7 Cara Cerdas Mengelola Emosi Negatif


Emosi negatif merupakan sebuah perasaan emosional yang tidak menyenangkan dan biasanya diekspresikan dalam bentuk ketidaksukaan. Perasaan yang seperti ini tentu sangat mengganggu, sehingga perlu mengetahui tujuh cara cerdas mengelola emosi negatif agar kembali membaik.

Sebab, emosi negatif ini bisa memengaruhi otak untuk melakukan sesuatu hal yang jelek, entah pada diri sendiri maupun orang lain. Oleh karenanya, penting mengelola emosi tersebut dengan cara berikut:

1.Tenangkan diri, tarik nafas mendalam dan keluarkan perlahan

Ketika emosi mulai menguasaimu, maka cara cerdas mengelola emosi negatif yang pertama dengan menenangkan diri sembari menarik nafas mendalam. Kemudian keluarkan secara perlahan.

Lakukan cara ini secara berulang dalam beberapa menit, dan coba rasakan perbedaan yang kamu rasakan dari sebelumnya. Cara ini cukup efektif untuk membantunya mengurangi perasaan emosi negatif yang tengah menguasaimu.

Baca Juga:

2.Upayakan untuk terus berpikir positif

Seringkali kita terjebak dalam pikiran negatif yang dibuat sendiri, sehingga mudah untuk menerka atau membayangkan sesuatu yang belum tentu benar ataupun bisa dibuktikan. Alhasil, emosi pun terbentuk sempurna dan membuatmu mudah berprasangka buruk terhadap orang lain.

Nah, supaya pikiran dan emosi negatif itu hilang, cobalah melatih dirimu dengan terus berpikir positif. Perlahan, latih otakmu untuk melihat segala sesuatu dengan positif agar terhindar dari pikiran serta asumsi negatif yang bisa merugikan.

3.Berlapang dada dan memaafkan hal-hal negatif yang hadir

Setelah berusaha untuk selalu berpikir positif, selanjutnya perlu untuk melapangkan diri untuk hal-hal negatif yang hadir. Meski kenyataannya, praktik berlapang dada ini membutuhkan perjuangan yang besar.

Berlapang dada dengan bersabar bisa membantumu untuk mengendalikan emosi yang menguasai hati dan pikiran. Namun, sabar di sini bukan berarti kamu akan diam saja saat diinjak ya. Kamu lebih tahu kapan harus bertindak, kapan harus diam.

4.Menghindari pemicu emosi negatif

Emosi negatif muncul dari berbagai hal, seperti dari asumsi pribadi, dari orang-orang di sekitar atau darimana saja. Oleh sebab itu, hal ini perlu untuk diperhatikan, mana sekiranya yang bisa memicu emosi tersebut dan mana yang bisa membuatmu tenang.

Setelah kamu tahu apa saja yang bisa memicu emosi negatif muncul, selanjutnya tinggalkan jauh.-jauh darimu. Dengan begitu, emosi negatif akan lebih terkontrol.

5.Berkumpul dengan lingkungan dan aktivitas yang positif

Emosi negatif, biasanya juga berasal dari lingkungan yang tidak sehat. Maka dari itu, penting untuk  berkumpul dengan lingkungan dan aktivitas yang positif agar kamupun terbawa positif.

Carilah perkumpulan atau aktivitas menyenangkan yang sekiranya bisa meluapkan emosi negatif dalam dirimu. Seperti bakti sosial, yoga, beladiri atau apapun yang menyenangkan dan membuatmu terus positif.

6.Belajar menerima keadaan yang tak bisa dikendalikan

Memiliki perasaan emosional itu wajar, apalagi ketika mendengar omongan atau kabar tak mengenakan dari orang lain. Namun perlu diingat, kamu tidak bisa mengendalikan semua ucapan orang lain terhadapmu, sehingga cara terbaiknya adalah dengan mengendalikan diri sendiri.

Seperti mengendalikan pola pikir agar tidak terus-menerus tersulut emosi yang negatif. Sebab, terlalu memikirkan bisa membuatmu stres dan perasaan pun menjadi tak nyaman. Jadi belajarlah untuk menerima keadaan yang tidak bisa dikendalikan agar emosi lebih stabil.

Baca Juga:

7. Pikirkan konsekuensi dari tindakan yang kamu lakukan

Emosi negatif biasanya akan membuat seseorang gelap mata dan lepas kendali. Akhirnya, melampiaskannya dengan hal-hal negatif tanpa berpikir panjang.

Reaksi dan tindakan ini nantinya bisa membuat masalah baru dan menjadi semakin runyam. Oleh sebab itu, penting untuk menahan diri dan memikirkan kembali konsekuensi yang bakal diterima sebelum bertindak.

Emosi negatif perlu dibuang jauh-jauh dengan tujuh cara cerdas mengelola emosi negatif agar kembali membaik. Yuk mulai perbaiki dengan mengelola emosi dalam dirimu.

Baca Juga: Jangan Salah! Ini 6 Cara Menyikapi Korban Pelecehan Seksual

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *