6 Tips Ampuh Mengelola Uang THR, Agar Tak Cepat Habis!


Ilustrasi Uang THR

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi uang tunjangan yang ditunggu-tunggu bagi para pekerja. Sayangnya, uang yang diterima seringkali tidak dapat dikelola dengan baik sehingga cepat habis dalam sekejap. Padahal, uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk tabungan masa depan.

Nah, untuk menyiasati agar uang tunjangan tetap aman. Berikut 6 tips ampuh mengelola uang THR agar tak cepat habis. Yuk disimak dan terapkan untuk THR kamu!

1. Tabung Sebagian THR yang Diterima

Tips mengelola uang THR yang pertama adalah dengan menabung sebagian THR yang diterima. Setelah menerima tunjangan, baiknya langsung tabung sebagian uangnya dan jangan ditunda-tunda. Pasalnya, dengan menyisihkan sebagian uang THR dapat mencegah pengeluaran secara impulsif.

Selain itu, kegiatan ini nantinya akan membiasakan kamu untuk lebih disiplin dalam mengatur keuangan dan lebih siap menghadapi situasi yang tak terduga di kemudian hari. Jadi, jangan ragu untuk menabung sebagian THR kamu ya.

2. Menahan Keinginan Belanja Online

Momen menjelang Idul Fitri biasanya dimanfaatkan para pelaku e-commerce dan marketplace dengan memberikan diskon lebaran besar-besaran. Hal ini tentu meningkatkan hasrat berbelanja, apalagi setelah menerima uang THR. Tanpa disadari, uang pun hilang dalam sekejap.

Untuk itu, penting mengendalikan nafsu berbelanja agar uang THR bisa dikelola secara bijaksana sesuai skala prioritas. Cobalah alokasikan berapa uang yang akan dibelanjakan sesuai kebutuhan dan pisahkan uang untuk tabungan.

Baca Juga:

3. Alokasikan uang untuk investasi

Mengalokasikan uang untuk investasi dapat membantu kamu mendapatkan keuntungan jangka panjang. Investasi bisa dijadikan sarana untuk mengembangkan kekayaan, karena uangmu bisa berpotensi meningkat nilainya dalam beberapa tahun ke depan.

Kamu bisa berinvestasi seperti reksadana, saham, emas, obligasi atau investasi lainnya. Dengan investasi seperti ini, kamu bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan menjadikan hidupmu lebih hemat.

4. Sisihkan Uang untuk Zakat dan Sedekah

Di bulan Ramadan, pahala yang dilakukan akan berlipat ganda. Oleh karena itu, kamu bisa meraih pahala yang berlipat ganda tersebut dengan menyisihkan uang THR untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan serta orang yang berpuasa.

Sebagai umat muslim yang mampu, kamu juga diwajibkan membayar zakat fitrah. Alokasikan uang THR yang sudah kamu dapatkan untuk membayarnya, yakni 2.5 kg atau 3.5 liter beras per jiwa. Selain uangmu lebih terarah, kamu pun bisa mendapatkan pahala berlipat.

Baca Juga:

5. Buat Daftar Prioritas

Tips ampuh mengelola uang THR agar tak cepat habis selanjutnya adalah buat daftar prioritas. Membuat daftar prioritas akan membantumu mengatur pengeluaran yang penting dan relevan dengan tujuan keuanganmu, seperti bayar tagihan, menabung dana darurat atau investasi.

Membuat daftar prioritas keuangan ini juga membantu mengelola pengeluaran agar sejalan dengan pendapatan dan kemampuan serta memastikan uang digunakan dengan efektif. Jadi, jangan lupa untuk membuat daftar prioritas agar pengeluaran lebih terarah dan efisien.

6. Membayar Utang

Tips ampuh mengelola uang THR yang terakhir adalah dengan membayar utang. Apabila kamu memiliki utang, maka segeralah membayarnya dengan uang THR yang kamu terima. Kamu bisa memulainya dengan mencatat berapa jumlah utang dan sumber utangnya.

Setelahnya, lihat mana utang yang menjadi prioritas untuk dibayarkan lebih dulu dari daftar yang sudah dibuat. Kamu bisa membayar dari besarnya jumlah utang, urgensi, serta deadline pembayaran yang sudah disepakati.

Sekarang sudah tahukan 6 tips ampuh mengelola uang THR agar tak cepat habis. Yuk kelola uang THR kamu agar tidak boncos!

Baca Juga: Bingung Mengatur Keuangan Bulanan? Ini 5 Tipsnya

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *