di Korea Selatan ya, ini fakta negaranya!


Ketika kita menyaksikan sebuah drama Korea Selatan dengan berbagai latar yang bagus, membuat penonton ingin tinggal disana bukan? Belum lagi jika melihat beberapa K-drama yang romantis, membuat siapa pun jatuh cinta dengan para pemainnya. Kehidupan di Korea terasa sangat sempurna dan indah.

Namun, dibalik keindahan serta kemewahan yang ditampilkan dalam sebuah K-drama tidak seindah kenyataannya. Terdapat beberapa aturan serta permasalahan sosial yang kerap terjadi di Korea. Hampir serupa dengan negara lain pada umumnya yang mempunyai urusan tersendiri. Simaklah beberapa fakta Korea Selatan yang harus Kamu ketahui.

1. Wajib militer bagi laki-laki

D.O EXO (Koreaboo)

Berstatus warna negara Korea Selatan, maka seorang laki-laki yang telah berusia minimal 18 hingga 28 tahun diwajibkan pergi ke militer. Wajib militer sendiri diberlakukan oleh pemerintah sejak berakhirnya perang di masa lampau. Sampai saat ini wajib militer masih terus berlanjut yang digadang-gadang untuk mengantisipasi adanya perang atau serangan nuklir.

Mengingat konflik yang pernah terjadi antara Korea Utara dan Selatan yang terjadi di tahun 1950 hingga 1953. Mengakibatkan adanya gencatan senjata dan bukanlah sebuah perjanjian damai. Hal tersebut yang membuat kedua negara terus bersitegang hingga saat ini.

Kegiatan wajib militer ini tidak hanya berlaku kepada masyarakat biasa, tetapi selebriti terkenal pun wajib menjalankan kewajibannya. Contohnya, D.O EXO yang telah selesai menjalani wajib militernya di 20 Januari 2020 silam. Menjadi seorang idol terkenal tidak membuat Chaenyol lupa akan kewajibanya pada negara.

2. Perhitungan umur 1 tahun lebih

Jungkook BTS ulang Tahun ke 25 (Koreaboo)

Jika pada umumnya, seorang bayi yang lahir di Indonesia akan dihitung umurnya semenjak sang ibu melahirkannya. Berbeda dengan negara Korea Selatan yang telah melakukan perhitungan ketika bayi masih dalam kandungan. Jadi ketika pertama kali anak mereka lahir akan dihitung dengan 1 tahun.

Misalnya, Jungkook BTS lahir pada 1 September 1997,  ketika baru lahir ia sudah berusia satu tahun. Oleh sebab itu jika berdasarkan usia di Korea Jungkook sudah berusia 25 tahun, sedangkan untuk usia internasional adalah 24 tahun. Begitulah perhitungan usia yang dilakukan di Korea.

3. Tempatnya operasi plastik terbaik

Ilustrasi Operasi Plastik (Parapuan)

Terkenal dengan mayoritas lelaki dan wanita yang cantik dan rupawan, ternyata tak lepas dari praktik operasi plastik. Kegiatan dari operasi plastik sendiri bukanlah hal yang tabu di Korea Selatan. Mayoritas dari setiap orang disana sudah pernah melakukan operasi plastik, meski hanya sekedar perubahan bagian kecil di wajah. Namun, bukan berarti setiap orang melakukan prosedur operasi plastik.

Dilansir dari wolipop.detik.com, Korea Selatan menjadi negara yang dijadikan kiblat operasi plastik terbesar di dunia. Tingginya angka permintaan operasi plastik dari dalam dan luar negeri memicu tingginya klinik serta rumah sakit kecantikan. Untuk hasil serta kualitas yang diperoleh para klien pun tidak perlu diragukan lagi, Korea adalah tempat terbaik!

Baca Juga: K-Popers Wajib Tahu! Rahasia Korea Selatan Mencetak Idola-idola Viral

4. Sistem pendidikan terbaik

Pelajar di Korea (youthassembly.or.kr)

Jika menonton K-drama berlatar pendidikan pasti sangat sering bukan melihat pelajar yang pulang hingga larut malam? Nah, salah satu sistem pendidikan di Korea selatan memang dibuat lebih lama yaitu sekitar 50 jam perminggunya. Membuat para pelajar disana menjadi individu yang giat belajar dan juga disiplin.

5. Tingginya angka bunuh diri

Ilustrasi orang stress dan tertekan (Pexels/Liza Summer)

Menjadi salah satu bagian Asia Timur, negara Korea Selatan masuk ke dalam negara maju. Tingginya produktifitas serta sumber daya manusia yang baik pun ada di dalamnya. Namun dibalik gemerlapnya Korea Selatan, menyimpan keprihatinan yang cukup dalam.

Dilansir dari kompas.tv, Korea Selatan adalah negara yang menempati posisi ke empat dengan angka bunuh diri yang tinggi. Indeks bunuh diri disana yaitu hampir dari 26 per 100 ribu jiwa. Salah satu penyebab seseorang melakukan bunuh diri yaitu karena stres berlebih hingga akhirnya depresi berat dan memutuskan untuk mengakhiri hidup.

Sangat menarik bukan fakta yang terdapat di balik populernya K-Pop saat ini? Terlebih lagi Korea adalah negara Asia yang maju dan selalu mengikuti adanya inovasi terkini. Namun, di balik itu ada juga fakta yang mengejutkan dengan tingginya angka depresi dan bunuh diri.

Baca Juga: Mengenal 5 Tradisi dan Budaya Korea Selatan Lewat K-Drama

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *