Body Rafting di Sungai Ciwayang Pangandaran, Uji Adrenalin Kamu di Sini

Body rafting pangandaran (pangandaranadventure.com)

Sungai Ciwayang Pangandaran merupakan hulu dari Green Canyon di Pangandaran. Salah satu wisata unggulan di sini adalah menelusuri sungai Ciwayang atau Ciwayang Rafting sejauh 1,5 km.

Perpaduan air sungainya yang berwarna hijau kebiruan, banyaknya relief bebatuan di sepanjang sungai merupakan salah satu persamaan Ciwayang Rafting dengan Green Canyon atau Cukang Taneuh. Yang membedakan antara Green Canyon dan Ciwayang Rafting hanya lebar sungainya saja. Di mana Lebar sungai Ciwayang lebih kecil dibandingkan dengan Green Canyon.

Selain keindahan air dan relief bebatuan alami yang mengelilingi area sungai yang begitu  menakjubkan, di sini juga terdapat banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Sesuai dengan namanya, wisata ini merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Pangandaran untuk menguji adrenalin. Yuk, kita telusuri keindahan sungai Ciwayang ini

Menguji adrenalin dengan body rafting

Body rafting di sungai Ciwayang (pikiranrakyat)

Body rafting atau arum jeram merupakan salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi wisata ini. Ciwayang Body Rafting ini menyuguhkan petualangan yang sangat seru, di mana kamu akan menyusuri alur sungai dengan arus yang cukup kencang. Bahkan katanya semi ekstrim yang pas banget untuk kamu yang menyukai tantangan.

Ketika body rafting, kamu akan diajak menyusuri sungai sepanjang 1,5 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Arusnya yang cukup deras tentu saja akan membuat semakin seru dan menyenagkan untuk dilalui. Tetapi kamu tidak perlu risau dan takut terbawa arus, karena ketika kamu menyusuri wisata ini, kamu akan dilengkapi perlengkapan keselamatan seperti helm dan pelampung.

Bukan hanya diberikan perlengkapan keselamatan saja, tentunya kamu juga akan didampingi oleh seorang pendamping atau guide selama menyusuri sungai Ciwayang Pangandaran.

Baca Juga:

Menikmati pemandangan alam yang eksotis

Pemandangan eksotis di sungai Ciwayang (radartasik.com)

Sepanjang perjalanan menyusuri sungai Ciwayang Pangandaran, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah nan eksotis. Relief-relief bebatuan alami dikiri dan kanan sungai, ditambah banyaknya air terjun membuat perjalanan menyusuri sungai begitu menyenangkan.

Tidak hanya itu, kamu juga akan diajak menyusuri beberapa gua-gua yang dilewati. Tentunya melewati dan masuk ke area gua yang berair tentu cukup menguji adrenalin. Gelapnya gua yang minim cahaya dan mengandalkan cahaya dari senter tentu saja cukup menegangkan, ditambah banyaknya bebatuan yang cukup tajam. Walaupun demikian, caving atau susur gua ini merupakan salah satu kegiatan seru yang sayang untuk dilewat

Gua-gua yang ada di area wisata ini memiliki nama-nama yang unik. Beberapa nama-nama gua yang unik diantaranya ada Gua Sigay Omon, Gua Karang Bayawak, Gua Jambe Tiwi dan masih banyak yang lainnya. Bukan hanya nama gua saja yang unik, tetapi nama air terjun yang dilewati sepanjang sungai juga memiliki nama yang unik juga. Beberapa nama air terjun yang unik diantaranya ada air terjun Rasun, air terjun Gupitan dan masih banyak lagi.

Jumping dari tebing

Body rafting pangandaran (pangandaranadventure.com)

Selain body rafting dan caving atau susur gua, jumping atau meloncat dari ketinggian merupakan kegiatan favorit para wisatawan. Melompat dari atas ketinggian dan langsung menceburkan diri kedalam air merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Ketika kamu melompat dari ketinggian dan menceburkan diri kedalam sungai, kamu akan merasakan beban-beban dipikiran menjadi lebih ringan dan rileks. Banyak orang yang mengatakan jika bermain air adalah salah satu cara untuk meringankan dan membuat pikiran menjadi rileks.

Rasanya seru banget menyusuri area Ciwayang Rafting ini yang memiliki panorama alam yang indah. Perpaduan hijau dan biru dari airnya yang jernih dan bersih, coklat legam dari relief bebatuan di sisi kiri kanan sungai, hijaunya pepohonan yang memayungi area sungai, sungguh sangat menyejukkan mata dan pikiran.

Setelah lelah menyusuri area wisata ini selama kurang lebih 2,5 jam, kamu akan diberi makan. Makanan yang kamu santap yaitu berupa nasi liwet yang merupakan makanan khas Sunda. Biasanya nasi liwet tersebut akan disajikan dalam sebuah kastrol komplit dengan lauk dan lalapan.

Baca Juga:

Tiket masuk dan fasilitas yang ada di Ciwayang Rafting

Ciwayang Rafting beroperasional setiap hari dan mulai beroperasional pukul 08.00-16.00 WIB. Tarif tiket yang dikenakan ketika memasuki area Ciwayang Rafting cukup bervariasi, mulai Rp125.000 – Rp165.000, tergantung paket yang kamu pilih. Harga tersebut merupakan harga perorang, bukan harga per grup.

Fasilitas di Ciwayang Rafting cukup komplit. Beberapa fasilitas penunjang di wisata ini diantaranya area parkir yang cukup luas, musala dan toilet yang cukup bersih, ruang ganti pakaian, serta tersedia warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Lokasi menuju sungai Ciwayang Pangandaran

Ciwayang Rafting terletak di Dusun Cikoranji, Desa Cimindi, Kec Cigugur, Kab Pangandaran, Jawa Barat, atau tepatnya sekitar 26 km dari Pantai Pangandaran. Untuk menuju wisata ini, bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Jika mengaksesnya dengan kendaraan umum, bisa menempuhnya dengan bus yang dengan tujuan ke Pangandaran dan turun di terminal Pangandaran. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan bus berukuran kecil dengan tujuan Cigugur. Kemudian melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju lokasi wisata ini.

Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti Jl Nasional III menuju pertigaan Parungsari Kota Banjar. Kemudian menuju arah Jl Letjen Suwarto dan lurus sampai melewati pertigaan Tugu Pahlawan, lalu belok kiri kemudian lurus mengikuti arah jalan sampai Tugu Marlin Pangandaran. Setelah itu belok kanan menuju Cigugur. Ketika sudah sampai di Cigugur, kamu menuju Jl. Jurago dan kemudian kamu hanya lurus mengikuti arah jalan menuju lokasi wisata ini.

Di sekitar wisata ini cukup banyak penginapan. Penginapan yang ditawarkan pun cukup bervariasi, mulai homestay sampai hotel berbintang.

Asyik kan. kapan lagi bisa mengarungi sungai Ciwayang Pangandaran dengan body rafting, Uji nyali kamu di sana,

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Pantai di Taman Nasional Meru Betiri

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.

Like it? Share with your friends!