3 Pemain Muslim Chelsea Yang Hijrah Ke Liga Arab Saudi


Kepindahan Ronaldo ke Liga Arab Saudi nampaknya memberikan dampak yang sangat besar, baik bagi Liga Arab Saudi sendiri maupun bagi dunia sepak bola.

Perlahan-lahan pemain top dunia mengikuti jejak Ronaldo untuk berkarir di Liga Arab Saudi. Fabrizio Romano selaku wartawan sepak bola terkemuka di dunia memberitakan beberapa pemain Muslim Chelsea akan hijrah untuk membela beberapa klub di Liga Arab Saudi. Berikut daftarnya.

1. N’Golo Kante (al-Ittihad)

Kante merupakan pemain Muslim Chelsea yang sekaligus berstatus sebagau pemain Tim Nasional (Timnas) Prancis. Pesepakbola berposisi sebagai gelandang bertahan ini dikenal sebagai pemain yang enerjik dan lincah.

Sebelum hijrah ke Inggris, pemain bola berusia 32 tahun ini lebih dulu membela beberapa klub di Prancis. Diantaranya seperti Suresnes, US Boulogne, dan SM Caen.

Statistik cemerlang Kante selama di SM Caen, berhasil membuat Leicester City berminat untuk memboyong pemain kelahiran Paris ini.

Sejak didatangkan Leicester City pada bulan Agustus 2015, Kante langsung nyetel dengan skuad asuhan Claudio Ranieri. Dia sukses memainkan 40 pertandingan di kompetisi Premier League, FA Cup, EFL Cup dengan catatan 1 gol, 4 asis serta total 3.194 menit bermain.

Karena kesuksesan yang dia raih dengan Leicester City, Chelsea membuat keputusan untuk memboyong pemain murah senyum ini pada bulan Juli 2016.

Dari musim 2016/17 sampai musim 2022/23, Kante sudah memainkan 269 pertandingan dengan Chelsea, serta telah mencatatkan 13 gol, 16 asis dan 20.774 menit bermain.

Salah satu penghargaan yang berhasil Kante dapatkan selama membela Chelsea yakni dia berhasil terpilih sebagai man of the match di final UCL tahun 2021 ketika melawan Manchester City.

Pada tanggal 6 Juni, Fabrizio Romano mengunggah foto Kante dan menulis keterangan bertuliskan, “Exclusive N’golo Kante, Saudi Emmisaries are in London to present an official proposal to N’golo Kante to join the Arab League.”

Benar saja, pada tanggal 22 Juni akun official al-Ittihad secara resmi memperkenalkan Kante sebagai rekrutan anyar mereka. Menurut postingan terbaru Fabrizio Romano, Kante dikontrak klub asal Jeddah tersebut selama 4 tahun.

Tak lupa setelah resmi diperkenalkan sebagai pemain al-Ittihad, calon rekan satu klub Karim Benzema ini juga mengucapkan salam perpisahan di akun Instagram pribadi miliknya dalam bahasa Inggris dan Prancis.

Baca Juga:

2. Hakim Ziyech (al-Nassr)

Ziyech merupakan salah satu pemain Timnas Maroko yang memiliki kewarganegaraan ganda. Pesepakbola yang juga pernah membela Timnas kelompok umur Belanda ini sedari kecil mengenyam ilmu sepak bola di Belanda.

Dronten Youth dan SC Hereenveen Youth menjadi dua klub akademi Belanda yang pernah dibela Ziyech. Pria kelahiran Dronten ini resmi membela klub utama SC Hereenveen pada tahun 2012, setelahnya Ziyech membela 2 klub raksasa Belanda yakni Ajax Amsterdam dan Twente FC.

Performa luar biasa yang ditunjukkan Ziyech bersama Ajax Amsterdam sukses membuat Chelsea terpikat, pesepak bola bertinggi 1,81 Meter ini berhasil mencatatkan 165 laga dengan catatan 49 gol dan 81 asis selama membela klub asal Amsterdam tersebut.

Sejak pindah ke Chelsea pada bulan Juli 2020, Ziyech telah memainkan 107 laga dengan perolehan 14 gol dan 13 asis baik itu selama berlaga di Premier League, UCL, UEL, FA Cup, EFL Cup, dan lain sebagainya.

Setelah memberitakan soal kepindahan resmi Kante ke al-Ittihad, Fabrizio Romano kembali mengunggah foto calon rekan satu klub Ronaldo di al-Nassr.

Dalam unggahan tersebut, gambar Ziyech diedit tengah memakai baju klub al-Nassr sembari memberi caption yang bertuliskan, “Understand al-Nassr have reached verbal achievment with Hakim Ziyech to join the club very soon.” Dalam postingan yang sama, Fabrizio juga menambahkan keterangan apabila pemain ini disodori kontrak sampai tahun 2026.

Baca Juga:

3. Kalidou Koulibaly (al-Hilal)

Kalidou merupakan salah satu pemain penting yang sampai sekarang masih aktif membela Timnas Senegal. Pemain sepak bola berusia 32 tahun ini lahir di Prancis dan memiliki tinggi 1,86 Meter.

Sebelum membela Chelsea, Kalidou sudah berkelana dengan membela beberapa klub di Eropa. Diantaranya seperti SR Saint DiƩ, FC Metz, KRC Genk, dan SSC napoli.

Sejak didatangkan Chelsea bulan Juli 2022, Kalidou langsung mampu memberikan kontribusi kepada skuad The Blues. Tercatat Kalidou sudah memainkan 32 laga dengan raihan 2 gol, satu asis dan total 2.549 menit bermain.

Nampaknya Chelsea benar-benar akan melakukan cuci gudang, setelah Kante dan Ziyech, pemain Muslim Chelsea bernama Kalidou juga akan pergi dari klub biru asal London ini.

Sama seperti Ziyech, Fabrizio memberitakan jika Kalidou juga sedang melakukan tahap negosiasi verbal dengan salah satu klub di liga Arab Saudi bernama al-Hilal untuk dikontrak selama 3 tahun.

Baca Juga: West Ham vs Fiorentina:  Daftar 3 Pemain Muslim Yang Bantu West Ham Menang di Laga Final UECL 2023

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *