10 Fakta Menarik Kota Yakutsk, Kota Terdingin di Dunia


Kota Yakutsk, sebagai kota terdingin di dunia

Yakutsk merupakan kota yang terletak di bagian timur Rusia yang merupakan bagian dari Republik Sakha. Kota ini dinobatkan menjadi kota terdingin di dunia karena suhunya mencapai -30°c hingga -70°c. Hal ini dikarenakan kota Yakutsk terletak di dataran tinggi Siberia yang jaraknya 450km dari lingkar artik.

Jumlah penduduk di Yakutsk sendiri terdapat 210.642 jiwa dengan luas kurang lebih 122km2. Masyarakatnya seringkali menghabiskan waktu di dalam ruangan karena jika berlama-lama di luar masyarakat bisa terkena sengatan dan radang dingin. Lalu, apa saja keunikan kota terdingin di dunia ini? Simak dibawah ya!

1. Air es untuk mandi harus di panaskan terlebih dahulu

Karena sebagian besar wilayahnya meliputi es salju, es di Yakutsk harus terlebih dahulu dipanaskan lalu setelah cair bisa digunakan untuk mandi. Hal ini membuat orang-orang Yakutsk harus mempunyai waktu lebih lama untuk mandi.

2. Sekolah dalam ruangan

Aktivitas sekolah di sana kebanyakan berada di dalam ruangan, karena diluar sangat berbahaya bagi anak-anak, mulai dari olahraga, istirahat serta belajar pun di dalam ruangan agar anak-anak tidak terkena sengatan dingin.

Baca Juga:

3. Tidak Ada Nyamuk

Karena suhu yang dingin di Yakutsk mencapai -30°C hingga -70°C membuat nyamuk tidak bisa beradaptasi dan berkembang biak di Yakutsk, sehingga di Yakutsk pun tidak ada nyamuk.

4. Tempat ditemukannya berlian

Emas dan berlian yang berserakan di Bandara Yakutsk, Siberia, (The Siberian Times)

Yakutsk merupakan sumber berlian bagi Rusia, Yakutsk menyumbang 95 persen berlian untuk Rusia. Di awal tahun ini para penambang menemukan 2 berlian besar dengan massa 97,92 dan 85,62 karat.

5. Penduduknya tidak mempunyai kulkas

Penduduk disana tidak membutuhkan kulkas karena cukup disimpan diteras pun makanan atau minuman mereka langsung membeku.

6. Saluran pipa air diletakkan di atas tanah

Kota Yakutsk (U-Report)

Berbeda dengan kebanyakan daerah, di Yakutsk pipa saluran air dipasang di atas tanah, hal ini dikarenakan jika dipasang di bawah tanah akan menyebabkan saluran pipa air membeku karena sebenarnya di bawah tanah Kota Yakutsk terdapat es setebal 100 kaki.

Baca Juga:

7. Tidak bisa menggunakan kacamata berbahan logam

Di Yakutsk orang-orang tidak bisa menggunakan kacamata berbahan logam karena logam bisa menempel pada kulit mereka, jika ingin melepas kacamata kulit mereka bisa robek akibat suhu dingin disana

8. Harga sayuran yang mahal

Suhu dingin di Yakutsk membuat sayuran sulit tumbuh, sehingga tak heran harga sayuran di sana begitu mahal, sayuran dianggap sebagai salah satu makanan mewah di sana.

9. Penduduk bergantung pada produk susu, daging dan ikan

Sebagai gantinya penduduk Yakutsk mengonsumsi susu, daging rusa dan ikan-ikanan. Ketika mereka memancing ikan pun harus menggali es tebal terlebih dahulu.

10.Memanfaatkan angin dingin nan kering untuk menjemur pakaian

Karena di sana hampir tidak ada panas matahari maka sebagian masyarakat Yakutsk menjemur pakaian dengan memanfaatkan angin dingin nan kering yang membuat baju pun kaku dan keras seperti es.

Wahh, ternyata Yakutsk merupakan kota yang unik yaa, apalagi bagi kehidupan masyarakat Indonesia tentunya sangat jauh berbeda. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia mensyukuri apa yang kita dapatkan di Indonesia.

Sebagai negara dengan cuaca tropis, iklim serta suhu di Indonesia termasuk normal. Kita dapat merasakan panasnya matahari untuk menjemur pakaian, sayuran melimpah sehingga harganya pun normal, air pun mudah didapatkan tanpa harus dipanaskan terlebih dahulu.

Terima Kasih Indonesia-ku atas semua kekayaan alam yang Engkau berikan, mari kita sama-sama melestarikan dan menjaga kekayaan alam di Indonesia.

Baca Juga: Ingin Tinggal di Korea Selatan? Ini 5 Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *