7 Cara Untuk Tetap Berpikir Positif di Masa Sulit, Jangan Menyerah!


Ilustrasi berfikir positif (pixabay.com/geralt)

Kehidupan manusia seperti roda, terkadang bahagia, tetapi adakalanya kita merasa sedih dan terpuruk. Tidak ada hidup yang terus menerus bahagia dan tidak ada yang terus menerus sedih. Sebagai manusia, kita dikaruniai akal untuk bisa mengatasi masa-masa sulit yang datang dalam kehidupan.

Hidup bisa begitu sulit dalam satu waktu. Dan terkadang, di saat sulit tersebut kita merasa kehilangan harapan dan putus asa. Berbahaya jika kita membiarkan diri terpuruk dalam waktu yang panjang, karena dapat mempengaruhi kesehatan mental bahkan menjadi depresi.

Saat masa sulit datang, segera ubah pola pikir yang positif. Berikut cara untuk tetap berpikir positif di saat-saat sulit.

1. Tetap bersyukur

Tetap bersyukur dan tersenyum di masa sulit (unsplash.com/@candice_picard)

Saat berada di masa sulit, rasanya semua terasa salah dan menyedihkan. Mudah untuk mengasihani diri dan merasa iri dengan kondisi orang lain. Tapi seburuk apapun situasi yang dialami, selalu ada hal-hal untuk disyukuri.

Mungkin kamu sedang dililit hutang besar, tapi bersyukurlah karena diberi kesehatan yang baik sehingga kamu bisa berusaha dan bekerja untuk menghasilkan uang. Jika kamu sedang diuji dengan penyakit, bersyukurlah atas keluarga yang selalu mendukung dan merawatmu.

Fokus pada hal-hal baik yang kamu miliki akan membuat pikiranmu tetap positif dan bersemangat menjalani hari.

2. Jauhi orang yang toxic dan kelilingi diri dengan orang yang baik

Orang-orang baik akan membuatmu berpikir positif (unsplash.com/@priscilladupreez)

Lingkungan dan orang-orang di sekitar sangat berpengaruh terhadap pola pikir kita. Di masa sulit, jauhi orang-orang yang toxic dan berpikiran negatif. Kelilingi dengan orang-orang yang mendukung dan selalu memberi semangat, agar tidak mudah putus asa dan selalu berpikiran positif dalam situasi apapun.

Ingat bahwa orang-orang yang mendampingimu dan selalu menumbuhkan harapan di pikiranmu adalah sahabat yang sebenar-benarnya.

Baca Juga:

3. Jaga kesehatan tubuh dan pikiran

Berolahraga membuat tubuh dan jiwa sehat (unsplash.com/@gabinvallet)

Saat berada di masa sulit, wajar jika merasa tidak bergairah melakukan apapun. Lawan rasa malas ini dan mintalah ke orang-orang terdekat untuk terus mengajakmu dan mengingatkanmu untuk bergerak.

Jaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang sehat dan paksa tubuh untuk berolahraga walaupun hanya sekedar jalan pagi ringan. Tubuh yang sehat akan menghasilkan mental yang sehat dan pikiran positif.

4. Dekatkan diri kepada Tuhan

Beribadah dapat membantu berpikir positif di masa sulit (unsplash.com/@masjidmpd)

Terkadang dalam menghadapi suatu masalah, solusi terbaik datang bukan dari usaha kita, tapi dari kekuatan Yang Maha Besar, yaitu Tuhan. Ingat bahwa seberat apapun masalah yang dihadapi, Tuhan sudah menakarnya dan mengetahui kemampuan hamba-Nya.

Dekatkan diri kepada Tuhan dan memintalah dengan khusyuk jalan keluar dari segala yang membebani pikiran. Yakinlah bahwa situasi buruk ini tidak akan berlangsung selamanya dan Tuhan akan membantumu melewatinya dengan baik.

5. Membantu sesama

Membantu orang lain akan menumbuhkan rasa syukur (unsplash.com/@jontyson)

Saat terpuruk, seringkali kita mengasihani diri dan merasa menjadi orang paling sengsara sedunia. Padahal di luar sana, ada banyak orang dengan kondisi yang mungkin lebih buruk daripada yang kita alami. Keluarlah dari rumah dan lihat bagaimana setiap manusia memiliki ujiannya masing-masing.

Bantu mereka semampu kita, bisa dengan sedikit uang atau makanan, atau bahkan hanya dengan menjadi pendengar yang baik. Membantu orang lain yang juga sedang kesulitan akan menciptakan rasa syukur dan bahagia di hati, sekaligus menimbulkan perasaan bahwa kita sedang sama-sama berjuang keluar dari masa sulit.

6. Tentukan target jangka pendek yang ingin diraih

Tulis target terdekatmu dan fokuslah mewujudkannya (unsplash.com/@glenncarstenspeters)

Membuat target jangka pendek, bisa memberikan harapan saat berada di masa sulit. Adanya tujuan yang bisa dicapai dalam waktu dekat, bisa membuat semangat juang kembali tinggi untuk keluar dari masalah yang dihadapi.

Minta orang-orang terdekat dan terpercaya untuk terus mengingatkanmu tentang target-target itu, agar semangatmu terus menyala dan tidak malas berusaha. Dengan terus bergerak, otak tidak akan sempat berpikir negatif, berkeluh kesah dan meratapi diri.

Baca Juga:

7. Introspeksi diri dan renungkan kembali tujuan hidup

Ilustrasi orang sedang introspeksi diri (unsplash.com/@stefanspassov)

Saat sedang diuji oleh berbagai masalah hidup, perbanyak koreksi diri. Renungkan perjalanan hidup kita selama beberapa tahun terakhir, apakah pernah salah jalan, menyakiti orang lain atau mungkin merugikan orang lain. Renungkan juga tujuan hidup kita, apa yang ingin diubah dari diri, bagaimana cara mengubah kebiasaan buruk agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Buatlah semacam janji pada diri sendiri, bahwa ke depannya kita akan memperbaiki diri, dan peganglah janji itu baik-baik. Yakinlah bahwa masa sulit ini akan segera berakhir dan kamu akan menjadi pribadi yang lebih tangguh setelahnya.

Motivator terkenal sering berkata bahwa masa-masa sulit itu ada untuk membuat kita lebih tangguh dan kuat dalam menghadapi hidup. Dan dalam masa-masa sulit selalu ada banyak pelajaran dan hikmah yang bisa diambil. Maka sesulit apapun kondisi kita, berdoalah, berusahalah dan bersabarlah.

Jangan biarkan pikiran negatif dan kesedihan mengambil alih semangat juang kita. Dan jangan malu meminta dukungan dan kasih sayang dari orang-orang terdekat ya, setiap orang butuh support system yang baik dalam hidupnya.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *