NCT, Boygroup Korea Yang Terbagi Menjadi Beberapa Sub-Unit


NCT Dream (celebrity okezone)

Selain dikenal dengan sebutan negeri ginseng, Korea Selatan juga dikenal dengan hiburan musiknya yang kini semakin luas diketahui dunia dengan sebutan kpop. Perkembangan kpop di penjuru dunia semakin pesat dari tahun ke tahun. Hingga saat ini generasi kpop masih terus berlanjut serta memiliki semakin banyak peminat.

NCT adalah salah satu boygroup popular asal Korea Selatan di bawah naungan SM Entertainment yang memiliki jumlah penggemar yang banyak. Nama NCT merupakan singkatan dari Neo Culture Technology. Mereka terdiri dari 23 anggota serta terbagi menjadi 4 sub-unit. NCT menjadi boygroup pertama dengan jumlah anggota terbanyak. Beberapa anggota dalam boygroup ini ada yang berasal dari luar negeri. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa NCT dibagi menjadi beberapa sub-unit.

NCT juga terbilang sebagai boygroup yang cukup unik karena memiliki konsep berbeda pada setiap sub-unitnya. Selain itu, tak menutup kemungkinan jika boygroup yang satu ini akan selalu menambah anggota dalam waktu tertentu. Ya. NCT adalah boygroup pertama asal Korea Selatan yang anggotanya akan terus bertambah.

Di awal, kalian pasti akan kebingungan mengenal boygroup ini karena selain memiliki anggota yang banyak, juga memiliki sub-unit yang di dalamnya terdapat anggota dari sub-unit lainnya. Namun, jika kalian sudah mengenal boygroup ini, pasti kalian akan terpikat serta terkesima dengan paras dan bakat setiap anggotanya.

1. NCT U

Gambar NCT U (Instagram/nct (NCT Official Instagram))

NCT U merupakan sub-unit pertama yang dibentuk pada tanggal 9 April 2016. NCT U adalah grup yang anggotanya tidak menetap. Jadi, akan ada pergantian anggota yang disesuaikan berdasarkan konsep lagu yang mereka buat. Jika konsep lagunya sexy, maka beberapa anggota yang dilihat cocok dengan konsep tersebut yang akan masuk di sub-unit ini.

Jika konsep lagunya hiphop, maka anggota yang dianggap cocok dengan konsep tersebut akan menggantikan anggota yang tidak cocok dengan konsep tersebut.

Baca Juga: 5 Drama Korea Terbaik di Tahun 2022

2. NCT 127

Gambar NCT 127 (Instagram/nct127 (NCT 127 Official Instagram))

NCT 127 adalah yang ke dua dibentuk setelah NCT U. Berbeda dari NCT U yang anggotanya berubah tergantung konsep lagunya, NCT 127 adalah sub-unit dengan anggota tetap. Mereka adalah Taeyong, Taeil, Johnny, Yuta, Doyoung, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Mark, dan Haechan.

Sub-unit ini debut pada tanggal 7 juli 2016, tepat 3 bulan setelah dibentuknya NCT U. Angka 127 yang di tambahkan dalam nama sub-unit ini diambil dari koordinat bujur kota Seoul yakni 126°58’36 Bujur Timur, yang kemudian dibulatkan menjadi 127.

Baca Juga: 5 Fakta tentang NCT Mark Idol Korea Muda dan Bertalenta, Gandrungan Kawula Muda

3. NCT DREAM

Gambar NCT Dream (Instagram/nct_dream (NCT Dream Official Instagram))

Sub-unit ketiga yang dibentuk adalah NCT Dream yang terdiri dari 7 anggota. Mereka adalah Mark, Renjun, jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung. Awalnya, sub-unit ini hanya di isi oleh para anggota yang masih berusia remaja. Anggota yang telah memasuki usia 20 akan di ganti.

Namun, peraturan ini di hapus oleh pihak SM Entertainment pada tahun 2020. Mark, yang merupakan anggota yang sudah memasuki usia 20 itu kini masih tetap di dalam grup.

4. WAYV

Gambar Wayv (Instagram/wayvofficial)

Wayv adalah sub-unit terakhir yang di bentuk SM Entertainment serta dikelola oleh sub-label Cina SM Entertainment yaitu Label V. Grup ini di bentuk pada tanggal 17 Januari 2019. Anggotanya terdiri dari 7 anggota. Mereka adalah Kun, Ten, WinWin, Lucas, Xiaojun, Hendery, dan YangYang.

Walaupun grup ini berbasis di Cina, ternyata tidak semua anggota dalam grup ini berasal dari Cina. Salah satu anggota grup ini ada yang berasal dari Thailand. Namanya adalah Ten. Dia berkebangsaan Thailand Namun memiliki darah Tiongkok dari kakek dan neneknya. Selain Ten, semua anggota memang berkebangsaan dan lahir di Cina.

NCT adalah boygroup yang sangat berbakat serta berprestasi. Beberapa dari sub-unit ini telah berhasil meraih penghargaan. NCT 127 telah meraih penghargaan di Golden Disk Awards pada tahun 2017 sebagai New Artist of The year dan Disk Daesang (penghargaan tertinggi).

Pada tahun 2020 dan 2022, NCT Dream berhasil meraih penghargaan dalam kategori Bonsang (penghargaan tinggi ke dua sebelum Daesang).

Baca Juga: Belajar Kegigihan dari Idola Pop Korea

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *