6 Tempat Wisata di Probolinggo, Seperti Surga yang Tersembunyi

Berbagai tempat wisata di Probolinggo menyajikan objek pariwisata dengan panorama yang asri,  indah, dan beragam


Pantai Gili Ketapang (giliketapangadventure.com)

Hari libur yang panjang merupakan saat-saat yang diinginkan semua orang. Banyak orang akan menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan yang ingin dilakukan. Tak jarang waktu liburan menjadi saat yang tepat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang menghadirkan panorama yang indah.

Salah satu daerah yang cocok menjadi agenda liburan kamu berikutnya adalah Probolinggo. Probolinggo merupakan salah satu kota di jawa timur. Kota ini terletak 100 KM di sebelah tenggara kota surabaya.

Berbagai tempat wisata di Probolinggo menyajikan objek pariwisata dengan panorama yang asri,  indah, dan beragam. Bahkan, beberapa tempat wisata di Probolinggo sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Selengkapnya, inilah daftar tempat-tempat wisata di Probolinggo yang harus kalian kunjungi ketika berkunjung ke sana

1. Air terjun Umbulan

Air terjun Umbalan (instagram.com/jhoeco_90/

Tak banyak orang yang mengenal Air Terjun Umbulan. Selain aksesnya yang masih cukup sulit dijangkau, wisata yang sebenarnya menyajikan keindahan ini belum dikelola secara maksimal sebagai objek wisata. Kondisi Air Terjun Umbulan sangat jernih. Hal ini dikarenakan sumber mata airnya masih berasal dari pegunungan Bromo. Saking jernihnya, siapa saja yang berkunjung pasti ingin langsung berenang di bawah air terjun. Sedangkan tempat air terjun bermuara dibawah, terdapat sumber mata air.

Di dalam lokasi air terjun, terdapat tangga besi yang melintasi di atas sungai yang mengalir dan di bawahnya terdapat sumber mata air yang sangat jernih. Untuk melewatinya memang membutuhkan nyali yang besar karena ketinggian diatas bongkahan batu sungai dan derasnya air. Semua sudut pemandangan di Air Terjun Umbulan sangat indah untuk dijadikan tempat berfoto. Apalagi dari atas ketinggian dan tangga yang menjadi spot favorit pengunjung untuk menghasilkan foto yang ciamik.

Baca Juga:

2. Air Terjun Kali Pedati

Air terjun kali pedati (kompasiana)

Lokasi air terjun kali pedati berada di dekat lereng gunung Argopuro. Ini yang membuat suasananya terasa sejuk. Keindahan Air Terjun Kali Pedati terletak pada banyaknya tumbuhan alami yang menyelimuti sekitar air terjun. Kondisi airnya sangat jernih sehingga membuat siapapun ingin berenang dan merasakan kesegaran airnya.

Memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Pesona tebingnya yang menjulang tinggi mampu menciptakan seakan-akan kamu berada di wilayah yang tersembunyi keindahannya. Tak heran jika sepanjang perjalanan kamu akan menjumpai hewan liar seperti tupai, burung elang, lutung serta tanaman liar yang tumbuh subur.

Meski tergolong wisata alam bebas, namun fasilitas yang ada di Air Terjun Kali Pedati tergolong lengkap, seperti musholla, toilet umum, gazebo, tempat berkemah dan area parkir yang ada di sekitar rumah penduduk terdekat. Karena tidak fasilitas warung terdekat yang menjual makanan maupun minuman, maka kamu perlu membawa makanan sendiri

Tidak ada jam operasional karena air terjun ini buka 24 jam setiap harinya. Kamu bisa berkemah di sekitar air terjun, tentunya dengan membawa rombongan dalam jumlah yang cukup agar keamanannya terjaga

3. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura (inews)

Air Terjun Madakaripura adalah tempat wisata alam di Probolinggo yang berbalut dengan cerita legenda tentang Gajahmada. Air Terjun Madakaripura konon diduga menjadi tempat terakhir Patih Gajahmada sebelum moksa. Mitos ini merujuk pada pemilihan nama Madakaripura yang diambil dari tiga kata yang saling berhubungan.

Mada merupakan penggalan dari Gadjah Mada, Kari yang berarti peninggalan, dan Pura bermakna sembahyang atau semedi. Berdasarkan cerita tersebut, masyarakat setempat percaya bahwa air terjun Madakaripura adalah air terjun abadi. Pasalnya, selama ini Air Terjun Madakaripura tidak pernah mengalami kekeringan.

Untuk menuju ke air terjun Madakaripura wisatawan melalui jalur trekking terlebih dahulu. Namun rasa lelah setelah trekking terbayar kontan dengan keindahan air terjunnya yang luar biasa. Ketinggian air terjun ini sekitar 200 meter, yang mengalir dari sebuah ceruk, turun melalui tebing batu yang sangat tinggi.

Panoramanya sangat spektakuler. Air yang turun membentuk sebuah kolam kecil yang sedikit berwarna hijau tosca, sangat instagramable.

Baca Juga:

4. Pantai Gili Ketapang

Pemandangan pantau Gili Ketapang dari atas (tripwisatabromo.com)

Gili Ketapang disebut sebagai wisata bahari terindah di Jawa Timur. Terutama keindahan bawah lautnya yang menjadi incaran para pencinta snorkeling. Meski kecil, panorama alamnya akan membuatmu terpesona. Ditambah keindahan pantai berpasir putih dan air laut biru yang menenangkan.

Pantai Gili Ketapang terletak di sebuah pulau yang terletak di utara Probolinggo. Di pulau ini memang tak banyak penduduknya, tak heran jika kealamian pantainya masih terjaga. Meski terpisah menjadi pulau kecil, Pantai Gili Ketapang masih masuk dalam wilayah Probolinggo, Jawa Timur.

Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung, bisa melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Karena letakya berada di pulau, menggunakan trip dengan paket wisata merupakan pilihan terbaik. Mereka menyediakan guide yang akan membawa kita ke pulau seberang. Tarif paket wisata bervariasi, mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000. Tiket tersebut sudah termasuk peralatan snorkling dan makan siang. Sedangkan jika melakukan perjalanan mandiri, tiket masuk ke Pulau Gili Ketapang sekitar Rp100.000.

5. Pantai Pesona

Pantai pesona (kabar pas)

Begitu memasuki area pantai Pesona suasana sejuk akan langsung terasa. Banyak pohon tinggi di sekitar pantai yang menjadi favorit bagi para wisatawan. Terdapat dua sumber mata air yang bisa kamu nikmati. Sisi sebalah barat terdapat sumber mata air yang terbelah manjadi dua, jadi seolah-oleh pantai ini memiliki dua bagian yang bermuara pada satu sumber mata air.

Karena kondisinya yang sangat sepi, bisa digunakan untuk mengambil foto yang ciamik dengan leluasa. Kondisi pantainya sangat tenang dan ramah anak sehingga cocok jika dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

Jika kamu ingin bersantai, kamu bisa memanfaatkan gazebo yang sudah disediakan. Pantainya sangat teduh, jadi meskipun sinar matahari sedang terik namun tetap nyaman. Jika kondisi pantai sedang surut bisa menyeberang hingga ke tengah laut. Karena belum dikelola secara profesional, masih banyak fasilitas yang belum lengkap di sini, seperti minimnya toilet.

Di sisi lain tepi pantai, terdapat ornamen ban bekas yang biasa dijadikan sebagai tempat berfoto para pengunjung. Selain itu, terdapat bebatuan yang ditata dengan apik semakin menambah keindahan pantai. Pasir pantainya cenderung berwarna abu. Karena sepi, kamu bisa mengambil foto seindah mungkin disini.

Baca Juga:

6. Wisata Hutan Jati Raya

Wisata Hutan Jati Raya Probolinggo (facebook.com/Explore Wisata Probolinggo)

Begitu kamu memasuki area kawasan wisata hutan jati raya tampak aneka hiasan bunga artifisal yang mendominasi. Dihiasi oleh payung-payung yang bergantungan di sepanjang area, membuat kawasan ini cocok menjadi spot foto yang instragamable. Dalam kawasan ini juga terdapat taman bunga di area sekitar yang asri.

Sejuknya kawasan Wisata Hutan Jati Raya sangat terasa meski di siang hari. Hal ini disebabkan oleh rimbunnya hutan jati, yang membuat pancaran sinar matahari menjadi terhalang.

Tidak hanya menawarkan edukasi wisata, pengelola kawasan ini juga mencoba membaca peluang dengan memberikan fasilitas, berupa cafe outdoor yang beratapkan rindangnya daun jati. Suasana ngopi di tengah hutan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu menarik banyak pengunjung.

Meski di dominasi oleh anak muda yang menjadi pegunjung, Wisata Hutan Jati Raya ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena terdapat berbagai permainan untuk anak-anak.

Itulah lima objek wisata di Probolinggo yang bisa kamu kunjungi. Walaupun kamu sibuk setiap hari, jangan lupa untuk piknik ya.

Baca Juga: Pesona Pantai yang Cantik dan Eksotis, Inilah 8 Destinasi Wisata di Pulau Seribu

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *