Anti Boros! 6 Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Gen Z


Ilustrasi mengatur keuangan

Di era yang serba digital ini, memudahkan setiap orang khususnya gen Z dalam bertransaksi. Hanya dengan membuka e-commerce atau marketplace, bisa langsung mendapatkan barang yang diinginkan. Maka itu, harus tahu 6 tips cerdas mengatur keuangan untuk gen Z. Jika dibiarkan akan berdampak buruk untuk masa depan.

Ditambah lagi, kini kebutuhan serta biaya hidup terus bertambah. Tentu harus pintar dan bijak dalam mengelola keuangan. Untuk menyiasati keuangan agar tetap aman, yuk ikuti tipsnya di sini.

1. Buat Anggaran Keuangan

Tips cerdas mengatur keuangan untuk Gen Z yang pertama adalah buat anggaran keuangan. Anggaran keuangan ini terdiri dari daftar pengeluaran bulanan yang pasti akan dibelanjakan. Pastikan, anggaran yang dikeluarkan juga sesuai dengan pemasukan tiap bulan.

Kamu juga bisa membuat anggaran untuk memenuhi keinginanmu, tetapi pastikan jangan sering-sering. Sebab, nantinya jadi kebablasan dan berujung pemborosan. Jadi, kalau sesekali aja masih boleh kok. Tapi, tetap harus disesuaikan dengan pemasukan ya.

2. Buat Catatan Pengeluaran

Jangan lupa buat catatan pengeluaran apa saja yang telah kamu belanjakan. Dengan mencatat, kamu bisa tahu barang apa saja yang sudah kamu belanjakan, nominalnya serta mana yang sekiranya perlu dibatasi.

Jika barang yang kamu beli masih cukup untuk digunakan, pastikan jangan membelinya dulu di bulan berikutnya. Jika ada barang yang dibeli ternyata kurang cukup penting, kamu bisa berhenti membelinya lagi.

Baca Juga:

3. Alokasikan Uang untuk Tabungan

Penting untuk membiasakan diri dengan menabung di awal menerima pendapatan. Selain untuk menghemat, ini juga akan berguna untuk mencegah kejadian-kejadian tak terduga di kemudian hari. Kamu bisa menyisihkan setidaknya 5 persen dari pendapatan per bulan untuk ditabung.

Supaya menabung ini menjadi kebiasaan dan tidak terlupa, kamu bisa membuat reminder pada kalender atau pada ponselmu beberapa kali dalam sehari. Buatlah reminder tersebut tepat di tanggal kamu gajian. Dengan begitu, kamu nggak akan lupa deh untuk menabung.

4. Menabung di Tempat Berbeda

Selanjutnya, simpan uangmu dengan menabung di tempat yang berbeda. Kamu bisa menggunakan cara tradisional maupun modern, yaitu menabung uang cash di dalam celengan atau amplop-amplop terpisah dan sebagian lagi ditabung di rekening yang berbeda-beda.

Kamu bisa pisahkan tabungan berdasarkan fungsinya. Ada anggaran khusus untuk belanja kebutuhan per bulan, anggaran untuk healing dan juga anggaran untuk dana darurat. Dengan tabungan yang terpisah, kamu bisa lebih menekan pengeluaranmu.

Baca Juga:

5. Persiapkan Dana Pensiun

Jangan lupa untuk mempersiapkan dana pensiun sejak masih muda. Tujuannya, supaya finansial lebih terjamin dan mandiri di masa tua nanti. Sebab, kebutuhan hidup pasti akan meningkat tahunnya, dan kamu nggak bisa prediksi hingga kapan usiamu.

Semakin dini kamu menabung dana pensiun, maka akan semakin banyak uang simpanan hari tuamu kelak. Maka, jangan lupa untuk menabung ya dan pastikan kamu menabung di tempat yang terbukti aman dan terpercaya.

6. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Terakhir, jangan lupa evaluasi berkala pengeluaranmu agar bisa segera melakukan perbaikan jika dirasa ada yang kurang sesuai. Cek dengan teliti, mana pengeluaran yang lebih hemat dan mana yang menghabiskan banyak anggaran. Jika sudah, benahi di pengeluaran selanjutnya.

Melakukan evaluasi secara berkala ini, bisa membuatmu lebih pandai menganalisa serta mengatur anggaran keuangan. Sehingga, kemungkinan pemborosan pun akan semakin mengecil.

Mengetahui enam tips cerdas mengatur keuangan untuk gen Z itu penting, apalagi untuk jangka panjang. Kamu nggak akan was-was jika hal-hal terduga terjadi di kemudian hari maupun bagaimana kehidupanmu di masa tua nanti. Semangat menabung!

Baca Juga: Siapkan Hari Tuamu, 6 Tips Menabung Ala Mahasiswa Perantauan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *