Situ Tirta Marta Purbalingga, Telaga Bening Sebening Kaca


Situ Tirta Marta Purbalingga (purbalinggakab.go.id)

Purbalingga, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, memiliki banyak daya tarik wisata alam yang menakjubkan. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Situ Tirta Marta, sebuah danau indah yang menawarkan keindahan alam yang memesona dan berbagai kegiatan rekreasi yang menyenangkan.

Situ Tirta Marta merupakan sebuah telaga yang sangat bening dan menjadi tujuan wisata favorit bagi penduduk setempat maupun wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Yuk, jelajahi pesona wisata di pemandian Situ Tirta Marta Purbalingga atau yang biasa juga disebut dengan Sitama.

Segarnya mata air di Situ Tirta Marta

Situ Tita Marta (infowisata.purbalinggakab.go.id)

Kesegaran yang dimiliki oleh air di Situ Tirta Marta Purbalingga berasal dari sumber mata air alami. Sumber mata air ini berjumlah tujuh dan langsung mengisi kolam yang berada di Situ Tirta Marta ini. Kejernihan air di telaga membuat dasar telaga dapat terlihat dengan jelas, pemandangan pepohonan yang rindang di sekitar telaga juga semakin melengkapi keindahan dari wisata air ini.

Ketika mandi atau berendam di telaga ini, kamu akan merasakan sensasi yang segar. Bahkan banyak penduduk yang beranggapan dan meyakini bahwa mata air telaga ini dapat mengobati berbagai penyakit. Selain itu, air telaga ini juga bisa langsung diminum karena berasalah dari mata air pegunungan asli yang segar dan jernih. Kandungan mineral pada air juga cukup tinggi.

Baca Juga:

Mengabadikan Foto Underwater di Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta (Radar Banyumas)

Selain menikmati kesegaran air di Situ Tirta Marta, salah satu yang juga menjadi tujuan dari pengunjung adalah untuk mengabadikan foto unik di dasar telaga. Di dalam telaga sudah disediakan beberapa properti foto yang dapat kamu gunakan seperti gitar, motor, TV, stik playstation, hingga tenda kemah yang dapat kamu gunakan.

Kamu tidak perlu takut dengan kedalaman air pada kolam. Kolam ini cukup dangkal sehingga kamu hanya perlu sedikit menundukkan badan ketika berfoto di dalam telaga sehingga foto yang anda dapatkan menjadi lebih bagus.

Spot foto underwater bisa dikatakan cukup langka. Jarang sekali tempat wisata yang menyediakan spot foto unik demikian. Jadi bagi kamu yang ingin mengabadikan foto underwater, maka bisa mengambil jepretan gambarnya di sini. Kapan lagi bisa berfoto ria dengan latar yang instagramable.

Baca Juga:

Fasilitas dan tarif masuk Situ Tirta Marta

Situ Tirta Marta (ggogle review)

Telaga Tirta Marta Marta Purbalingga sudah memiliki fasilitas umum yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan banyaknya wisatawan yang berdatangan yang akhirnya membuat pihak pengelola terus memperbaiki fasilitas yang ada. Di antara fasilitas umum yang tersedia seperti tempat parkir, toilet, kamar bilas, musala, tempat beristirahat, dan warung makan.

Karena sudah ada warung makan, maka kamu tidak perlu khawatir kelaparan. Beberapa warung di sini menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang bervariasi. Tentunya makanan khas dari Purbalingga seperti mendoan, bisa kamu temukan di sini.

Telaga Situ Marta Purbalingga buka setiap hari mulai dari jam 07.00 hingga jam 17.00 WIB. Kamu dapat menikmati segarnya air di sini mulai dari pagi hingga sore hari. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi telaga adalah ketika matahari sedang cerah karena kamu dapat melihat pemandangan yang ada di bawah telaga Tirta Marta.

Untuk memasuki wisata air Situ Tirta Marta Purbalingga, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5 ribu perorang. Biaya tersebut cukup terjangkau untuk dapat menikmati kesegaran air di Telaga Situ Marta Purbalingga.

Selain menikmati kesegaran air, kamu juga dapat berfoto di dalam kolam. Di sini tersedia fasilitas sewa kamera serta operator dengan harga Rp150.000 per jam. Kamu akan mendapatkan salinan foto sebanyak 50 foto yang dapat disimpan sebagai kenang–kenangan.

Baca Juga:

Lokasi dan rute menuju Situ Tirta Marta Purbalingga

Pintu masuk situ tirta marta (guidenesia.id)

Telaga Tirta Marta ada di Desa Karangcegak, Kec, Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Pemandian telaga Tirta Marta berada tidak jauh dari objek wisata air yang cukup terkenal di Kabupaten Purbalingga yaitu Owabong. Hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Situ Marta Purbalingga. Akses menuju wisata ini sudah baik, akan tetapi kamu harus menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi telaga.

Rute menuju Situ Tirta Marta Purbalingga dari Objek Wisata Air Owabong, yaitu ke arah Desa Beji. Setelah bertemu dengan perempatan Pasar Beji maka lurus terus mengikuti jalan hingga bertemu dengan perempatan Pasar Kutasari. Selanjutnya belok ke kanan menuju Desa Karangcegak, lalu ikuti petunjuk jalan menuju Telaga Situ Marta Purbalingga.

Gimana, penasaran dengan wisata Situ Tirta Marta ini? Jangan tunggu lagi, luangkan waktu untuk menikmati wisata alami yang tiada duanya!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Kebumen, Bikin Ingin Cepat Liburan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *