Simak! Penyebab, Bahaya, dan 7 Cara Mengatasi Overthinking

Overthinking atau berpikir berlebihan merupakan kondisi di mana seseorang memikirkan sesuatu di luar hal yang seharusnya tak perlu dipikirkan, cukup banyak cara mengatasi overthinking


Ilustrasi seseorang yang merasa overthinking

Apa itu overthinking? overthinking adalah kondisi di mana seseorang berpikir terlalu berlebihan. Dan di situ tekanan pikiran atau ketakutan juga akan membuat seseorang menjadi berpikir berlebihan.

Overthinking sendiri biasanya terjadi ketika seseorang memiliki pikiran yang over atau terlalu banyak berpikir, pada dasarnya manusia hidup juga akan berpikir tapi apa jadinya jika sesuatu hal yang seharusnya tidak terjadi atau tidak perlu dipikirkan menjadi beban pikiran? Pasti akan mengganggu kesehatan mental, akan membuat diri menjadi murung, dan lain sebagainya.

Overthinking tidak berbahaya jika seseorang tersebut dapat mengendalikannya. Mengendalikan pikiran dan mengendalikan emosional. Namun overthinking dapat berbahaya jika seseorang tersebut tidak dapat mengendalikan pikiran negatifnya atau dalam kondisi negatif thinking.

Baca Juga:

Apa aja si penyebab overthinking itu? Dan apa saja bahaya dari overthinking? Lalu bagaimana cara mencegahnya. Apakah pencegahan tersebut bisa dilakukan secara mandiri? Nah berikut adalah penyebab, bahaya, dan cara mengatasi overthinking pada diri sendiri :

Penyebab overthinking

1. Trauma dengan sebuah kejadian

Nah yang pertama adalah trauma, seseorang akan menjadi overthinking jika memikirkan kejadian masa lalu yang membuat hal tersebut menjadi beban pikiran hingga saat ini. Dan trauma di masa lalu juga dapat menyebabkan timbulnya pikiran negatif pada diri sendiri.

2. Ketakutan pada suatu hal

Yang ke dua adalah rasa takut pada suatu hal. Mengapa demikian? Karena rasa takut dapat menjadi hantu yang  terus membayang pada seseorang jadi berpikir yang tidak-tidak.

Ketakutan tersebut sebenarnya muncul ketika seseorang berpikir bahwasanya hal buruk akan terjadi, padahal belum tentu hal tersebut akan terjadi. Dan semua itu akan berdampak atau akan timbul pola pikir negatif secara berlebihan.

3. Mencari tahu sesuatu secara berlebihan

Nah terkadang overthinking itu disebabkan oleh diri sendiri, kekhawatiran diri sendiri yang berlebihan. Sesuatu yang seharusnya tak perlu tahu dan orang tersebut malah mencari tahu, maka hal tersebut dapat menyebabkan overthinking atau berpikir berlebihan.

Seperti contohnya banyak anak muda zaman sekarang yang berpikir secara berlebihan tentang hubungannya dengan calon pasangannya atau pacarnya, padahal hal tersebut tak perlu dicari tahu karena hanya akan menyebabkan timbulnya pikiran negatif.

4. Kekhawatiran dan kecemasan

Kekhawatiran dan kecemasan pada suatu hal akan menimbulkan overthinking. Karena terkadang jika seseorang terlalu cemas pada suatu hal akan menimbulkan kekhawatiran yang terus dipikirkan secara berlebihan. Kekhawatiran itu sendiri timbul dari dalam pikiran yang tidak tenang, terlalu berlebihan dalam berpikir, dan lain sebagainya.

Bahaya 0verthinking

Bahaya Overthinking pada diri sendiri yaitu:

  1. Kesehatan Mental karena mental seseorang dapat terganggu hanya karena memikirkan suatu hal secara berlebihan dan berlarut-larut.
  2. Diri akan lebih murung daripada biasanya, karena terlalu memikirkan suatu hal dan pada akhirnya diri sendiri akan mengurung diri dan menghakimi diri sendiri bahwasanya diri sendiri telah melakukan kesalahan padahal sebenarnya tidak.
  3. Mengakhiri hidup adalah bahaya yang paling besar dari overthinking. Saking banyaknya hal yang dipikirkan, terkadang orang yang memiliki pikiran pendek akan melakukan hal tersebut. Mungkin dalam pikirannya jika hidup berakhir maka masalah pun akan ikut berakhir. Sangat bahaya overthinking itu jika terus berlarut-larut.

Cara mengatasi overthinking

1. Tanamkan positif thinking

Yang pertama adalah menanamkan kebiasaan untuk berpositif thinking. Karena jika seorang sudah terbiasa dengan penanaman positif thinking pada diri sendiri maka jika ada pikiran negatif yang mengganggu dapat diatasinya secara cepat tanpa mengambil risiko yang lebih.

Hal tersebut efektif untuk menghindari atau mencegah overthinking. Maka dari itu tanamkan pikiran negatif sejak dini, dan latih problem solving supaya tidak timbul pikiran-pikiran negatif yang dapat mengganggu pikiran.

Baca Juga:

2. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Dengan cara beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan juga dapat menghilangkan overthinking atau berpikir berlebihan. Karena dari situ orang tersebut akan lebih mendapat ketenangan dan meminta petunjuk kepada Tuhan supaya dimudahkan atas segala hal yang tengah menimpanya.

3. Me time

Me time adalah waktu untuk diri sendiri, di mana seseorang dapat memanjakan diri sendiri yang bertujuan untuk menghilangkan stres, pikiran negatif, dan dapat membuat pikiran lebih fresh.

Me time tak harus dengan hal-hal yang mahal, bisa juga me time dengan cara membaca buku kesukaan, memasak untuk diri sendiri makanan yang disukai, bermain game, dan lain sebagainya.

4. Liburan

Sama seperti me time yaitu membuat pikiran fresh. Jika liburan bisa dilakukan bersama teman, keluarga, pasangan yang bertujuan untuk membantu memulihkan pikiran menjadi positif thinking.

5. Curhat

Curhat kepada teman, sahabat, keluarga, pasangan, atau siapa saja juga dapat mengurangi overthinking. Karena dengan berbagi cerita bisa saja orang yang diajak cerita dapat memberi solusi yang baik atas masalah yang sedang membebani pikiran.

6. Fokus pada solusi

Fokuskan diri dalam mencari solusi dan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Mulai dari searching, berdoa, minta solusi kepada orang terdekat, introspeksi diri, dan lain sebagainya.

7. Berusaha untuk mengalihkan perhatian pikiran anda

Daripada hanya memikirkan hal yang membuat pikiran terganggu, mending memikirkan hal yang lebih penting dan lebih bermanfaat untuk diri sendiri.

Nah itu dia penyebab, bahaya, dan cara mengatasi overthinking yang dapat mengganggu kesehatan mental. Sebenarnya dengan menanamkan pikiran positif, mencari kesibukan, liburan, mengalihkan perhatian sudah dapat menghindarkan diri dari overthinking dan dampak negatifnya.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Mengelola Emosi Negatif

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *