5 Fakta dan Statistik Menarik dari Laga Liverpool vs Arsenal


Liverpool vs Arsenal

Pekan 18 Liga Inggris 2023/2024 memasuki babak akhir, dan sorotan tertuju pada pertandingan seru antara Liverpool dan Arsenal di Anfield pada Minggu dini hari (24/12/2023).

Suasana pertandingan langsung memanas ketika Arsenal mencetak gol cepat pada menit ke-4 melalui sundulan yang sangat terkoordinasi dari bek tengah mereka, Gabriel Magalhaes. Gol tersebut tercipta berkat umpan brilian dari Martin Odegaard, yang berhasil membingungkan kiper Liverpool, Alisson Becker.

Namun, Liverpool tak tinggal diam, dan Mohamed Salah berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Menerima umpan terukur dari Trent Alexander-Arnold, winger andalan Mesir itu dengan cermat menjebol gawang Arsenal.

Pertandingan ini bukan hanya menarik dari segi skor, tetapi juga membawa lima fakta dan statistik menarik yang melingkupi jalannya pertandingan. Mari kita ulas bersama-sama untuk menggali lebih dalam tentang momen-momen penting yang terjadi di Anfield.

1. Liverpool unggul atas tim London Utara di kandang sendiri

Catatan kandang Liverpool dalam pertandingan Premier League melawan Arsenal dan Tottenham sejak awal tahun 2013 sangat mengesankan. Dalam 22 pertandingan yang digelar, Liverpool berhasil meraih 15 kemenangan dan mempertahankan rekor tak terkalahkan dengan 7 kali imbang, tanpa satu pun kekalahan.

Dengan skor total gol 61-27, Liverpool tampil dominan di kandang mereka ketika berhadapan dengan tim-tim asal North London. Rekor ini mencerminkan dominasi dan ketangguhan Liverpool di level tertinggi sepakbola Inggris, yang tentunya menjadi hal yang membanggakan bagi para pendukung klub.

Baca Juga:

2. Arsenal di puncak klasemen

Untuk keempat kalinya dalam sejarah Liga Inggris, tahun ini Arsenal akan duduk di puncak klasemen pada Hari Natal. Sebelumnya Arsenal rajai klasemen pada hari Natal di musim 2002/2003, 2007/2008, dan 2022/2023.

Menurut Opta Probability, Arsenal kini memiliki peluang sebesar 26,78% untuk meraih gelar juara Liga Inggris musim ini. Rekor yang dibukukan pada Natal ini menunjukkan perkembangan positif bagi Arsenal, dan para penggemar tentu saja berharap bahwa prestasi ini dapat menjadi modal besar untuk meraih gelar juara setelah sekian lama.

3. Jürgen Klopp tidak pernah kalah dari Arsenal

Jürgen Klopp tetap tidak terkalahkan melawan Arsenal ketika bermain di kandang dalam Liga Inggris. Rekor tak terkalahkan ini mencerminkan dominasi Liverpool di Anfield di bawah asuhan Klopp. Setiap pertemuan dengan Arsenal di kandang menjadi panggung kemenangan atau berakhir seri, menegaskan kekuatan tim dalam menghadapi lawan.

Sebagai pelatih yang sukses, Klopp terus mempertahankan performa gemilang Liverpool di markas sendiri, menciptakan atmosfer tak terkalahkan yang menjadikan Anfield sebagai benteng yang sulit dijebol oleh tim manapun, termasuk Arsenal.

Baca Juga:

4. Assist terbanyak saat melawan Arsenal

Pemberi assist terbanyak dalam sejarah Liga Inggris ketika berhadapan dengan Arsenal adalah dua pilar Liverpool, yakni Steven Gerrard dan Trent Alexander-Arnold, keduanya dengan torehan sebanyak 7 assist. Steven Gerrard, yang merupakan salah satu legenda Liverpool di masa lalu, dan Trent Alexander-Arnold, yang mewakili generasi sekarang, sama-sama mencatatkan kontribusi yang luar biasa dalam menciptakan peluang bagi rekan-rekan setimnya ketika berduel dengan Arsenal.

5. 10+ gol dari Mohamed Salah

Mohamed Salah mencatatkan prestasi istimewa sebagai pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang berhasil mencetak lebih dari 10 gol melawan tiga tim besar, yakni Manchester City, Manchester United, dan Arsenal. Sebagai sosok yang diakui sebagai “Kingslayer” Mesir, Salah menorehkan sejarah dengan kepiawaiannya mengoyak jala lawan-lawan berat dalam kompetisi sepakbola paling bergengsi di Inggris.

Baca Juga: 3 Fakta Enzo Fernandez, Pemain Sepak Bola Termahal di Liga Inggris


Legend

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *